Fakta : Terdapat Hubungan Antara Gangguan Pendengaran Dengan Alzheimer
Gangguan Pendengaran

Fakta : Terdapat Hubungan Antara Gangguan Pendengaran Dengan Alzheimer

No ratings yet.

Setiap keluarga yang anggotanya pernah mengalami penyakit Alzheimer tahu berapa banyak penyakit tersebut dapat mengambil alih kehidupan seseorang. Banyak peneliti telah mencurahkan waktu selama bertahun-tahun untuk mencoba lebih memahami penyakit ini. Sementara penyembuhan masih di luar jangkauan. Setiap studi baru dapat membawa kita lebih dekat untuk menyimpulkan apa yang menjadi penyebab terburuk dan apa yang mungkin dapat dilakukan orang untuk mengurangi risiko mereka atau memperlambat timbulnya.

Salah satu penelitian baru-baru ini menemukan hubungan yang berpotensi penting antara Alzheimer dan gangguan pendengaran.

Hubungan Alzheimer dan Gangguan Pendengaran

Selama beberapa tahun terakhir, para peneliti di Johns Hopkins telah melakukan penelitian mengenai bagaimana gangguan pendengaran dapat mempengaruhi penurunan kognitif. Dalam setiap kasus, mereka bertemu dengan sejumlah senior selama beberapa tahun. Dan melacak faktor apa saja yang berpotensi mengembangkan Alzheimer serta seberapa cepat penyakit ini berkembang. 

Dalam sebuah penelitian, orang dengan gangguan pendengaran 24% lebih mungkin menderita Alzheimer. Di tempat lain, mereka menemukan bahwa semakin buruk gangguan pendengaran, semakin besar kemungkinan seseorang terkena demensia.

Studi-studi ini tidak menunjukkan bahwa gangguan pendengaran itu sendiri menyebabkan demensia. Tetapi itu menunjukkan bahwa ada hubungan antara keduanya. Para peneliti memiliki beberapa teori tentang mengapa itu mungkin terjadi :

Perubahan fungsi otak

Bagian tertentu dari otak Anda yang bertugas mendengar dan memproses informasi pendengaran mungkin mulai bekerja secara berbeda ketika bagian pendengaran itu hilang (atau menjadi tegang). Hal itu menyebabkan perubahan pada bagaimana otak Anda disusun, yang bisa terkait dengan efek Alzheimer.

Beban kognitif

Ketika Anda tidak dapat mendengar dengan baik, Anda harus bekerja lebih keras untuk memahami apa yang orang katakan. Setiap percakapan yang Anda ikuti membutuhkan lebih banyak energi dan kerja mental. Jika percakapan sehari-hari saja sudah menggunakan sebagian besar energi mental yang Anda miliki, maka hanya akan ada sedikit energi yang tersisa bagi Anda untuk mengingat atau melakukan fungsi kognitif lainnya.

Isolasi sosial

Kita tahu bahwa isolasi sosial dapat memiliki beberapa efek yang sangat serius pada kesehatan fisik dan mental. Ketika sulit mendengar, akan menjadi lebih sulit untuk mempertahankan hubungan sosial. Hal ini dapat menyebabkan perasaan terasingkan dan mengalami semua efek negatif dari isolasi sosial serta rasa kesepian.

Meskipun kita tidak tahu apakah hubungan antara Alzheimer dan gangguan pendengaran disebabkan oleh salah satu dari hal-hal ini atau kombinasi keduanya. Tetapi dengan mengetahui hubungan itu ada, merupakan sebuah langkah maju menuju pengharapan untuk terhindar dari penyakit tersebut.

Baca juga : 4 cara gangguan pendengaran mempengaruhi kesehatan otak

Apa Artinya Untuk Penderita Alzheimer

Pertama-tama, penting untuk dicatat bahwa kehilangan pendengaran tidak berarti orang yang Anda cintai akan menderita Alzheimer. Banyak orang mulai mengalami kesulitan mendengar di masa-masa tua mereka dan berhasil menjalani tahun-tahun itu tanpa mengalami demensia. Tetapi tautan itu menunjukkan kepada kita bahwa jika kita dapat melakukan sesuatu untuk meminimalkan gangguan pendengaran. Ada peluang yang layak bahwa kita juga dapat meminimalkan kemungkinan terkena Alzheimer atau mengurangi tingkat keparahannya jika seseorang memang mengalaminya.

Setiap lansia yang mengalami gangguan pendengaran harus segera mengatasi masalah tersebut. Sebuah perawatan pendengaran atau penggunaan alat bantu dengar tidak hanya akan membuatnya lebih mudah untuk berkomunikasi dengan teman dan orang yang dicintai. Tetapi juga dapat membantu mereka menghindari atau mencegah Alzheimer lebih lama.

Dengan membaca artikel diatas, apakah sekarang Anda mengetahui hubungan antara Alzheimer dan gangguan pendengaran? Apakah Anda akan mencari perawatan untuk gangguan pendengaran Anda ?. Jika jawabannya “ IYA”, maka ABDI sebagai pusat penyedia alat bantu dengar no 1 di Indonesia akan dengan senang hati membantu Anda. Cukup datangi website kami di sini atau hubungi kami di no 0800-100-2234. Bersama ABDI mari kita wujudkan hidup sehat dengan pendengaran yang sehat agar terhindar dari Alzheimer.

Sumber : https://www.alzheimers.net/the-connection-between-alzheimers-and-hearing-loss/

Please rate this

and share :