Temui Lokasi Terdekat Kami...

Langkah Awal - Rangkaian Tes Pediatrik

Implan Koklea ditujukan bagi individu yang tidak mendapatkan manfaat pendengaran yang cukup dari alat bantu dengar, dikarenakan fungsi koklea yang tidak memadai. Implan koklea membantu individu yang tidak merasakan manfaat cukup dari alat bantu dengar biasa dengan cara mengubah suara langsung menjadi impuls listrik dan mengantarkannya ke saraf pendengaran, melalui fungsi koklea.

Langkah Awal -
Rangkaian Tes Pediatrik

Langkah Awal - Rangkaian Tes Pediatrik

Rangkaian tes pediatrik yang direkomendasikan biasanya dimulai dengan Otoskopi, untuk memastikan bahwa saluran telinga normal, tidak tersumbat dan bebas kotoran. Diikuti dengan audiometri impedans (timpanometri), untuk memastikan bahwa telinga bagian tengah bebas cairan dan bekerja dengan normal. Selanjutnya, tes stapedius refleks akan dilakukan untuk memeriksa otot telinga bagian tengah dan hubungan bilateral kedua telinga. Tes ini akan memberikan indikasi objektif pertama pada tingkat gangguan pendengaran anak Anda.

Tes objektif selanjutnya, Oto Acoustic Emission (OAE), bertujuan untuk memeriksa fungsi dari sel-sel rambut yang ada didalam koklea. Hasil tes OAE yang menunjukan ‘refer’ atau ‘tidak lulus’ biasanya mengindikasikan adanya gangguan pendengaran yang terletak pada koklea. Hasil pemeriksaan ini tergantung pada usia dan kemampuan merespon anak Anda, berbagai jenis tes audiometri untuk memeriksa fungsi keseluruhan sistem pendengaran perifer anak Anda akan dilakukan.

Jika usia anak Anda masih terlalu dini untuk berpartisipasi aktif dalam prosedur tes untuk  mendapatkan hasil pemeriksaan subjektif, maka tes ABR (Auditory Brainstem Response) atau ASSR (Auditory Steady State Response) akan dilakukan.

Jika anak Anda sudah mampu berpartisipasi aktif, Free-Field Observation atau Play Audiometry akan dilakukan. Biasanya, semua metode akan digunakan secara bersamaan, untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang pendengaran anak Anda dan untuk menilai darimana masalah pendengarannya berasal, apakah dari dalam koklea atau retro koklea.

Jika anak Anda adalah kandidat implan koklea, namun diperkirakan ada masalah pada retro koklea, maka sebuah tes eABR dapat dilakukan untuk memberikan keputusan akhir apakah implan koklea akan membantu.

Percobaan Alat Bantu Dengar Pediatrik

Percobaan alat bantu dengar diberikan jika hasil pemeriksaan audiologi menunjukkan bahwa anak Anda mungkin akan mendapatkan manfaat dari amplifikasi konvensional. Percobaan alat bantu dengar seperti itu biasanya berlangsung selama 6 bulan. Selama percobaan alat bantu dengar berlangsung, kemajuan perkembangan mendengar dan bicara anak Anda akan terus kami pantau. Kami berharap perkembangan mendengar dan bicara anak Anda akan terus berlanjut tanpa hambatan. Namun, jika perkembangannya terhambat atau anak Anda terus menerus melewatkan tahap perkembangannya maka implan koklea bisa menjadi pilihan yang lebih baik.

Alat bantu dengar yang canggih biasanya memiliki harga yang sangat mahal, namun Anda tidak perlu khawatir, Pusat Alat Bantu Dengar Indonesia (ABDI) menawarkan kebijakan pengembalian 100%, jika Anda perlu meng-upgrade dari alat bantu dengar ke implan koklea.

TOP