Temui Lokasi Terdekat Kami...

Kriteria Kandidat

Implan Koklea ditujukan bagi individu yang tidak mendapatkan manfaat pendengaran yang cukup dari alat bantu dengar, dikarenakan fungsi koklea yang tidak memadai. Implan koklea membantu individu yang tidak merasakan manfaat cukup dari alat bantu dengar biasa dengan cara mengubah suara langsung menjadi impuls listrik dan mengantarkannya ke saraf pendengaran, melalui fungsi koklea.

Kriteria
Kandidat

Kriteria Kandidat

Bagi anak-anak dan orang dewasa, kriteria utama implantasi adalah apabila tidak mendapatkan manfaat yang cukup dari amplifikasi konvensional (alat bantu dengar). Namun, penentuan kandidat dan alasan dapat berbeda. Bagi anak-anak hal ini tergantung pada profil pendengaran sebagaimana yang tercantum dalam rangkaian tes audiologi dan/atau kurangnya kemajuan perkembangan pendengaran selama masa percobaan alat bantu dengar yang disertai dengan habilitasi yang rutin. Bagi orang dewasa, kriteria kandidat utama adalah apabila kemampuan berbicara tidak cukup jelas meskipun telah menggunakan alat bantu dengar yang canggih.

Kriteria Kandidat Anak-anak

Bagi anak-anak, evaluasi harus dilakukan dengan rangkaian lengkap dari penilaian pendengaran pediatrik, yang harus diulangi beberapa kali untuk memastikan bahwa semua hasil berhubungan dan mendukung satu sama lain. Jika hasil mengindikasikan gangguan pendengaran parah dan penggunaan alat bantu dengar tidak akan berhasil, implantasi bisa direkomendasikan secepat mungkin. Jika hasil tidak meyakinkan atau diperkirakan adanya masalah retro-koklea (masalah pendengaran yang terletak di jalur saraf pendengaran menuju ke otak), perlu dilakukan percobaan alat bantu dengar atau tes elektrik selanjutnya.

Kriteria Kandidat Orang Dewasa

Sebelum seorang dewasa mempertimbangkan untuk melakukan implan koklea, hal pertama yang harus selalu dilakukan adalah percobaan menggunakan alat bantu dengar. Tes audiologi saja tidak dapat menjadi faktor penentu utama bagi orang dewasa untuk mempertimbangkan implan koklea. Faktor penentu utama yang seharusnya adalah bahwa meskipun telah menggunakan alat bantu dengar yang canggih, manfaat pendengaran yang didapat tetap tidak memuaskan. Manfaat pendengaran yang dimaksud disini adalah memahami sebagaimana memahami suatu percakapan. Tes khusus bisa dilakukan untuk mengevaluasi pemahaman percakapan, namun pengalaman subjektif pasien seringkali menjadi kriteria yang menentukan.

Hubungi Kami

 

 

TOP