Temui Lokasi Terdekat Kami...

Gangguan Pendengaran & Bagaimana Anak-Anak Mendengar

Gangguan Pendengaran Pada Anak-anak

Gangguan Pendengaran Pada Anak-anak

Gangguan pendengaran pada anak- anak dapat dibagi menjadi dua subkategori, yaitu: bawaan sejak lahir atau diperoleh segera setelah lahir.

Terlahir dengan Gangguan Pendengaran

Sebagian besar masalah pendengaran pada anak-anak disebabkan oleh faktor genetik; sumber penyebab atau asal usulnya sebagian besar masih belum diketahui.Namun, bisa jadi salah satu atau kedua orang tua memiliki ‘gen pembawa’ yang dapat menyebabkan masalah pendengaran pada anak-anak mereka. Saat ini pemeriksaan gen sudah banyak tersedia.

Infeksi selama masa kehamilan atau saat proses kelahiran merupakan penyebab lain dari gangguan pendengaran pada anak-anak. Kelahiran prematur, berat badan lahir rendah atau komplikasi selama proses kelahiran, seperti kekurangan oksigen pada bayi juga merupakan penyebab utama yang paling sering terjadi.

Terjadi Pada Usia Dini

Berbagai jenis infeksi, penyakit anak dan meningitis diketahui menyebabkan gangguan pendengaran terutama jika disertai dengan demam tinggi dalam jangka waktu yang lama.

Beberapa jenis antibiotik, yang diperlukan untuk menangani kondisi kritis dari suatu penyakit,diketahui memiliki efek samping yang dapat mempengaruhi pendengaran.Penyebab umum lainnya dari gangguan pendengaran pada usia dini adalah pengobatan infeksi telinga tengah yang berulang dan/ atau tertunda.

Gangguan pendengaran mungkin akan menetap dan tidak berubah hingga anak tumbuh dewasa, atau bahkan dapat semakin memburuk. Sebagian besar masalah pendengaran pada anak-anak terletak pada kemampuan sensorik pendengarannya,hal ini berarti gangguan pendengaran terjadi karena kehilangan sel-sel rambut yang ada didalam koklea.

Saat ini, hampir semua gangguan pendengaran pada anak-anak dapat diobati, hal ini memungkink anak-anak Anda untuk menjalani hidup normal dan mengikuti semua jenjang pendidikan yang tersedia, sama seperti anak-anak lainnya yang memiliki pendengaran normal.
Akan tetapi, hasil akhir dari perawatan pendengaran tetap tergantung pada usia kronologis intervensi, kualitas intervensi medis (jika diperlukan) atau peralatan yang tersedia untuk anak dan yang paling penting, dukungan serta bantuan keluarga dalam mengejar ketertinggalan perkembangan kemampuan mendengar dan bicara.

TOP