8 Dampak Gangguan Pendengaran yang Tidak Diatasi
Gangguan Pendengaran

8 Dampak Gangguan Pendengaran yang Tidak Diatasi

Gangguan pendengaran sama uniknya bagi setiap orang. Terdapat berbagai cara berbeda yang menjadi penyebab orang tersebut kehilangan pendengarannya. Dan ketika hal ini tidak segera ditangani, ada konsekuensi langsung dan tidak langsung. Terdapat beberapa hal terkait gangguan pendengaran yang dapat secara tidak langsung atau langsung berdampak ketika tidak ditangani. 

Dampak Gangguan Pendengaran

Gangguan Kosakata

Berbagai suara dan huruf menjadi lebih sulit untuk didengar dan dipahami ketika frekuensi hilang. Setiap huruf dan suara verbal berhubungan dengan rentang frekuensi yang unik. Dan ketika seseorang kehilangan kemampuan untuk mendengar rentang itu, dua hal terjadi. Pertama, semua bunyi, huruf, dan kata-kata yang terlibat pada frekuensi tertentu menjadi lebih sulit didengar, dipahami, dan diidentifikasi. Kedua, ketika gangguan pendengaran dibiarkan, seiring berjalannya waktu, otak menyesuaikan diri untuk tidak mendengar suara yang terkait dengan frekuensi tersebut. Kemudian, memori di otak untuk kata-kata yang sudah tidak mampu didengar itu mulai hilang secara bertahap.

Telinga dan otak bekerjasama untuk memproses suara dengan jelas. Ketika Anda kehilangan kemampuan mendengar di frekuensi tertentu, maka komunikasi akan terganggu. Sebagai contoh, katakanlah seseorang mengalami kesulitan memahami kata-kata yang melibatkan huruf S atau F. Maka otak orang tersebut akan semakin kesulitan memahami kata-kata dengan huruf-huruf yang menyertai huruf S dan F.

Suara

Pada beberapa orang, kehilangan pendengaran dapat mempengaruhi dan mengubah cara mereka menghasilkan suara. Selain itu, volume suara yang dirasakan saat mereka berbicara juga akan dirasakan berbeda.

Menikmati Musik dan Film

Bagi mereka dengan gangguan pendengaran yang tidak diatasi, akan kehilangan kemampuan untuk memahami pembicaraan dan suara dalam film, secara perlahan. Hal ini akan membuat kenikmatan menonton menjadi hilang.

Begitu banyak waktu yang dihabiskan untuk mencoba memahami apa yang dikatakan. Sehingga pada akhirnya orang kehilangan kemampuan untuk mengerti apa yang terjadi. Dan mungkin memutuskan untuk menyerah dan menatap layar dengan kosong. 

Percakapan dalam Kebisingan

Bagi mereka dengan gangguan pendengaran yang tidak diatasi, mendengarkan dan memahami di lingkungan bising, hampir mustahil dilakukan. Ketika suara-suara yang keras memenuhi telinga, mereka tidak dapat fokus pada ucapan, sekalipun dilakukan dalam jarak yang dekat.

Kinerja Kerja Terganggu Pada Orang dengan Gangguan Pendengaran

Kehilangan pendengaran dapat merusak kinerja dalam berbagai cara termasuk kesulitan mendengar di rapat-rapat penting atau panggilan telepon. Kesulitan berinteraksi dengan karyawan di tempat kerja melalui percakapan dan tidak mampu mendengar pengumuman penting yang disampaikan.

Cinta dan Persahabatan

Gangguan pendengaran yang tidak diatasi dapat menjadi masalah yang membuat stres tidak hanya bagi penderitanya. Tetapi juga bagi teman dan orang yang dicintai. Seiring waktu, hal ini bahkan dapat menyebabkan orang menjadi terisolasi dan menghindari interaksi sosial.

Kesehatan Kognitif

Masalah pendengaran telah dikaitkan dengan demensia, Alzheimer dan penurunan kemampuan kognitif secara keseluruhan.

Keamanan

Bagi mereka yang mengalami gangguan pendengaran, tidak dapat mendengar alarm kebakaran atau sirene dapat berbahaya. Hal ini dapat secara signifikan mengganggu kemampuan seseorang untuk merespons pada situasi darurat.

Gangguan pendengaran yang tidak diatasi dapat berdampak signifikan pada elemen profesional dan pribadi dalam kehidupan seseorang. Segera pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan profesional pendengaran untuk menemukan solusi yang tepat untuk Anda.

Sumber : https://www.starkey.com/blog/articles/2016/02/Untreated-hearing-loss-consequences

and share :