Mengunjungi Profesional Perawatan Pendengaran Selama Pandemi Covid-19
Alat Bantu Dengar Gangguan Pendengaran

Mengunjungi Profesional Perawatan Pendengaran Selama Pandemi Covid-19

Pandemi COVID-19 telah menjadi gangguan terbesar bagi masyarakat Indonesia sejak awal tahun 2020. Virus ini adalah infeksi paling luas sejak polio pada tahun 1950-an. Dunia telah mengumumkan keadaan darurat untuk mengurangi penyebaran COVID-19. Saat ini rekomendasinya adalah untuk tetap jaga jarak 1 meter dari orang lain, cuci tangan, dan menggunakan masker.

Di sisi lain, profesional kesehatan pendengaran tetap memberikan layanan penting bagi mereka yang mengalami gangguan pendengaran dan kondisi terkait. Tetapi COVID-19 telah mebuat banyak orang menunda untuk melakukan layanan non-darurat. Termasuk mengunjungi perawatan kesehatan pendengaran menjadi hal yang kurang utama. Selain itu, muncul banyak pertanyaan seperti: apakah Anda harus pergi ke rumah sakit atau klinik pribadi terdekat di kota Anda untuk layanan kesehatan pendengaran pada masa Covid-19 ini.

Tetapi sesuai dengan anjuran kondisi new normal, maka pelayanan kesehatan apapun termasuk kesehatan pendengaran bisa tetap dilakukan dengan memperhatikan beberapa  protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah setempat.

Untuk memperjelas hal tersebut, maka pada artikel ini kita akan berbagi mengenai beberapa hal yang mungkin terjadi saat Anda mempertimbangkan kembali untuk menemui profesional kesehatan pendengaran.

Prosedur Kesehatan yang Akan Diterapkan Pada Perawatan Pendengaran

  • Beberapa layanan kesehatan pendengaran mungkin menyediakan cara bagi mereka untuk memberikan layanan melalui online seminar, video atau telepon.
  • Pembatasan kontak fisik, seperti berjabat tangan.
  • Lobi mungkin ditutup, atau jumlah orang yang diizinkan hadir di outlet mungkin terbatas. Akibatnya, Anda mungkin diminta untuk menelepon dan membuat janji terlebih dahulu dan hanya datang ketika hampir tiba giliran Anda. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi penumpukan di ruang tunggu.
  • Kalaupun harus menunggu antrian, maka ruang tunggu dan ruang perawatan akan diatur sedemikian rupa untuk memastikan jarak yang aman.
  • Anda mungkin diminta untuk mengisi kuesioner kesehatan yang menanyakan apakah Anda sakit atau telah mengalami gejala yang terkait dengan COVID-19.
  • Pengukuran suhu tubuh.
  • Menggunakan hand sanitizer, menggunakan masker wajah/ face shield dan sarung tangan, begitupun dengan profesional kesehatan pendengaran Anda.
  • Prosedur tanya jawab pemeriksaan sebisa mungkin akan ditangani melalui online dan pembayaran akan disarankan untuk menggunakan kartu kredit maupun debit.

Selain masalah terkait prosedur pemeriksaan di atas, Anda juga memiliki opsi lain untuk mendapatkan layanan kesehatan pendengaran melalui drive thru. Cukup hubungi layanan perawatan pendengaran terdekat. Tanyakan apakah mereka memiliki layanan drive thru untuk beberapa masalah pendengaran Anda.

Beberapa memberikan opsi drop-off / pick-up untuk persediaan alat bantu dengar, pemrograman, konsultasi troubleshooting dan perbaikan. Selain itu, pemrograman alat bantu dengar jarak jauh tersedia untuk semua alat bantu dengar seperti Livio Edge, Livio AI dan Livio. Alat ini memungkinkan profesional untuk menyesuaikan alat bantu dengar Anda dari jarak jauh tanpa harus datang ke klinik maupun rumah sakit.

Apa yang Bisa Anda Lakukan Selama Pandemi Covid-19

Hubungi profesional kesehatan pendengaran Anda untuk mendiskusikan apa yang Anda butuhkan, dan mereka akan memberitahu Anda pilihan terbaik untuk merawat pendengaran Anda. Banyak praktik tidak lagi menerima kunjungan langsung karena penerapan kebijakan kesehatan dan keamanan yang baru.

Bersikaplah proaktif dengan protokol kesehatan dan keselamatan saat harus pergi ke tempat perawatan pendengaran. Gunakan handsanitizer/seringlah untuk cuci tangan, terapkan jarak fisik yang aman yaitu 1 meter dan kenakan masker.

Bersabarlah jika petugas membutuhkan sedikit waktu untuk melayani Anda. Hal ini bisa disebabkan karena mereka harus membersihkan setiap permukaan dan titik kontak pada sebelum dan sesudah kunjungan pasien. Pastikan untuk menelepon dulu dengan pertanyaan atau masalah yang Anda miliki. Profesional kesehatan pendengaran Anda akan memberikan prioritas utama untuk Anda dan menyediakan lingkungan yang aman bagi semua orang.

Pada akhirnya, kita tidak akan pernah tahu, sampai berapa lama kondisi ini akan terjadi. Namun satu hal yang harus kita pahami bahwa kesehatan dan kebugaran merupakan hal yang sangat penting bagi semua orang. Dan mengetahui apa yang bisa kita lakukan ketika harus mengunjungi layanan kesehatan pendengaran akan membantu menghilangkan ketakutan yang kita miliki.

Sumber  : https://www.starkey.com/blog/articles/2020/06/seeing-a-hearing-doctor-during-covid?utm_source=Starkey+SoundNews&utm_campaign=a0f42d3b63-EMAIL_CAMPAIGN_2018_08_14_03_23_COPY_01&utm_medium=email&utm_term=0_59ce41608b-a0f42d3b63-103033709&mc_cid=a0f42d3b63&mc_eid=b65fbdf51d

and share :