Temui Lokasi Terdekat Kami...

Pemilihan Alat dan Proses Perawatan

Pemilihan Produk

Pemilihan Alat dan Proses Perawatan

Umumnya orang suka menjelaskan bagaimana telinga bekerja. Di sini kami ingin berkonsentrasi sedikit pada bagian fisik dan lebih banyak pada fisiologi dalam menjelaskan proses pendengaran.

Manusia dilahirkan dengan kemampuan untuk mendengar suara (sebenarnya kita sudah dapat merasakan suara sebelum kita lahir) tetapi kemampuan untuk memperoleh makna dan informasi dari suara kita yang kita dengar adalah kemampuan yang dipelajari kemudian.

Kemampuan ini berkembang seiring dengan perkembangan secara umum dari otak dan perkembangan indera lainnya, terutama penglihatan. Dari saat kita dilahirkan kita memberi asupan pada otak kita dengan informasi, lalu pendengaran yang akan membangun memori suara dan membantu kita untuk merasakan keajaiban pendengaran.

Puncak kemampuan kita untuk mendengar dan menganalisa suara ada di awal umur dua puluhan. Sejak saat itu, dalam banyak kasus, kemampuan pendengaran kita menurun secara bertahap, baik yang periferal, pusat, maupun kombinasi keduanya.


 

Pemilihan Produk

Perangkat elektronik memiliki peran utama dalam perawatan pendengaran. Tanggung jawab utama kami adalah untuk membantu menemukan solusi pendengaran yang tepat untuk Anda

Pemilihan produk terbagi menjadi dua bagian, medis/audiologis dan pilihan pasien.

Medis/audiologis ditentukan oleh hasil pemeriksaan dan kebutuhan khusus.

Untuk sebagian besar produk tersedia beragam tipe, warna dan pilihan teknis yang dapat Anda pilih. Tipe alat bantu dengar untuk orang dewasa biasanya tergantung pada keinginan Anda, semakin kecil alat bantu dengar maka akan semakin tidak terlihat saat digunakan. Tetapi tipe alat bantu dengar juga sangat penting untuk kenyamanan saat digunakan; gaya pemakaian alat bantu dengar memiliki pengaruh yang besar terhadap kenyamanan pengguna.

Untuk anak-anak, tipe alat bantu dengar sangat penting untuk disesuaikan dengan usia dan tingkat aktivitas fisiknya.

Aneka warna dapat diaplikasikan dalam berbagai cara. Untuk sebagian besar orang dewasa, biasanya akan memilih menggunakan alat bantu dengar yang memiliki warna yang sama dengan warna rambut atau warna kulitnya. Sementara untuk anak-anak, mereka cenderung akan memilih alat bantu dengar dengan berbagai pilihan warna atau disesuaikan dengan warna dan gaya pakaiannya, alat bantu dengar yang penuh warna dapat meningkatkan rasa percaya diri dan keinginan untuk menggunakan alat bantu dengarnya setiap hari.

Saat ini tersedia berbagai macam pilihan alat bantu dengar yang sangat menarik. Konsultan pendengaran Anda akan menunjukkan pilihan apa saja yang tersedia dari alat bantu dengar yang Anda pilih dan mungkin juga akan menunjukkan perangkat lainnya yang sesuai bahkan lebih baik dari semua kriteria yang Anda inginkan.


 

Pengaturan dan Pemrograman

Setiap individu memiliki masalah pendengaran yang berbeda-beda. Untuk memberikan solusi terhadap masalah pendengaran Anda, semua perangkat alat bantu dengar yang kami sediakan dapat diprogram dan disesuaikan dengan kebutuhan pendengaran Anda dengan menggunakan computer dan software untuk masing-masing merek alat bantu dengar.

Pengaturan awal perangkat alat bantu dengar Anda akan kami sesuaikan berdasarkan hasil rangkaian pemeriksaan klinis yang telah dilakukan. Dengan menggunakan hasil ini pula, kami akan menyesuaikan perangkat dengan kebutuhan dan lingkungan pendengaran sehari-hari Anda.

Kami dapat melakukan ini dengan menggunakan metode objektif ataupun subjektif.

Metode subjektif biasanya digunakan pada orang dewasa dan metode ini dapat dilakukan secara sederhana yaitu dengan menanyakan tentang persepsi Anda terhadap suara, atau dapat juga dikombinasikan dengan beberapa pemeriksaan subjektif lainnya.

Untuk anak-anak, karena mereka belum mampu memberikan tanggapan subjektif yang dapat dipercaya, kami akan lebih mengutamakan pada hasil pemeriksaan objektifnya.

Metode penyesuaian objektif termasuk juga didalamnya pengukuran kemampuan pendengaran dan pemeriksaan aided audiogram serta aided free field test.


 

Pelayanan Alat Bantu Dengar

Pendekatan menyeluruh kami untuk pelayanan alat bantu dengar meliputi semua aspek dari keseluruhan pemeriksaan klinis terlengkap hingga proses pemilihan dan penyesuaian alat bantu dengar serta menyediakan berbagai produk terbaru untuk memenuhi semua kebutuhan pendengaran di semua tingkatan harga.

Kami akan memulainya dengan sebuah konsultasi untuk mengetahui harapan dan masalah yang Anda rasakan. Kemudian kami akan melanjutkan dengan pemeriksaan klinis lengkap (orang dewasa atau anak tergantung pada usia) untuk membentuk keterampilan dan kemampuan pendengaran serta pusat pendengaran Anda. Pemeriksaan klinis biasanya terdiri dari Pure Tone Audiogram, Speech in Noise test, Pengolahan Pusat Pendengaran dan short term memory test.

Pemilihan alat bantu dengar akan disesuaikan berdasarkan hasil pemeriksaan klinis. Kami akan membantu Anda untuk memilih tipe dan pilihan alat bantu dengar yang paling sesuai dengan kebutuhan pendengaran Anda.

Perawatan alat bantu dengar merupakan sebuah proses yang berkelanjutan dan Anda diharuskan untuk datang secara rutin pada 2 – 4 dan 6 minggu setelah awal menggunakan alat bantu dengar dan kemudian setiap 6 bulan sekali. Hal ini sangat penting untuk memberikan waktu pada sistem pusat pendengaran Anda untuk menyesuaikan diri dengan amplifikasi dan untuk mempertahankan kemampuan pendengaran yang Anda dapatkan dari waktu ke waktu.


TOP