Temui Lokasi Terdekat Kami...

FAQs

Alat Bantu Dengar

Pendengaran pada anak sudah mulai berkembang saat didalam kandungan ibu dan sejak menit pertama kelahiran anak, pendengaran dan struktur pendengaran akan terus berkembang hinga usia sekitar 20 tahun. Kemajuan ilmu dan teknologi saat ini memungkinkan kita untuk melakukan pemeriksaan pendengaran pada bayi berumur 3-4 hari untuk memeriksa kemampuan pendengaran mereka.Agar tidak menunda perkembangan pendengarannya dan untuk memberikan anak Anda pendengaran awal yang terbaik maka alat bantu dengar harus segera dipasangkan sedini mungkin. Teknologi yang ada saat ini memungkinkan alat bantu dengar dapat digunakan oleh anak-anak yang baru berusia beberapa bulan.

Berkaitan dengan ukuran telinga anak Anda dan aksesoris serta fitur tertentu yang sangat penting untuk perkembangan anak Anda, maka alat bantu dnegar model BTE (Behind The Ear atau Belakang Telinga) adalah model alat bantu dengar yang tepat untuk anak Anda. Setelah anak Anda menginjak usia remaja, pilihan model alat bantu dengar lainnya seperti RIC (Receiver In Canal) atau alat bantu dengar model Custom Made ITE (Inside The Ear) bisa saja digunakan, tergantung pada gangguan pendengarannya.

Alat bantu dengar tidak menyembuhkan gangguan pendengaran, perangkat alat bantu dengar ini memiliki fungsi yang sama seperti ketika kita menggunakan kacamata, yang dapat membantu untuk melihat selama memakainya,begitu pun halnya alat bantu dengar. Jika gangguan pendengaran anak Anda tidak dapat diobati secara medis maka anak Anda harus menggunakan alat bantu dengar seumur hidupnya (berdasarkan kemajuan teknologi dan medis saat ini).

Ya, untuk mendapatkan perkembangan mendengar dan bicara yang sebaik mungkin bagi anak Anda maka alat bantu dengar harus digunakan setiap saat selama anak beraktifitas. Jika memungkinkan dan anak Anda mau menggunakannya, maka alat bantu dengar juga dapat digunakan saat anak tidur atau pada waktu tidur siang. Perlu diingat bahwa dalam rangka mengembangkan kemampuan mendengar dan bicara senormal mungkin, anak Anda harus dikenalkan dengan semua jenis suara (dan bahkan suara bising) sebanyak dan sesering mungkin.

Anak anda akan senang mendengar dan akan cepat belajar, jadi tanpa alat bantu dengar dunia mereka akan menjadi sunyi. Kecuali alat bantu dengar tidak terpasang dengan baik atau tidak nyaman, anak anda akan senang menggunakan alat bantu dengarnya dan bisa jadi mereka akan tidak senang apabila alat bantu dengarnya tidak bekerja. Namun, apabila anak anda tetap dengan terus menerus menanggalkan alat bantu dengarnya, kunjungi pusat pendengaran anda dan periksa apakah terjadi infeksi atau mungkin terjadi masalah pada saat fitting (pemasangan). Apabila anak anda menanggalkan dikarenakan ia marah/menangis, tunggu beberapa menit kemudian pasang kembali secara perlahan ke telinganya.

Anak Anda akan suka mendengar dan dia akan belajar dengan sangat cepat, karena tanpa alat bantu dengar dunia akan terdengar sunyi. Kecuali jika alat bantu dengarnya tidak difitting atau disesuaikan dengan tepat. Alat bantu dengar yang nyaman digunakan akan membuat anak merasa senang menggunakannya bahkan anak Anda akan merasa kecewa dan sedih jika alat bantu dengarnya tidak berkerja dengan baik atau rusak. Namun jika anak Anda tetap melepasnya, segera datang ke penyedia pelayanan pendengaran tempat Anda membeli alat bantu dengar tersebut untuk mengetahui apakah ada infeksi pada telinga anak atau mungkin ada masalah pada fitting atau pengaturan alatnya. Jika anak Anda melepas alat bantu dengarnya karena sedang marah atau menangis, harap menunggu beberapa saat dan perlahan-lahan tetapi pasti letakkan kembali alat bantu dengar ke telinganya.

Jika anak Anda secara tidak sengaja menelan baterai alat bantu dengar, segera hubungi dokter atau rumah sakit terdekat. Jangan lupa bawa contoh baterainya agar petugas kesehatan dapat menentukan bagaimana penanganan yang tepat.Anda mungkin juga membutuhkan informasi lebih lanjut dari link dibawah ini:

http://www.nlm.nih.gov/medlineplus/ency/article/002764.htm

http://www.nationwidechildrens.org/button-battery-safety

 

Kebanyakan alat bantu dengar dilengkapi dengan “child lock” yang merupakan kemampuan alat bantu dengar untuk mencegah anak Anda membuka kompartemen atau tempat penyimpanan baterai dan mengeluarkan baterainya. Jika alat bantu dengar Anda tidak dilengkapi dengan kemampuan tersebut, hubungi kami sekarang juga, kami akan membuatkannya untuk Anda.

Alat bantu dengar hanya membutuhkan sedikit pembersihan. Anda dapat membersihkannya dengan mengusapkan tisu antiseptik yang lembab dan ringan setiap malam hari ketika anak sudah tidur.HINDARI MEMBERSIHKAN ALAT BANTU DENGAR DENGAN KAIN ATAU TISU YANG TERLALU BASAH, HAL INI DAPAT MERUSAK ALAT BANTU DENGAR. CUKUP BERSIHKAN DENGAN KAIN ATAU TISU LEMBUT YANG LEMBAB.

Terlepas dari segala usaha yang diberikan oleh produsen, alat bantu dengar tetaplah rentan terhadap kelembaban dan terutama pada keringat. Cara terbaik adalah dengan menyimpan alat bantu dengar setiap malam hari didalam alat pengering khusus untuk alat bantu dengar (sebelumnya lepaskan earmold dan baterai, kemudian biarkan tempat baterai terbuka).

Untuk melindungi alat bantu dengar dari keringat, Anda dapat menggunakan produk seperti “sweat band” selama berolahraga atau saat melakukan aktifitas lainnya jika anak Anda terlalu mudah berkeringat.

Bayi dan anak-anak tumbuh dengan sangat cepat, begitu pula dengan telinga mereka. Mungkin diperlukan penggantian earmold setiap beberapa bulan. Ketika usia anak Anda sudah semakin bertambah, penggantian earmold tidak akan terlalu sering dibutuhkan. Biasanya anak-anak yang berusia lebih tua memerlukan penggantian earmold sekitar satu kali dalam tiap tahunnya.

Earmold mengunci suara yang ada didalam telinga dan jika earmold sudah longgar Anda akan mendengar suara seperti siulan, dengung atau biasa disebut feedback, terutama jika anak Anda menggerakkan kepalanya, mengunyah atau ketika anak menyentuh telinganya. Pada batasan tertentu, suara atau feedback ini tidak dapat dihindari, tetapi jika suara tersebut menjadi semakin keras hal ini bisa menjadi suatu indikasi bahwa anak Anda sudah semakin tumbuh besar sehingga earmoldnya sudah tidak pas dengan ukuran telinganya, hal ini berarti Anda harus menggantinya dengan earmold yang baru.

Lepaskan earmold dari alat bantu dengar (tanyakan kepada kami jika Anda memiliki pertanyaan tentang bagaimana cara melakukannya dengan benar). Setelah itu Anda dapat membersihkan earmold dan tubing dengan sabun yang ringan atau gunakan perangkat pembersih khusus untuk earmold.Setelah dibersihkan, tiup sisa-sisa air dari tubing dengan menggunakan blower dan biarkan kering semalaman.

Keringkan alat bantu dengar dengan tisu kering dan bawa alat bantu dengar tersebut ke outlet terdekat kami sesegera mungkin untuk diperbaiki, dan beritahukan kepada kami apa yang terjadi. Kami dapat memeriksa bagian dalam alat bantu dengar dan memastikan bahwa kelembaban sudah dihilangkan karena dapat menyebabkan korosi atau alat menjadi berkarat.

Ya, ketika Anda melihat warna tubing berubah dan merasa tubing sudah mengeras, berarti sudah saatnya untuk Anda datang ke kami untuk penggantian tubing. Tubing yang keras dapat menimbulkan ketidaknyamanan pada anak Anda dan menyebabkan terjadinya feedback pada alat bantu dengar.

Jangan pernah menggunakan hair dryer atau pengering rambut saat memakai alat bantu dengar atau meletakkan alat bantu dengar didalam microwave/oven.

Tiap model alat bantu dengar memberikan fitur dan manfaatnya masing-masing. Anda dapat berdiskusi terlebih dahulu bersama kami untuk mengetahui alat bantu dengar mana yang dapat menjadi solusi terbaik bagi anak Anda berdasarkan derajat dan jenis gangguan pendengarannya serta usia dan kebutuhan pendidikan anak.

Jika anak Anda memiliki gangguan pendengaran di kedua telinganya berarti anak Anda membutuhkan dua alat bantu dengar (masing-masing satu di tiap telinga). Namun jika anak Anda hanya mengalami gangguan pendengaran pada satu telinga maka anak Anda membutuhkan satu alat bantu dengar yang digunakan pada telinga yang mengalami gangguan pendengaran. Memiliki kemampuan mendengar pada kedua telinga sangatlah penting untuk perkembangan pendengaran yang normal dan untuk kemampuan mendengar dalam situasi bising, mendengar dalam jarak jauh dan mendengar di situasi pendengaran lainnya.Hanya menggunakan satu alat bantu dengar akan menyulitkan anak Anda dalam menerima informasi pendengaran yang penting dan menghambat anak untuk mendapatkan kemampuan mendengar terbaiknya.Mendengar hanya dari satu sisi saja juga dapat menghambat penerimaan stimulasi penting yang terjadi di otak, yang dibutuhkan untuk mendapatkan perkembangan yang normal.

Kami menyebut suara dengung ini dengan istilah “Feedback” dan hal ini disebabkan apabila sinyal yang sudah diperkeras/diperbesar oleh alat bantu dengar berbalik menuju ke mikrofon dan kemudian diperkeras/diperbesar lagi oleh mikrofon. Hal ini biasanya terjadi karena earmold yang tidak pas, tubing earmold yang keras atau kotoran telinga yang terlalu banyak di saluran telinga. Mendekap, menyentuh atau meletakkan kepala ke sisi alat bantu dengar dapat menyebabkan feedback ini terjadi. Hubungi kami jika Anda mengalami masalah yang berkaitan dengan feedback yang sering terjadi pada alat bantu dengar anak.

Saat ini alat bantu dengar dapat disamakan dengan sebuah komputer kecil dan dapat deprogram atau disesuaikan dengan kebutuhan pendnegaran anak Anda yang bervariasi dan tidak terbatas. Kami juga dapat memprogram ulang alat bantu dengar Anda berulang kali jika diperlukan berdasarkan peningkatan kemampuan pendengaran atau pertumbuhan anak Anda. 

Periksa alat bantu dengar setiap pagi dengan menggunakan listening check (jika Anda tidak mengetahui cara menggunakanya, tanyakan langsung kepada kami bagaimana caranya). Anda juga dapat mencatat riwayat penggunaan baterai untuk memastikan agar Anda mengganti baterai tepat pada waktunya, jadi anak Anda tidak akan kehilangan pendengarannya dalam beberapa saat.

Periksa alat bantu dengar dan baterai secara rutin. Pastikan bahwa anak Anda selalu menggunakan alat bantu dengarnya selama beraktifitas. Berikan stimualsi pendengaran sebanyak mungkin untuk anak Anda dan tanyakan kepada kami atau kepada habilitasionis Anda tentang cara membantu mengembangkan kemampuan mendengar dan bicara anak dirumah.

 

TOP