[10:51, 11/16/2017] Wulan:

Temui Lokasi Terdekat Kami...

7 Alasan Utama Mengapa Gangguan Pendengaran Harus Segera Ditangani

Gangguan pendengaran dapat dialami siapapun sejak lama tanpa disadari. Umumnya diperlukan waktu 10 – 15 tahun sejak gangguan mulai terjadi hingga seseorang benar-benar menyadari bahwa ia mengalami masalah pendengaran dan mulai mencari bantuan.

Meski belum disadari, gangguan pendengaran mempengaruhi banyak aspek dari kehidupan dan kesehatan manusia sehingga perlu segera ditangani.

7 Alasan Utama Mengapa Gangguan
Pendengaran Harus Segera Ditangani

7 Alasan Utama Mengapa Gangguan Pendengaran Harus Segera Ditangani

  • Meningkatkan kemampuan bekerja
  • Meningkatkan komunikasi dalam hubungan
  • Meningkatkan keakraban dan kehangatan dalam hubungan keluarga
  • Meningkatkan kemudahan dalam komunikasi
  • Meningkatkan kestabilan emosi
  • Meningkatkan kendali atas peristiwa dalam hidup
  • Meningkatkan kesehatan fisik

Perawatan Gangguan Pendengaran

Gangguan pendengaran bukanlah penyakit, tetapi merupakan gejala bahwa sistem pendengaran tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Tujuan pengobatan pendengaran dapat dibagi menjadi dua bagian yang berbeda:

1) Untuk mengobati penyebab gangguan pendengaran

2) Untuk mengobati konsekuensi dari gangguan pendengaran

Mengobati sebab gangguan pendengaran adalah sebuah isu medis dan di sini kita hanya akan membahas tentang cara menghadapi konsekuensi gangguan pendengaran.

Ketika membahas konsekuensi gangguan pendengaran, kita akan membicarakan dua wilayah yang berbeda fokus; a) untuk mengurangi efek langsung dari hilangnya kemampuan mendengar b) berurusan dengan efek langsung dan jangka panjang pada sistem pendengaran pusat.

Dalam kebanyakan kasus, gangguan pendengaran berasal dari Koklea yang berupa kekurangan atau ketidakmampuan untuk mengkonversi informasi suara mekanik secara akurat ke informasi listrik yang dapat digunakan otak untuk mendengar informasi.

Mendengar adalah sebuah keterampilan yang diperoleh/dipelajari sejak tahap prenatal (sebelum lahir). Mempelajari dan menjaga pendengaran, adalah hal penting untuk mendengar semua suara dari spektrum pendengaran manusia.

Tujuan Pengobatan Pendengaran

Tujuan pengobatan pendengaran adalah untuk memberikan informasi pendengaran yang cukup untuk mengimbangi kerusakan di Koklea  dan untuk memperkuat pusat-pusat pendengaran pusat di otak.

Sebagaimana kita hanya bisa memahami apa yang dapat didengar, menyediakan kemampuan mendengar dengan frekuensi dan jangkauan dinamis adalah perhatian yang paling utama.

TOP