Temui Lokasi Terdekat Kami...

Bagaimana Cara Kerjanya?

Sistem implan koklea terdiri dari prosesor suara dan implan koklea itu sendiri.

Prosesor Suara

Prosesor suara terdiri dari mikrofon sebagai pengolah sinyal paling depan, prosesor sinyal digital dan headpiece. Prosesor suara biasanya dipakai seperti alat bantu dengar, di belakang telinga, namun dengan adanya versi off-the-ear (bisa dipakai dibagian tubuh manapun selain telinga) dan juga tersedia pilihan cara pakai lainnya.

Pengolah sinyal paling depan atau mikrofon adalah tempat dimana prosesor suara memproses semua suara yang masuk, kurang lebih fungsinya sama seperti alat bantu dengar. Namun yang membedakannya dengan alat bantu dengar adalah prosesor suara mengubah semua suara yang masuk menjadi kode yang akan dikonversi atau diubah oleh implan menjadi impuls listrik, yang akan merangsang saraf pendengaran secara langsung. Pada saat itu juga suara latar belakang yang bising akan ditahan, dan dengan teknologi multi mikrofon mampu mengurangi suara dari arah tertentu.


Headpiece

Headpiece adalah bagian yang mengirimkan sinyal dari prosesor suara ke implan. Headpiece terhubung melalui kabel ke prosesor suara dan diletakkan di sekitar implan dengan sebuah magnet. Kekuatan magnet berbeda-beda tergantung pada ketebalan kulit, kekuatan magnet ini juga berfungsi agar headpiece tidak mudah jatuh. Tersedia juga headpiece khusus yang telah terpasang mikrofon. Selain itu, headpiece dengan mikrofon juga tersedia untuk digunakan saat berenang atau untuk mendengar didalam air. Kabel headpiece hadir dalam berbagai ukuran panjang yang berbeda untuk memberikan pilihan pemakaian yang berbeda.


Implan

Implan disisipkan dibawah kulit dalam dasar tulang dangkal yang terletak di atas dan dibelakang telinga. Komponen utama implan adalah reception coil (antena), magnet, digital processing unit dan susunan elektroda dengan stimulasi elektroda masing-masing (individu). Hanya implan dari Advanced Bionics yang mampu menahan dampak benturan hingga 6 joule.

Antena menerima sinyal dari prosesor suara melalui headpiece yang terhubung.

Magnet internal terhubung melalui kulit dengan magnet berbeda yang terdapat di headpiece dan menahan headpiece pada tempatnya. Apabila suatu saat nanti diperlukan pemeriksaan MRI berdaya tinggi, magnet ini dapat dilepas dengan prosedur bedah sederhana.

Digital processing unit berfungsi mengubah sinyal yang diterima menjadi impuls listrik, diletakkan dalam casing titanium kecil untuk melindunginya dari benturan. Susunan elektroda adalah satu-satunya bagian yang dimasukkan ke dalam koklea - saraf pendengaran akan distimulasi dengan impuls listrik yang terpancar dari elektroda kecil pada ujung susunan elektroda.


Pilihan Mikrofon

Prosesor suara modern memiliki hingga 5 pilihan mikrofon berbeda.

Di bagian atas prosesor suara, terdapat dua mikrofon yang sedikit terpisah dan memiliki kemampuan secara otomatis atau berdasarkan pada pilihan pasien untuk menyaring sinyal yang tidak diinginkan dari arah tertentu. Fungsi ini terbukti unggul untuk meningkatkan kemampuan percakapan dalam kebisingan.

Perkembangan di masa yang akan datang memungkinkan prosesor suara dari kedua telinga terhubung satu sama lain dan menggunakan kedua mikrofon penerima untuk menciptakan kemampuan yang sempurna agar dapat mendengar lebih baik dalam situasi bising.

T-Mic merupakan mikrofon tambahan yang diletakkan di dalam telinga untuk mengambil sinyal suara pada ujung saluran telinga. Secara keseluruhan, ini merupakan lokasi paling alami untuk menangkap sinyal suara dan memberikan kemampuan mendengar dalam kebisingan serta kemampuan berbicara yang lebih baik. Selain itu, hal ini memungkinkan pasien untuk menggunakan telepon atau mendengarkan lagu dengan headset seperti biasa.

Mikrofon juga dapat disambungkan ke headpiece, memungkinkan prosesor suara untuk digunakan pada bagian tubuh manapun selain di telinga. Hal ini sangat bermanfaat khususnya bagi anak-anak atau selama melakukan aktifitas fisik.

Aqua mic adalah versi mikrofon headpiece yang dilengkapi dengan mikrofon aqua-phonic. Pasien dapat menggunakannya untuk mendengar ketika berada didalam dan disekitar air tanpa perlu khawatir pada lamanya aktifitas atau kualitas suara.


Strategi Pemrosesan Suara

Strategi pemrosesan suara adalah software algoritma yang bertugas untuk mengolah sinyal yang masuk dan kemudian diubah menjadi stimulus listrik. Terdapat berbagai strategi pemrosesan suara yang digunakan saat ini. Respon pasien yang berbeda atau pilihan strategi pemrosesan yang lebih disukai, menjadikan strategi pemrosesan suara yang terbaik hanya dapat ditentukan oleh pasien itu sendiri. Strategi pemrosesan suara baru dapat ditentukan atau dipilih setelah operasi pemasangan implan selesai. Semakin banyak strategi pemrosesan suara yang dapat dihasilkan dari sebuah implan, maka semakin banyak si pasien memiliki pilihan dan menemukan yang paling tepat dan nyaman untuk pendengarannya.


Konfigurasi Susunan Implan

Semua sistem implan koklea dari Advanced Bionics tersedia dalam 3 pilihan susunan implan yang berbeda.

Dokter bedah mungkin akan memilih susunan implan berdasarkan kebutuhan spesifik anak Anda atau mempertahankan sisa kemampuan pendengaran yang masih ada.

1J – biasa disebut sebagai susunan implan lurus/sederhana – untuk proses penyisipan yang paling mudah ke dalam koklea saat bedah berlangsung.

Helix – elektroda membentuk susunan melengkung alami yang menyesuaikan dengan bentuk koklea.

Mid Scala – susunan implan terbaru dari Advanced Bionics yang telah terbukti mampu mempertahankan struktur koklea dan mempertahankan sisa pendengaran.


Berenang dengan Implan Koklea dengan Aqua-mic

Hanya Advanced Bionics yang menawarkan mikrofon hidroponik, yaitu AquaMic. AquaMic tidak hanya tahan air, Anda/ anak Anda juga dapat tetap mendengar di dalam air dengan perangkat ini. Aquamic tidak memerlukan casing dan plastik pelindung tambahan atau aksesoris tambahan; cukup gunakan perangkat seperti biasa, kemudian lompat dan berenanglah didalam air lalu nikmati keceriaannya!

TOP