Temui Lokasi Terdekat Kami...

Bagaimana Cara Kerjanya?

Secara umum, teknis

Mikrofon menangkap suara yang kemudian diubah menjadi sinyal digital. Digital Sound Processor (DSP) memodifikasi sinyal untuk disesuaikan dengan gangguan pendengaran. Pengeras suara kemudian meneruskan sinyal ke telinga.
Teknologi alat bantu dengar secara umum dapat dibagi ke dalam 4 bagian utama. Untuk mengembalikan kemampuan pendengaran, menghilangkan gangguan, serta memperkuat percakapan, untuk menghilangkan gema, serta akhirnya, membuat pilihan yang nyaman.

Teknologi alat bantu dengar kurang lebih dapat di bagi menjadi 4 kelompok utama. Untuk memulihkan pendengaran, manahan kebisingan dan meningkatkan kemampuan berbicara, menghilangkan feedback dan terakhir, pilihan kemudahan.

Fitur-Fitur Alat Bantu Dengar

Digital Sound Processor

Hampir semua alat bantu dengar saat ini dilengkapi dengan Pemroses Suara Digital (PSD) yang dapat diprogram untuk memenuhi kebutuhan berbagai konfigurasi gangguan pendengaran berbeda. Alat ini juga diharapkan dapat membawa keajaiban kecil untuk memproses sinyal yang diarahkan untuk membuat dapat Anda mendengar lebih baik.


Channels

Alat bantu dengar digital modern memecah sinyal menjadi beberapa saluran frekuensi untuk mengaktifkan koreksi sinyal (amplifikasi) dan pemampatan berdasarkan konfigurasi audiogram. Semakin banyak saluran yang dimiliki alat bantu dengar, semakin jelas dan detail pemrosesan suara yang terjadi.

Jumlah saluran/channels yang diperlukan untuk setiap kondisi bergantung pada konfigurasi audiogram. Semakin tinggi tingkat keparahan gangguan pendengaran, maka semakin banyak saluran/channels yang dibutuhkan.


Amplifikasi

Alat bantu dengar berperan mengurangi gangguan pendengaran dengan memperkuat suara dari area frekuensi spesifik berdasarkan tingkat keparahan gangguan.

Umumnya, kompensasi awal tidak 1-1 untuk gangguan pendengaran yang diukur, tetapi diatur sesuai dengan algoritma khusus oleh perangkat lunak yang sesuai. Secara bertahap seiring penyesuaian sistem pendengaran, pasien terbiasa untuk mendengar lebih banyak suara sehingga amplifikasi akan meningkat.


Tekanan

Tekanan berarti bahwa perangkat lunak alat bantu dengar menerapkan amplifikasi berbeda berdasarkan intensitas sinyal yang masuk. Suara yang lirih akan lebih diperkuat dan suara kencang tidak akan terlalu diperkuat. Ini diperlukan karena pendengaran Anda tidak dapat menjangkau suara secara dinamis.

 

Teknologi dan Sistem Manajemen Suara

Sebagian besar kapasitas komputasi alat bantu dengar difokuskan untuk menyaring gangguan bunyi atau suara bising dari lingkungan sekitar dan memperjelas suara percakapan.

Directionality

Mikrofon alat bantu dengar modern dapat menekan sinyal dari beberapa arah. Umumnya teknologi ini diterapkan untuk menghilangkan sinyal-sinyal dari belakang atau samping jika diidentifikasi sebagai gangguan dari percakapan yang datang dari depan.

Teknologi ini membatasi jumlah informasi yang dikirim alat bantu dengar ke otak dan kemudian mempermudah pemahaman bahasa.


Peredam Kebisingan

Gangguan pendengaran membuat Anda secara bertahap tidak lagi mendengar kebisingan sekaligus suara di sekitar Anda. Oleh karenanya, sistem pendengaran Anda mungkin tidak dapat menerima kebisingan yang sama kencangnya dengan suara percakapan.

Salah satu fungsi terpenting dari alat bantu dengar modern adalah untuk mengurangi kadar suara latar atau kebisingan ke tingkat yang dapat membuat Anda nyaman menggunakan alat bantu dengar. 


Peredam Feedback

Dekatnya mikrofon dengan pengeras suara pada alat bantu dengar membuat alat ini berisiko menyebabkan feedback (suara bersiul yang mengganggu). Ini dapat terjadi jika suara yang masuk terdengar terlalu kencang di area frekuensi tertentu, tidak terpasang dengan tepat di telinga, alat disentuh, dan sebagainya. Teknologi peredam feedback dapat membantu mengurangi masalah yang mengganggu ini.

Saluran – berdasarkan perangkat lunak, PSD memecah sinyal yang masuk ke dalam 4 – 6 saluran. Keseluruhan sinyal dan kualitas fitur pemrosesan serta fleksibilitas kemudian bergantung pada jumlah saluran ini.

Performa Mikrofon Ganda – dengan mengukur sinyal-sinyal yang masuk ke mikrofon-mikrofon berbeda yang terpisahkan perbedaan waktu singkat, PSD dapat mengabaikan sinyal atau bagian sinyal dari beberapa arah. Teknologi ini dapat meningkatkan kejelasan percakapan di tengah kebisingan. 

Manajemen Gangguan Suara – perangkat lunak pada PSD mengukur isi sinyal dan kebisingan pada setiap saluran. Berdasarkan ukuran ini, alat tersebut menyaring dan melemahkan saluran di mana kebisingan berada. 

Manajemen Feedback – dengan mengukur jumlah feedback yang ada, PSD dapat membatalkan dan menghilangkannya seketika secara efektif. Tak hanya memberikan kenyamanan, fungsi ini juga penting untuk kualitas suara. 


Kemudahan Fitur-Fitur

Desain chip modern membuat alat bantu denagr anda menjadi perangkat komunikasi berteknologi tinggi yang dapat terhubung satu sama lain (kiri dengan kanan) dan dengan semua perangkat Bluetooth anda.

Alat Bantu Dengar Tanpa Kabel Dapat Berarti Besar 
Pemrograman tanpa kabel – Saat parameter pada alat bantu dengar diatur, alat ini tidak terhubung dengan kabel ke komputer. Komunikasi terjadi melalui teknologi tanpa kabel.

Kompatibilitas tanpa kabel – Transmitter memungkinkan alat bantu dengar terhubung dengan media favorit Anda seperti TV dan telepon melalui kabel.

 

Sinkronisasi Komunikasi Binaural 
Alat bantu pada telinga kiri Anda dapat berkomunikasi dengan alat bantu pada telinga kanan. Ketika Anda mengubah volume atau fungsi lain pada satu sisi, maka secara otomatis akan ada perubahan di sisi lainnya.

 

Mode Telepon Binaural
Mode telepon binaural adalah subfitur khusus dari komunikasi binaural. Jika Anda memegang gagang telepon dekat dengan alat bantu dengar Anda, telepon ini akan mengkomunikasikan percakapan ke sisi lain dan mengubah pengaturan berdasarkan preferensi yang telah Anda tentukan sebelumnya di situasi serupa.

Pemetaan Spasial Binaural
Saat ini pemetaan spasial binaural merupakan fungsi yang paling canggih dari alat bantu dengar. Alat bantu dengar pada kedua telinga Anda terus menerus berkomunikasi satu sama lain dan menyesuaikan pemrosesan sinyal berdasar sinyal yang masuk ke bagian lain. Persis seperti yang dilakukan otak jika pendengaran Anda baik. Fitur ini memudahkan pengguna untuk mendengar di tengah kebisingan dan di tengah lingkungan lain yang menantang. 

 
TOP