Apakah Gangguan Pendengaran Dapat Disembuhkan
Gangguan Pendengaran Solusi Masalah Pendengaran

Apakah Gangguan Pendengaran Dapat Disembuhkan?

No ratings yet.

Ada kabar baik dan kabar buruk terkait pertanyaan di atas. Kabar buruknya adalah sekali pendengaran Anda terganggu, maka ia tidak akan bisa kembali seperti semula. Kabar baiknya, meskipun pendengaran yang terganggu tidak dapat disembuhkan, namun masih ada kemungkinan untuk mengatasi gangguan pendengaran dengan alat bantu dengar.

Gangguan pendengaran terdiri dari berbagai jenis jika dilihat dari penyebabnya. Sejauh ini, gangguan pendengaran yang paling umum terjadi disebabkan oleh penuaan atau faktor usia. Karena sangat umum terjadi, gangguan pendengaran yang disebabkan oleh penuaan ini memiliki nama tersendiri, yakni yang sering kita kenal dengan istilah Presbikusis.

Seperti bagian tubuh lainnya, performa indera pendengaran kita juga akan menurun seiring waktu

Tahukah Anda bahwa pendengaran terbaik manusia terjadi pada retang usia 18-25 tahun? Namun sayangnya, pada saat kita mencapai “tahun emas”, sistem pendengaran akan mengalami banyak kerusakan seperti bagian tubuh lainnya yang membuatnya tidak lagi berfungsi sebaik dulu.

Awalnya, proses penuaan akan mempengaruhi pendengaran kita ketika mendengar suara bernada tinggi seperti suara anak-anak, suara wanita, dan konsonan tertentu (seperti T, S, dan F). Seseorang dengan gangguan pendengaran akan sering berpikir bahwa orang lain tampaknya hanya “bergumam” atau tidak berbicara dengan cukup jelas.

Alat bantu dengar dapat mengatasi gangguan pendengaran

Dengan alat bantu dengar masa kini, gangguan pendengaran yang disebabkan oleh faktor usia ataupun lainnya masih dapat diatasi. Teknologi digital yang ada pada alat bantu dengar memungkinkan seorang profesional pendengaran yang terlatih untuk mengatur amplifikasi yang spesifik dan akurat pada nada-nada tinggi yang menjadi masalah dalam pendengaran para orang tua.

Selain itu, teknologi digital saat ini juga memungkinkan pemrosesan suara yang masuk ke telinga menjadi lebih jelas. Dengan alat bantu dengar, ia mampu memperkuat suara-suara tertentu seperti suara ucapan, dan mengurangi suara bising yang menjadi latar belakangnya pada saat yang bersamaan.

Jadi, meskipun pendengaran yang terganggu tidak dapat dikembalikan seperti semula, gangguan pendengaran tetap dapat diatasi dengan bantuan alat bantu dengar untuk meminimalkan dampak negatif dari gangguan pendengaran yang tidak pernah terpikirkan oleh Anda sebelumnya.

Gangguan pendengaran dapat mempengaruhi kualitas hidup Anda dari berbagai aspek

Anda perlu memahami bahwa gangguan pendengaran tidak hanya mempengaruhi pendengaran Anda saja. Kualitas hidup Anda perlahan akan semakin menurun dikarenakan ketidakmampuan Anda mendengar dengan baik dan jelas. Selain Anda, orang-orang terdekat juga akan merasakan kesusahan yang sama karena tidak bisa membentuk komunikasi yang baik dengan Anda. Secara perlahan, Anda pun akan cenderung menarik diri dari aktivitas dan pertemuan sosial yang melibatkan percakapan karena Anda merasa sangat kesulitan untuk mengikuti pembicaraan yang sedang berlangsung. Tanpa disadari, proses penarikan diri tersebut berakhir pada isolasi sosial yang membuat Anda semakin sedih karena bagaimanapun juga Anda tetap membutuhkan orang lain untuk bertahan hidup. Akhirnya, depresi tidak terhindarkan. Anda mungkin tidak pernah membayangkan bahwa dampak gangguan pendengaran bisa sampai mempengaruhi kehidupan pribadi dan sosial Anda hingga seperti itu.

Maka tidak ada ruginya jika Anda mengunjungi profesional kesehatan pendengaran sekarang juga sebelum hal-hal di atas terjadi pada diri Anda. Alat bantu dengar tidak hanya membuat Anda bisa mendengar kembali, namun juga berperan untuk meningkatkan kualitas hidup Anda secara signifikan.

Cari tahu terlebih dahulu alat bantu dengar yang menjadi pilihan Anda di sini. Konsultasikan dengan seorang profresional kesehatan untuk mendapatkan solusi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup Anda.

Please rate this

and share :