Temui Lokasi Terdekat Kami...

FAQs

Perawatan Tinnitus Neuromonics

Selama bertahun-tahun. pemahaman mengenai penyebab dan faktor terkait gangguan serta persepsi tinnitus telah meningkat dengan pesat. Saat ini telah dipahami bahwa tinnitus bukanlah sebuah masalah pendengaran, melainkan kondisi yang berbasis neurologis.

Dengan pemahaman ini, perawatan Neuromonics Tinnitus merangsang jalur pendengaran (menggunakan musik dan broadband noise) dengan tujuan meningkatkan hubungan syaraf baru yang memungkinkan otak untuk membantu menyaring persepsi tinnitus, sehingga mengurangi gangguan dan dampak dari tinnitus.

Penelitian klinis dan penggunaan diseluruh dunia, telah menunjukkan bahwa perawatan Neuromonics memiliki tingkat keberhasilan 91% pada kandidat yang sesuai. Ini jauh melebihi metode perawatan tinnitus lainnya seperti terapi musik, tinnitus masking, pengobatan atau konseling. Lebih dari 2,000 kandidat yang sesuai di dunia telah ditangani dengan Neuromonics, 91% dari mereka telah berhasil.

Pada akhir dari program perawatan selama 6 bulan, 91% kandidat yang sesuai mengatakan bahwa gangguan tinnitus mereka telah berkurang sehingga mereka bisa menjalani hidup dengan baik seperti sedia kala.

Perawatan Neuromonics berbeda dengan perawatan tinnitus lainnya. Perawatan tinnitus merupakan bentuk perawatan yang berbeda. Sistem perawatan tinnitus lainnya tidak memiliki tingkat keberhasilan lebih dari 30%. Itulah yang membuat perawatan neuromonics sangat baik untuk dijadikan pilihan perawatan tinnitus.

Perbedaan utama antara Neuromonics dan lainnya adalah bahwa Neuromonics menggunakan gabungan dari berbagai macam terapi perawatan tinnitus yang berbeda, dan menambahkan sesuatu yang baru;

Neuromonics menangani pasien melalui psikologi (hal-hal mengenai kepribadian dan bagaimana pasien mengatasi tinitus), neurologi (fungsi otak), auditori (fungsi telinga).

Melalui penggunaan musik yang telah disesuaikan dan broadband noise yang dikustomisasi, kami melatih ulang otak untuk menjadi terbiasa dan lebih kurang sensitif pada suara tinnitus, hingga akhirnya tingkat gangguan yang dialami pasien (yaitu persepsi pasien akan suara dering yang dirasakan) berkurang ke tingkat yang dapat dikendalikan atau hilang sepenuhnya bagi sebagian pasien.

Pasien akan merasakan keringan yang secepat mungkin ketika mereka mendengarkan musik yang ada pada perangkat. Sebagian besar pasien mengalami pengurangan tingkat gangguan dalam 10 minggu perawatan. Ini adalah indikasi yang baik bahwa pada akhir dari erapi 6 bulan, akan ada perbaikan yang sangat signifikan.

Keseluruhan terapi membutuhkan waktu selama 6-8 bulan dan pasien dapat mengatur jadwal untuk menggunakannya di rumah atau dikantor setiap hari. Sangatlah mudah digunakan dan anda dapat menggunakannya ketika sedang membaca, bekerja, memasak, dll. Kecuali ketika sedang menonton TV, mengemudi, berolahraga dan mandi. Selama anda terjaga dan menggunakan perangkat tersebut, itu dianggap sebagai proses perawatan.

TIDAK! Anda tidak akan perlu menggunakan perangkat perawatan neuromonics tinnitus selamanya! anda hanya perlu menggunakannya selama 6 hingga 8 bulan tergantung pada perkembangan masing-masing. Namun, kami menyarankan anda untuk tetap menggunakannya dalam tahap pemeliharaan dimana anda hanya perlu menggunakannya selama 2-4 jam dalam seminggu. Kami memiliki pasien yang sangat menyukai musik pada perangkat sehingga mereka terus menggunakannya setiap hari meskipun tidak perlu menggunakannya lagi.

Anda perlu hadir secara fisik di pusat kami untuk pemeriksaan karena kami akan perlu melakukan serangkaian tes untuk anda.

Pertama, kami akan mengidentifikasi profil tinnitus anda melalui tes pendengaran hi-frequency dan konseling serta sesi pertanyaan.

Dengan menggunakan informasi ini, kami akan mengevaluasi apakah anda sesuai untuk perawatan. Jika anda masuk ke dalam grup yang sesuai, kami akan segera menyesuaikan program perawatan untuk anda menggunakan software neuromonics. Ini akan menjadi program perawatan tinnitus yang spesifik untuk anda, Anda tidak dapat menukar perangkat ini dengan orang lain karena tidak akan efektif.

Setelah perangkat diprogram untuk anda, konsultan anda akan membimbing anda mengenai bagaimana cara menggunakan perangkat agar anda mendapatkan manfaat yang maksimal dari perawatan ini.

Anda perlu kembali pada kami sekitar 5-8 kali selama 6 bulan masa perawatan. Jika anda perlu datang kembali lebih dari 8 kali, tidakakan ada biaya tambahan, selama masih dalam masa perawatan 6 bulan.

  • Janji temu Pertama - pengenalan perawatan, pemeriksaan audiologi tinnitus secara menyeluruh (hasilnya akan digunakan untuk merancang program yang sesuai).
  • Awal tahap 1: Tahap Pesiapan (12 minggu)
  • Janji temu Kedua - review perkembangan, konseling
  • Janji temu Ketiga - review perkemangan (transisi dari tahap 1 ke tahap 2)
  • Janji temu Keempat - review perkembangan, konseling
  • Janji temu Kelima - janji temu terakhir, lulus dari perawatan

*Janji temu lainnya dapat dijadwalkan diantara waktu tersebut, tergantung pada perkembangan yang dicapai oleh masing-masing pasien.

Ya. Anda bisa menggunakan perangkat neuromonics sebagai tambahan dari alat bantu dengar anda ketika anda berada dalam keadaan sunyi seperti ketika sedang membaca atau ketika mencoba untuk tidur. Dokter anda akan mampu menyusun waktu yang paling tepat untuk anda. Anda bisa memiliki kemampuan yang lebih dalam menggunakan alat bantu dengar anda setelah menyelesaikan perawatan, karena sensitivitas anda terhadap kenyaringan cenderung meningkat.

Harap diingat bahwa alat bantu dengar dirancang untuk memeprkuat suara yang bisa memperbaiki jenis tertentu dari gangguan pendengaran. Amplifikasi dapat menutupi tinnitus; namun, masking bukanlah perbaikan jangka panjang untuk gangguan tinnitus. Jika tinnitus dapat diatasi dan diperbaiki, evaluasi pendengaran baru direkomendasikan untuk tinnitus dapat diatasi dan diperbaiki, evaluasi pendengaran baru direkomendasikan untuk memahami jika ada gangguan pendengaran yang harus ditangani dengan alat bantu dengar kami.

Tidak. Perangkat Neuromonics merupakan perangkat medis kelas II yang telah diatur FDA dan membutuhkan resep dokter terlatih. Dengan tambahan, melalui penelitian dan uji klinis, telah ditunjukkan bahwa untuk mendapatkan manfaat yang lengkap dari perawatan neuromonics tinnitus, dibutuhkan program dukungan, pemantauan, dan edukasi.

Perawatan Neuromonics Tinnitus dirancang khusus untuk menargetkan proses neurologis dari tinnitus, terutama aspek atensi, emosional, dan pendengarannya. Aturan perawatan neuromonics disesuaikan denga profil tinnitus dan pendenagran tiap pasien, dan jadwal janji temu dibutuhkan untuk melengkapi perawatan. 

Perawatan Neuromonics Tinnitus telah dikembangkan di berbagai negara termasuk Amerika Serikat dan Australia. Proses penelitian dilakukan secara teliti dan butuh waktu bertahun-tahun untuk menyelesaikannya. Itulah mengapa perawatan neuromonics tinnitus sangat efektif.

Ini adalah perawatan yang ditujukan untuk kasus tinnitus yang serius. Jika anda hanya memiliki gangguan tinnitus ringan dan bisa menjalani hidup seperti biasa, PERAWATAN INI TIDAK DITUJUKAN UNTUK ANDA dan tersedia solusi lain untuk  mengatasinya. Tapi jika anda mengalami gangguan tinnitus serius dan hal tersebut mempengaruhi kehidupan anda, ini adlaah solusi yang tepat.

Jika dihitung dari rata-rata orang yang menjalani perawatan yang kurang efektif dan waktu yang dihabiskan untuk perawatan tersebut ditambah dengan efek emosionalnya, perawatan neuromonics tinnitus merupakan pilihan yang sangat baik untuk pertimbangan biaya, terutama jika anda tidak berhasil, anda bisa mendapatkan pengembalian biaya perangkatnya sebagian, dikurangi biaya untuk program (chip) dan perawatan serta pemeriksaan.

Hasil dari kunjungan pemeriksaan anda akan membuat kami mampu untuk mempertimbangkan apakah anda adalah kandidiat yang sesuai untuk perawatan neuromonics tinnitus. Manfaat perawatan bisa diperoleh dalam jangka waktu 70 hari dari janji temu penyesuaian anda. Jika perawatan tidak memenuhi harapan anda, dokter anda akan melakukan pendekatan multi-stepped untuk mengatasi situasi anda dan mencoba untuk menyesuaikannya. Dokter anda akan menganalisa laporan data pemakaian anda untuk memantau bagaimana dan kapan anda menggunakan perangkat dan kami juga akan memantau fungsi perangkat.

Jika dipastikan bahwa ini bukanlah perawatan terbaik untuk anda, neuromonics menawarkan pilihan pengembalian.

Pilihan untuk mengembalikan perangkat dalam waktu 10 minggu (70 hari) dari tanggal transaksi.

Namun, biaya pemeriksaan audiologi tinnitus, pembuatan program individu dan janji temu tidak bisa di kembalikan.

Kasus pengembalian harus memenuhi kriteria dari 2 janji temu dalam waktu 10 minggu setelah tanggal fitting pertama.

Ya. Hampir setiap orang pada satu waktu telah mengalami periode singkat dering ringan atau suara lain di telinga. Beberapa orang mengalami tinnitus tipe konstan dan lebih  mengganggu. Sepertiga dari semua orng dewasa mengalami tinnitus yang lebih serius pada beberapa waktu dalam hidup mereka. Sekitar 10%-15% dari orang dewasa membutuhkan evaluasi medis yang lebih lama. Penyebab pasti dari gangguan tinnitus sering tidak diketahui. Satu hal yang pasti: Tinnitus bukanlah suatu khayalan.

Tidak. Tinnitus adalah gejala dari masalah pokok dalam sistem pendengaran. Seperti halnya demam dan sakit kepala menyertai berbagai penyakit yang berbeda, tinnitus adalah sebuah gejala umum untuk berbagai masalah. Jika anda mengalami tinnitus, kemungkinan penyebabnya akan tetap menjadi misteri.

Kondisi yang dapat menyebabkan tinnitus termasuk:

  • Gangguan pendengaran
  • Penyakit Ménière's
  • Paparan suara keras
  • Migrain
  • Cedera Kepala
  • Obat-obatan atau obat-obatan yang beracun bagi pendengaran
  • Anemia
  • Hipertensi
  • Stress
  • Kotoran telinga yang menumpuk
  • Tipe tumor tertentu
  • Terlalu banyak mengkonsumsi kopi
  • Merokok
  • dan sebagainya...

Di siang hari, selingan aktifitas dan suara di sekitar anda membuat tinnitus anda kurang terasa. Ketika keadaan sunyi, tinnitus anda terasa lebih nyaring dan mengganggu. Kelelahan dan stress bisa juga membuat tinnitus anda semakin memburuk.

Tinnitus adalah sebuah gejala dari suatu masalah. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mencoba menemukan penyebab pokok. Anda harus melakukan pemeriksaan medis dengan perhatian khusus yang diberikan untuk kondisi terkait tinnitus. Anda juga harus melakukan evaluasi pendengaran lengkap yang dilakuakan oleh dokter spesialis pendengaran untuk melihat apakah gangguan pendengaran adalah penyebab dari tinnitus anda. 

Pendengaran anda harus diperiksa oleh dokter spesialis pendengaran atau audiologist untuk melihat apakah ada gangguan pendengaran. Sejak tinnitus dapat dapat disertai dengan sejummlah kondisi terkait pendenagran, evaluasi pendenagran dapat memabntu memberikan informasi tentang penyebab dan pilihan perawatan untuk anda.

Tinnitus tidak bisa diukur secara langsung. Spesialis anda akan bergantung pada informasi yang anda berikan saat anda menggambarkan tinnitus anda. Spesialis anda akan memberikan pertanyaan seperti: 

  • Telinga bagian mana yang terlibat? Kanan...Kiri...atau keduanya?
  • Apakah suara dering yang dirasakan berlangsung terus menerus?
  • Apakah anda lebih merasakannya pada waktu-waktu tertentu, di siang hari atau malam hari?
  • Bisakah anda menjelaskan suara atau dering yang dirasakan?
  • Apakah suaranya memiliki nada? nada tinggi...atau nada rendah?
  • Seberapa keras suara yang yang dirasakan? apakah terasa nyaring atau lembut?
  • Apakah suaranya berubah volume atau nada dari waktu ke waktu?
  • Apakah anda ingat kondisi dimana tinnitus anda terasa memburuk - misalnya saat mengkonsumsi minuman berkafein, saat mengkonsumsi obat-obatan tertentu, atau saat terkena paparan kebisingan?
  • Apakah tinnitus mempengaruhi tidur anda?... pekerjaan anda...kemampuan anda dalam berkonsentrasi?
  • Seberapa mengganggu? Sangat mengganggu atau tidak terlalu?

Dalam mendiskusikan jawaban anda terhadap pertanyaan tersebut, dokter spesialis dapat memberikan informasi yang akan menambah pemahaman anda mengenai tinnitus.

Mengetahui lebih banyak mengenai penyebab tinnitus bisa menjadi sebuah hal yang sangat membantu. Saat anda memahami kemungkinan penyebab dari tinnitus yang anda alami, tingkat stress anda (yang bisa membaut semakin memburuk) akan berkurang. Anda bisa "bertangung jawab"dengan mengantisipasi, mencegah, dan mengubah situasi yang dapat membuat tinnitus anda semakin memburuk.

Perawatan paling efektif untuk tinnitus adalah untuk menghilangkan masalah pokoknbya. Tinnitus, dalam beberapa kasus, bisa menjadi sebuah gejala dari kondis medis yang dapat diatasi. Sayangnya, dalam banyak kasus, penyebab tinnitus tidak dapat diidentifikasi, atau pengobatan bedah dan medis bukanlah sebuah pilihan. Dalam kasus tersebut, tinnitus masih bisa dikendalikan dengan menggunakan berbagai metode lain. Pastikan untuk mendiskusikannya dengan dokter anda mengenai berbagai pilihan medis sebelum memutuskan untuk melakukan suatu langkah pengendalian tinnitus.

Pengendalian Tinnitus dapat termasuk: 

  • Biofeedback
  • Hypnosis
  • Stimulasi elektrik
  • Terapi relaksasi
  • Konseling
  • Terapi habituasi
  • Tinnitus maskers
  • Sound machines

Spesialis pendengaran, Audiologist dan otolaryngologists (dokter THT) sering berkolaborasi dalam mengidentifikasi penyebab tinnitus dan memberikan perawatan dan pengendalian. Perawatan yang berguna dan berhasil untuk satu orang tidak berarti sesuai untuk orang lain. 

American Tinnitus Association (ATA) memiliki informasi mengenai berbagai pilihan perawatan. 

Jika anda memiliki gangguan pendengaran, kemungkinan alat bantu dengar akan meringankan tinnitus anda dan membantu anda mendengar. Spesialis anda dapat membantu dengan pemilihan, penyesuaian, dan pembelian alat bantu dengar yang paling cocok untuk anda. Spesialis anda juga akan membantu anda mempelajari bagaimana cara untuk memperoleh manfaat terbesar dari alat bantu dengar anda.

Tinnitus maskers terlihat sepereti alat bantu dengar dan menghasilkan suara yang "menutupi", atau menyembunyikan tinnitus. Suara masking berperan sebagai sebiah selingan/pengalihan dan biasanya lebih bisa ditoleransi dibandingkan dengan tinnitus. 

Karakteristik tinnitus (nada, kenyaringan, lokasi, dan sebagainya) yang anda jelaskan ketika berdiskusi dengan spesialis anda, menentukan jenis suara masking apa yang dapat membantu. Jika anda memiliki gangguan pendengaran bersamaan dengan tinnitus, masker dan alat bantu dengar dapat beroperasi bersamaan sebagai satu instrumen.

Seperti semua perawatan tinnitus lainnya, masker berguna untuk sebagian orang, tetapi tidak untuk semua orang. Seperti dengan alat bantu dengar, evaluasi yang teliti dari spesialis akan membantu untuk menentukan apakah masker tinnitus akan berguna untuk anda.

Sound machines yang memberikan latar belakang suara  menenagkan dapat berguna di malam hari atau dalam keadaan sunyi. Kolam ikan, kipas angin, musik volume rendah, dan air terjun indoor juga dapat membantu. Bahkan saat ini terdapat aplikasi untuk pemutar media portable (iPod atau MP3 players) yang menawarkan berbagai suara masking yang dapat mengurangi gangguan tinnitus.

Tinnitus bisa membuat stress karena sulit untuk digambarkan, diprediksi, dan dikendalikan. Kelompok bantuan diri tersedia di berbagai komunitas untuk berbagi informasi dan strategi untuk mengatasi tinnitus. 

Kelompok bantu diri sering kali membangkitkan harapan dan kendali. Anggota grup berbagi tentang strategi yang berhasil untuk mengatasi tinnitus. Hal ini dapat membantu untuk menyakinkan bahwa anda tidak memiliki penyakit langka atau gangguan otak serius atau kemungkinan untuk menjadi tuli. Dengan dukungan, orang-orang dengan gangguan tinnitus biasanya menemukan bahwa diri mereka bisa mengatasi tinnitus yang mereka alami.

Spesialis pendengaran anda dapat menghubungkan anda dengan kelompok bantu diri di area tempat tinggal anda. Untuk informasi dan bantuan tambahan dalam menemukan grup disekitar anda, hubungi American Tinnitus Association (ATA).

 

TOP