Kenali Pilihan Jenis Baterai Alat Bantu Dengar
Alat Bantu Dengar

Kenali Pilihan Jenis Baterai Alat Bantu Dengar

No ratings yet.

Sebagai pengguna alat bantu dengar, mungkin Anda berpikiran bahwa hal terpenting kedua setelah alat bantu dengar Anda adalah baterainya. Umumnya alat bantu dengar saat ini masih menggunakan disposable battery atau baterai sekali pakai. Sebenarnya alat bantu dengar dengan teknologi baterai yang dapat diisi ulang juga sudah tersedia. Namun, dibandingkan dengan harga alat bantu dengar dengan baterai sekali pakai, alat bantu dengar yang memanfaatkan baterai lithium-ion dan silver zinc ini memiliki harga yang lebih tinggi. Bayangkan saja, kita tidak perlu membeli baterai setiap minggunya dan hanya perlu mengisi ulang dalam waktu singkat misalnya ketika kita tidur atau sedang berada di kamar mandi.

Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi alat bantu dengar sudah beralih dari analog ke digital. Hal yang disayangkan adalah, banyak konsumen yang memiliki ekspektasi bahwa akan ada baterai sekali pakai yang memiliki kapasitas lebih besar dari biasanya sehingga dapat bertahan lebih lama. Baterai sekali pakai yang mengandung Zinc-Air adalah tipe baterai yang paling banyak digunakan saat ini. Masa pakai baterai tergantung pada berbagai faktor termasuk ukuran baterai, daya yang dibutuhkan oleh perangkat itu sendiri, lama penggunaan alat bantu dengar, tingkat gangguan pendengaran, dan kondisi lingkungan tempat baterai disimpan. Faktor-faktor seperti kelembaban, suhu, dan lingkungan tempat tinggal dapat mempengaruhi daya tahan baterai. Selain itu, hal lainnya yang mempengaruhi daya tahan baterai adalah fitur dari perangkat yang dimiliki. Jika alat bantu dengar yang Anda pakai memiliki berbagi fitur canggih atau mungkin dapat terhubung ke iPhone dan beberapa aplikasi di smartphone, maka daya tahan baterai pun juga akan semakin berkurang karena fungsinya tidak hanya sekadar untuk Anda mendengarkan suara tetapi juga untuk tetap terhubung dengan aplikasi atau perangkat lainnya.

Saat ini, baterai alat bantu dengar tersedia dalam empat macam ukuran, semuanya hadir dengan label warna yang sesuai dan sudah terstandarisasi. Berikut adalah perbedaan empat macam baterai alat bantu dengar dari ukuran terkecil hingga yang paling besar.

Ukuran Label warna Jangka pemakaian (hari)
10 Kuning 3 – 5
312 Coklat 7 – 10
13 Oranye 10 – 14
675 Biru Mencapai 3 minggu

 

Please rate this

and share :