[10:51, 11/16/2017] Wulan:

Temui Lokasi Terdekat Kami...

ABR & ASSR

Sebagai bagian dari pemeriksaan pendengaran atau sesuai permintaan dari dokter, kami dapat melakukan beragam pemeriksaan audiologis secara subjektif dan objektif untuk orang dewasa dan anak-anak.

Pemeriksaan Objektif

Pemeriksaan objektif adalah pemeriksaan yang dilakukan tanpa memerlukan partisipasi aktif dari pasien. Beberapa pemeriksaan ini sangat berguna untuk memeriksa anak kecil yang belum mampu memberikan respon dengan benar atau untuk orang dewasa yang tidak kooperatif.

ABR & ASSR

ABR & ASSR

Seperti pure tone audiogram, ABR atau ASSR digunakan untuk memverfikasi fungsi keseluruhan dari sistem pendengaran periferal. Sebagai tambahan, pemeriksaan ini dapat digunakan untuk mengevaluasi kematangan jalur pendengaran dari telinga ke otak. Perbedaan utama dan keuntungan dari audiometri konvensional adalah dengan ABR/ASSR tidak membutuhkan kerjasama dari pasien. Hal ini membuat pemeriksaan ini lebih disukai untuk memeriksa anak kecil atau pasien yang tidak kooperatif.

Pemeriksaan ini biasanya memerlukan elektorda yang akan ditempelkan pada kulit dari tulang tengkorak, ini merupakan bagian yang dapat mengukur aktivitas listrik yang terjadi di otak saat mendengarkan suara.

Pemeriksaan akan dilakukan dengan earphone yang terpasang. Earphone ini merupakan tabung kecil yang terhubung ke loudspeaker dan dimasukkan kedalam saluran telinga. Untuk tujuan tertentu, pemeriksaan ini juga dapat dilakukan di lingkungan terbuka yang banyak suara.

Untuk pengguna implan koklea, sistem ini dapat diatur untuk mengukur sinyal yang dihasilkan oleh implan koklea.

Ini sangat berguna untuk mengevaluasi keberhasilan implan koklea jika terjadi perkembangan pendengaran yang tidak memuaskan.

Tes Subjektif

Tes subjektif adalah tes dimana respon pasien digunakan untuk mendapatkan hasil tes.

Pure Tone Audiogram

Pure Tone Audiogram

Pure tone audiogram dapat dilakukan dengan menggunakan headphone atau melalui loudspeaker.

Untuk orang dewasa, paling sering dilakukan dengan menggunakan headphone dalam dua bagian kiri dan kanan.

Bagian pertama dari pemeriksaan akan dimulai dengan kami memasangkan headphone ke telinga Anda. Anda diharapkan dapat memberitahukan kami kapanpun Anda mendengar ada suara, meskipun hanya samar-samar dan tidak jelas. Semua suara akan terdengar berbeda karena kami akan memeriksa dari frekuensi yang berbeda-beda.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pemeriksaan dan berapa banyak frekuensi yang akan diperiksa, bergantung pada tujuan pemeriksaan dan sebaik apa Anda mampu merespon.

Telinga Anda akan diperiksa secara terpisah. Kami akan mulai dengan telinga yang memiliki pendengaran lebih baik, jika kedua telinga memiliki kemampuan yang sama, biasanya kami akan memulai dengan telinga bagian kanan.

Bagian kedua dari pemeriksaan ini adalah bone conduction pure tone audiogram.

Untuk pemeriksaan ini kami akan memasangkan vibrator kecil tepat di belakang telinga Anda, pada tulang mastoid.

Pemeriksaan akan dilakukan sama seperti dengan menggunakan hedphone.

Dalam kedua tes tersebut, Anda akan diminta untuk menunjukkan ketika Anda mendengar suara, yang akan kami tandai pada lembar audiogram. Keseluruhan dari tanda ini akan memberikan kami frekuensi nada murni yang masih mampu Anda dengar.

Untuk anak-anak pemeriksaan yang sama mungkin akan dilakukan dengan bantuan mainan atau objek warna warni untuk meningkatkan kerjasama anak.

TOP