Temui Lokasi Terdekat Kami...

Mengapa Implan Koklea?

Implan Koklea ditujukan bagi individu yang tidak mendapatkan manfaat pendengaran yang cukup dari alat bantu dengar, dikarenakan fungsi koklea yang tidak memadai. Implan koklea membantu individu yang tidak merasakan manfaat cukup dari alat bantu dengar biasa dengan cara mengubah suara langsung menjadi impuls listrik dan mengantarkannya ke saraf pendengaran, melalui fungsi koklea.

4 Manfaat Utama
Implan Koklea

4 Manfaat Utama Implan Koklea

  • Memberikan pendengaran yang penuh makna, dimana alat bantu dengar tidak lagi dapat membantuMembantu anak-anak dalam perkembangan berbicara dan berbahasa
  • Membantu anak-anak dalam mengembangkan kemampuan berbicara dan berbahasa
  • Memungkinkan anak-anak dengan gangguan pendengaran untuk dapat bersekolah di sekolah umum layaknya anak-anak dengan pendengaran normal
  • Membantu memahami percakapan tanpa petunjuk visual

Manfaat Implan Koklea

Implan Koklea ditujukan bagi individu yang tidak mendapatkan manfaat pendengaran yang cukup dari alat bantu dengar, dikarenakan fungsi koklea yang tidak memadai. Alat bantu dengar berfungsi untuk memperkuat, mengatur, memfokuskan dan menjernihkan suara, namun suara tersebut masih harus diubah oleh koklea menjadi stimulus listrik. Jika kemampuan koklea terlalu terbatas untuk melakukan proses tersebut, maka sinyal yang diterima di otak akan terlalu lemah atau tidak cukup detail bagi si pendengar untuk memperoleh pendengaran yang penuh makna.

Implan koklea membantu individu yang tidak merasakan manfaat cukup dari alat bantu dengar biasa dengan cara mengubah suara langsung menjadi impuls listrik dan mengantarkannya ke saraf pendengaran, melalui fungsi koklea.

Keterbatasan Implan Koklea

Jika gangguan pendengaran disebabkan oleh masalah retro-koklea (masalah pendengaran yang terletak di jalur saraf pendengaran menuju ke otak), implan koklea mungkin tidak akan membantu. Dalam kasus seperti itu, pemeriksaan audiologi lebih lanjut akan diperlukan untuk menentukan penyebab pasti dan letak masalah sesungguhnya. Layanan khusus yang hanya disediakan oleh “Pusat Alat Bantu Dengar Indonesia (ABDI)” untuk situasi tersebut adalah eABR atau Promontory Test. Untuk tes ini, kami akan merangsang dasar koklea secara elektrik, dan menggunakan ABR (Automated Brainstem Response) untuk melihat apakah rangsangan elektrik tersebut dapat diterima oleh sel-sel rambut didalam koklea dan diteruskan ke otak atau tidak. Berdasarkan hasil tes ini, kami dapat merekomendasikan Anda untuk melanjutkan pemasangan implan koklea atau menyarankan solusi alternatif lainnya.

TOP