Masalah Pendengaran Akibat Kebisingan
Gangguan Pendengaran

Masalah Pendengaran Akibat Kebisingan

No ratings yet.

Tahukah Anda bahwa ada berbagai jenis masalah pendengaran? Seperti gangguan pendengaran konduktif atau dalam istilah lainnya yaitu Conductive Hearing Loss (CHL) dan gangguan pendengaran sensorineural atau Sensorineural Hearing Loss (SHL). Pada artikel ini, kita akan membahas sedikit lebih dalam ke tipe yang terakhir; dikenal sebagai gangguan pendengaran karena kebisingan atau Noise Induced Hearing Loss (NIHL).

Perbedaan Masalah Pendengaran Sensorineural dan Karena Kebisingan

SHL adalah hasil dari kerusakan pada mekanisme pendengaran telinga bagian dalam. SHL memiliki banyak penyebab, seperti kontak yang terlalu lama dengan suara keras, trauma, penyakit, obat-obatan tertentu, dan bahkan tumor. Dokter dapat mengobati beberapa penyebab SHL, namun salah satu penyebab gangguan pendengaran dalam SHL yang tidak dapat diobati adalah NIHL atau gangguan akibat paparan kebisingan. Karena begitu kerusakan terjadi, maka kondisi pendengaran tidak dapat kembali seperti semula. Namun, meskipun tidak dapat diobati, terjadinya gangguan pendengaran karena kebisingan ini adalah salah satu dari beberapa jenis gangguan pendengaran yang dapat dicegah.

Bagaimana Masalah Pendengaran Karena Kebisingan Dapat Terjadi?  

Jauh di telinga bagian dalam Anda, ada sel-sel rambut yang sangat kecil yang berguna untuk pendengaran kita. Gelombang suara yang  memasuki telinga akan membuat sel-sel rambut ini bergetar. Getaran-getaran ini, bekerja bersama-sama dengan bagian dalam telinga, menciptakan sinyal-sinyal listrik yang berjalan ke otak dan ditafsirkan sebagai suara. Namun, suara yang terlalu keras dapat merusak sel-sel rambut ini, yang pada akhirnya menyebabkan kematian sel. Tidak seperti sel-sel lain dalam tubuh manusia, sel-sel rambut ini tidak tumbuh kembali, sehingga kerusakan yang terjadi adalah permanen.

Penyebab Noise Induced Hearing Loss (NIHL)

NIHL memiliki dua penyebab; paparan satu kali terhadap suara yang sangat keras, seperti ledakan atau tembakan. Atau paparan yang lama terhadap suara keras dari waktu ke waktu, seperti bekerja di pabrik dengan mesin berat, dll. Tingkat penderita NIHL telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir karena teknologi telah maju. Padahal dulu mudah untuk menghindari suara keras, namun saat ini kita dikelilingi oleh suara bising tersebut: konser di taman, mendengarkan headphone dengan volume penuh, mengendarai mesin pemotong rumput di rumah, dll.

Meskipun tidak mungkin untuk mengetahui secara instan tingkat kebisingan suara pada saat tertentu, ada beberapa panduan umum yang dapat Anda ikuti:

  • Jika Anda merasa sulit untuk berdiskusi atau mendengar suara lain di lingkungan yang bising. Itu bisa menjadi tanda bahwa suara Anda dikelilingi lebih dari 85 dB.
  • Saat Anda merasa harus meluangkan waktu untuk menyesuaikan telinga setelah meninggalkan area dengan suara keras. Suara itu berpotensi berbahaya bagi telinga Anda.
  • Ketika Anda mendengarkan musik dengan headphone dan orang lain yang berdiri di sebelah Anda dapat mendengarkan musiknya. Itu berada pada tingkat yang berbahaya.

Tips Untuk Mencegah NIHL

  • Gunakan perangkat peredam bising atau gunakan penutup telinga saat mengoperasikan mesin keras di tempat kerja atau di rumah untuk mengurangi kebisingan gelombang suara yang masuk ke telinga.
  •  Jika Anda berada dalam situasi dimana Anda tidak dapat melarikan diri dari suara keras, cobalah untuk membuat jarak antara Anda dan suara untuk mengurangi kekuatan gelombang suara.
  • Setiap kali Anda bisa, turunkan volume musik atau TV Anda ke pengaturan yang nyaman yang memungkinkan Anda untuk mendengar suara-suara lain di sekitar Anda.

Bentuk terbaik untuk mencegah gangguan pendengaran dan NIHL adalah menjadwalkan pemeriksaan rutin dengan audiolog untuk memeriksa bagaimana Anda mendengar. Hubungi kami hari ini di 0800-100-2234 atau kirim pesan online kepada kami untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana kami dapat membantu Anda.

 –

Sumber : https://audiorecovery.com/blog/what-is-noise-induced-hearing-loss-oklahoma-city/

Please rate this

and share :