Temui Lokasi Terdekat Kami...

Bagaimana Cara Kerjanya?

Bagaimana Terapi Pendengaran Bekerja

Terapi pendengaran adalah tentang belajar (pada anak-anak) dan mempelajari kembali (pada orang dewasa) untuk menggunakan input pendengaran dari telinga (alat bantu dengar) dengan cepat, langsung dan akurat untuk kemampuan mendengar menyeluruh yang lebih baik.

Pengolahan pusat pendengaran menggunakan impuls listrik dari telinga untuk membangun gambaran makna dari suara yang diterima termasuk bahasa, musik dan kebisingan.

Kemampuan untuk membangun gambaran makna ini merupakan kemampuan yang dipelajari/ diperoleh, sama seperti kemampuan lainnya kita perlu berlatih sepanjang hidup untuk mempertahankannya. Karena bagaimanapun, semua yang telah dipelajari dapat kita lupakan tetapi tentu saja semua itu dapat kita pelajari kembali kapanpun. Kami memiliki berbagai peralatan terapi dan sistem pelatihan klinis untuk membantu Anda belajar dan mempelajari kembali.

 

Terapi & Low-Level Hearing Function

Dasar dari kemampuan mendengar adalah pengenalan perbedaan frekuensi, pola dan urutan suara. Sistem pusat pendengaran kita menempatkan komponen ini untuk saling berhubungan satu sama lain dengan membentuk suatu pola yang akan terus berkembang.

Melalui proses pembelajaran dengan bantuan dari indera lainnya, kita mampu menempatkan pemahaman terhadap pola ini – yang diawali dari huruf, suku kata dan akhirnya sebuah kalimat.Fungsi dasar ini dapat dipelajari, ditingkatkan dan dipelajari kembali melalui pelatihan Low-Level-Function pada setiap tahap kehidupan kita.

Pemeriksaan Anda akan dimulai dengan delapan pemeriksaan spesifik yang biasa disebut pemeriksaan"Central audiogram", yang dapat dilatih, Low-Level-Functions–satu dari pemeriksaan visual, lima dari pemeriksaan pendengaran dan dua dari pemeriksaan motorik - auditori. Kemudian kami akan menilai hasil pemeriksaan Anda dengan membandingkan kinerja rata-rata dari statistik kelompok usia Anda. Berdasarkan hasil ini kami akan merekomendasikan terapi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.


Terapi & Masalah Spesifik dengan Bahasa

  • Memungkinkan Anda untuk membedakan Fonem (kata yang memiliki pengucapan yang hampir sama tetapi maknanya berbeda, contoh; harus dan arus)
  • Vokal-Konsonan/ Kombinasi Vokal terkadang sulit untuk dipahami karena huruf vokal lebih keras didengar daripada huruf konsonan. Masalah kombinasi huruf seperti ini dapat diidentifikasi dengan pemeriksaan singkat dan dapat dilatih secara khusus.
  • Terapi ini dapat diselesaikan dengan sebuah program komputer atau kombinasi dengan latihan dari berbagai sisi untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat.

Terapi & Pengenalan Suku Kata

Permasalahan lainnya dari pemahaman Bahasa adalah kombinasi huruf vokal konsonan (ba-da-ga-ka-pa-ta, dsb....). Dalam pemeriksaan kami akan menentukan berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk mengulangi suara yang sama dan seberapa akurat Anda memahaminya.

Berdasarkan hasil dari pemeriksaan ini kami akan merancang program terapi yang akan membantu Anda untuk melatih kemampuan membedakan suara ini yang mungkin sulit untuk Anda pahami. Terapi ini akan diberikan langsung untuk Anda, waktu serta ketepatan Anda dalam merespon suara akan kami nilai.

Sistem pusat pendengaran Anda akan kembali mempelajari bagaimana memahami suara yang sulit Anda mengerti secara otomatis seperti sedia kala.


Terapi & Mendengarkan Musik

Pemahaman Bahasa tergantung pada kemampuan Anda untuk membedakan frekuensi, dinamika (perbedaan antara suara keras dan lembut) dan pola irama, secara cepat dan akurat. Semua kemampuan ini akan semakin menurun dikarenakan gangguan pendengaran yang Anda alami.

Mendengarkan musik klasik akan memberikan input suara yang telah lama dibutuhkan untuk sistem pendengaran Anda dan memberikan pelatihan informal yang menyenangkan. Kami akan memasangkan program khusus  untuk beberapa musik klasik (atau yang lebih Anda sukai) pada alat bantu dengar Anda yang dapat Anda dengarkan setiap hari dimanapun bahkan saat Anda sedang bersantai, untuk melatih kembali sistem pusat pendengaran agar dapat mengolah berbagai macam suara yang dihasilkan dari alat bantu dengar Anda.


Terapi & Membaca

Untuk membiasakan diri bagaimana suara terdengar dan untuk menentukan makna yang tepat, kami akan meminta Anda untuk berlatih mendengar dan membaca secara bersamaan. Anda dapat melakukan ini dirumah bersama suami/ istri, teman atau menggunakan bahan yang telah kami rekam atau Anda dapat melakukannya bersama kami di pusat pelayanan kami dengan menggunakan peralatan lateral trainer agar hasil yang didapatkan lebih efektif.

Dengan membaca dan mendengar secara bersamaan, Anda akan mampu membangun kembali pemahaman dari kata-kata dan suara yang ada didalam otak Anda, yang mana saat ini tiba-tiba menjadi terdengar berbeda (dengan alat bantu dengar).

Pada saat pemeriksaan dan selama sesi mingguan Anda akan mendapatkan penilaian dan laporan kemajuan individu dari sistem dokumentasi medis MediTOOLs® yang kami sediakan.

TOP