Temui Lokasi Terdekat Kami...

Proses Pediatrik

Proses
Pediatrik

Proses Pediatrik

Pemeriksaan pendengaran pada anak-anak akan dilakukan dengan serangkaian tes terpadu. Seiring dengan pertumbuhan dan peningkatan kemampuan anak dalam berpartisipasi aktif pada prosedur pengujian yang ada, maka pengujian ulang perlu dilakukan di waktu mendatang. Hal ini sangat penting untuk menilai pendengaran anak Anda dan mengatasi masalah yang mungkin timbul dengan langkah yang tepat sedini mungkin.

Penilaian pendengaran anak Anda sudah dapat dilakukan sejak satu minggu setelah anak dilahirkan, hanya saja harus dipastikan terlebih dahulu bahwa telinga bagian tengah anak dalam keadaan bersih dari cairan dan kotoran lainnya yang menyumbat.
Umumnya kami menilai dua hal yang berbeda, pendengaran anak Anda dan kemampuan respon dasarnya serta pemrosesan pusat pendengaran (sesuai dengan umur).
Biasanya, tes pertama yang akan dilakukan adalah Timpanometri untuk menilai fungsi dari telinga bagian tengah dan apabila tidak terdapat masalah akan dilanjutkan dengan tes OAE (Oto Acoustic Emission).

Tes OAE berfungsi untuk menguji fungsi koklea anak Anda dengan cara mengirim sinyal ke koklea dan mengukurnya, dengan menggunakan mikrofon yang sangat sensitif, suara yang disampaikan ini akan diproses oleh koklea menjadi impuls listrik yang akan diteruskan ke pusat pendengaran di otak. Kehilangan suara tertentu mengindikasikan kemungkinan terjadinya masalah pada fungsi koklea anak Anda yang berkaitan dengan kerusakan pada sel-sel rambut didalam koklea.
Dalam kasus seperti ini,penilaian berikutnya yang akan dilakukan adalah tes ABR (Auditory Brainstem Response) atau tes ASSR (Auditory Steady State Response).

Rangkaian tes ini berfungsi untuk menilai jalur lengkap suara dan merupakan tes yang hasilnya paling meyakinkan pada anak-anak usia dini. Elektroda-elektroda kecil ditempatkan dikepala dan dileher anak Anda (proses ini tidak menyakitkan) kemudian anak Anda akan mendengar beberapa sinyal yang disampaikan melalui pengeras suara kecil yang dipasang didalam telinga,kemudian elektroda-elektroda tadi akan menangkap aktifitas di otak. Aktifitas di otak terjadi apabila anak Anda mendengar sinyal-sinyal tersebut.

Untuk mempermudah dan meningkatkan akurasi tes ini, anak Anda harus tertidur selama proses berlangsung. Biasanya hasil tes akan ditambahkan dengan observasi Anda mengenai bagaimana anak Anda bereaksi terhadap suara dan juga diperkuat dengan pemeriksaan Play Audiometri ataupunVisual Reinforced Audiometri. Semua tes ini dilakukan secara bertahap dan mungkin harus dilakukan beberapa kali untuk memastikan ketepatan hasil pemeriksaannya.

Dengan bertambahnya usia anak,rangkaian pemeriksaan ini perlu dilakukan ulang secara rutin untuk memastikan ketepatan dan untuk memantau setiap perubahan yang ada pada hasil pemeriksaannya, termasuk juga tes subjektif dari anak Anda apabila ia sudah mampu memberikan tanggapan dan informasi mengenai pengalaman mendengarnya. Informasi tambahan dan baru ini sangatlah penting untuk memperbarui dan menyesuaikan perangkat pendengaran anak anda dengan tepat.

Aftercare

Terdapat 3 bagian aftercare yang sama pentingnya untuk anak Anda dengan alat bantu dengar atau Implan Koklea: Perkembangan Umum Pusat Pendengaran, Ketepatan Bahasa dan Kosakata.

Perkembangan pendengaran normal bermula sejak anak masih berada didalam kandungan ibu, sekitar usia kehamilan 26 minggu. Anak Anda tidak cukup mampu mendengar dan juga tidak mampu mengikuti perkembangan pendengaran normal sampai anak Anda menggunakan alat bantu dengar atau implan kokleanya. Walaupun anak Anda telah menggunakan perangkat alat bantu dengar terbaik, masukan suara yang disampaikan ke sistem pusat pendengarannya tidak akan 100% normal.

Anak Anda membutuhkan bantuan khusus untuk menggantikan input suara yang berkurang dan terlambat didapat.
Pusat pelatihan pendengaran, perangkat latihan mendengar dan aplikasi latihan mendengar telah banyak tersediauntuk memberikan input suara tambahan yang penting untuk pusat pendengaran anak Anda.

Rangkaian latihan ini akan secara langsung membantu anak Anda untuk mendapatkan kemampuan mendengarnya dan mengurangi kesulitan konsentrasi yang biasa dialami anak dengan gangguan pendengaran. Selain itu, pelatihan ini secara khusus akan berfokus untuk membantu kesulitan mendengar dalam kebisingan, kemampuan mencari sumber suara dan kemampuan untuk membedakan penekanan kata dan memungkinkan Anda untuk dapat melatih kemampuan anak dalam memahami kata-kata konsonan  dari six ling sound (seperti  mm.., shh..dan sss...).

Pendengaran yang akurat dan terjadi secara otomatis merupakan syarat yang diperlukan untuk mendapatkan kemampuan bicara yang jelas dan juga untuk mencapai keberhasilan anak di bidang akademisnya. Selain bantuan dari tim yang melatih anak mendengar dan bicara di tempat latihan mendengar dan bicaranya, anak Anda juga memerlukan bantuan tambahan dari keluarga untuk mencapai kemampuan berbicara normal dan penambahan kosakatanya. Untuk informasi lebih lanjut klik link berikut.

TOP