Peran Keluarga Saat Membeli Alat Bantu Dengar
Alat Bantu Dengar

Peran Keluarga Saat Membeli Alat Bantu Dengar

No ratings yet.

Membeli alat bantu dengar merupakan sebuah keputusan penting yang berpengaruh pada kesejahteraan Anda secara keseluruhan. Peran keluarga sangatlah penting dalam mendukung Anda selama proses adaptasi saat baru menggunakan alat bantu dengar. Bagaimanapun, gangguan pendengaran tidak hanya memengaruhi Anda, tetapi juga keluarga, teman, dan rekan kerja.

Profesional Perawatan Pendengaran memahami bahwa sebagian besar pasien mereka menyadari gangguan pendengaran mereka melalui interaksi dengan keluarga dan teman. Itulah sebabnya lebih banyak para profesional perawatan pendengaran menerapkan pendekatan yang dikenal sebagai “Family-Centered Care”. Yang mendorong keterlibatan keluarga selama konsultasi dan proses pengambilan keputusan karena beberapa alasan.

Pentingnya Kehadiran Keluarga Saat Membeli Alat Bantu Dengar

Pertama. Anda akan menerima banyak informasi dari ahli pendengaran Anda, terutama saat kunjungan awal. Membawa teman atau anggota keluarga yang membuat catatan dan mengajukan pertanyaan akan membuat Anda lebih mudah mengingat semuanya dan setelah itu berdiskusi dengan mereka secara produktif.

Kedua. Dengan mengajak orang terdekat untuk janji temu dengan audiolog Anda maka Anda akan memastikan semua orang ada di pemahaman yang sama. Kadang-kadang perspektif bisa berbeda, tetapi Anda bisa berdiskusi bersama-sama dan secara terbuka meminta pendapat mereka untuk menentukan pilihan alat bantu dengar yang sesuai dan lebih baik untuk semua orang. 

Keluarga Anda juga dapat mendengarkan instruksi tentang cara menggunakan, memelihara, dan mengatasi masalah alat bantu dengar baru Anda. Seperti mempelajari keterampilan baru yang harus disesuaikan, belajar menggunakan alat bantu dengar lebih mudah jika Anda memiliki tim yang bisa mendukung Anda.

Tidak mengherankan jika sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa pasien menghabiskan lebih sedikit waktu dalam janji tindak lanjut dan lebih puas dengan alat bantu dengar baru mereka jika mereka melibatkan anggota keluarga daripada mencoba melakukannya sendiri. Karena itu penting untuk meyakinkan anggota keluarga bahwa mereka diizinkan untuk menghadiri janji audiologi Anda. Bahkan, jelaskan bahwa Anda ingin mereka bergabung.

Anda juga harus memberi tahu profesional perawat pendengaran bahwa anggota keluarga Anda tidak hanya akan bersama Anda. Mereka juga akan mengajukan pertanyaan dan membuat catatan. Ingat, gangguan pendengaran mempengaruhi seluruh keluarga dan mengobati gangguan pendengaran tidak berbeda.

Tips Untuk Membawa Keluarga Saat Pemeriksaan Pendengaran

  • Tanyakan apakah anggota keluarga dipersilakan. Jika jawabannya “tidak”, Anda mungkin ingin mempertimbangkan kembali membuat janji temu pertama itu.
  • Selama pertemuan, harus ada tempat duduk yang nyaman untuk Anda dan anggota keluarga Anda. Jangan memaksa mereka untuk berdiri di belakang atau di samping Anda. Pastikan profesional perawat pendengaran menjawab semua pertanyaan dan masalah mereka. Anda semua di sana untuk memiliki percakapan penting dan produktif terkait gangguan pendengaran Anda.
  • Ceritakan pada audiolog dan profesional perwatan pendengaran Anda kisah perjuangan Anda dengan gangguan pendengaran, dan dorong anggota keluarga Anda untuk melakukan hal yang sama. Ini akan membantu mereka memahami tantangan yang Anda, keluarga dan teman Anda hadapi bersama. Setiap pasien adalah unik, dan para audiolog serta perawat pendengaran  harus hati-hati mempertimbangkan situasi Anda, tidak mencoba untuk memaksa Anda harus sama seperti pasien yang lain.

Di atas segalanya, sadari bahwa model Family-Centered Care adalah pendekatan untuk kesejahteraan total (bukan hanya kesehatan pendengaran) yang mengakui peran vital yang dimainkan keluarga sebagai mitra terpercaya Anda dalam mendidik diri sendiri tentang diagnosis, pilihan perawatan, dan pelaksanaan dan pemantauan perawatan tersebut.

Sumber : https://findhearing.com/first-audiology-appointment-bring-family/

Please rate this

and share :