Jangan Khawatir, Tidak Perlu Waktu Lama untuk Penyesuaian Awal dengan Alat Bantu Dengar Baru
Alat Bantu Dengar

Jangan Khawatir, Tidak Perlu Waktu Lama untuk Penyesuaian Awal dengan Alat Bantu Dengar Baru

5/5 (1)

Bagi Anda pengguna alat bantu dengar baru, perlu diingat bahwa saat Anda baru saja memakai alat bantu dengar maka Anda memerlukan waktu transisi untuk penyesuaiannya. Anda harus selalu membiasakan diri dan berusaha agar alat bantu dengar terasa nyaman saat digunakan sehingga dapat memberikan manfaat yang maksimal.

Keberhasilan dalam menggunakan alat bantu dengar akan sangat bergantung pada motivasi dari dalam diri Anda. Pelajari dengan seksama cara perawatan dan pemeliharaan yang dibutuhkan untuk alat bantu dengar sehingga Anda merasa nyaman ketika memakainya sepanjang hari. Memiliki  rutinitas baru sejak memakai alat bantu dengar memang membutuhkan proses penyesuaian, namun percayalah itu tidak memakan waktu lama. Sabar adalah kunci ketika Anda berada dalam masa penyesuaian dengan alat bantu dengar baru.

Proses mendengar tidak hanya melibatkan telinga

Tahukah Anda bahwa sebenarnya otak kita lah yang menerjemahkan suara yang masuk ke telinga sehingga kita bisa mendengarnya? Karena gangguan pendengaran, Anda mungkin tidak menyadari bahwa sudah lama rasanya sejak terakhir kali Anda dapat mendengar suara dengan volume yang normal. Lalu ketika Ada mencoba menggunakan alat bantu dengar untuk pertama kalinya setelah sekian lama, Anda merasa bahwa suara-suara di sekitar Anda terdengar sedikit tidak natural. Maka bersabarlah, Anda perlu waktu untuk belajar menyesuaikan diri dengan suara-suara di sekitar yang terdengar tidak seperti sebelum Anda memakai alat bantu dengar. Otak Anda mungkin memerlukan sedikit waktu untuk mengenal kembali bagian-bagian dari suara ucapan atau benda yang selama Anda lewatkan.

Teruslah berlatih!

Konsultasikan dengan profesional pendengaran Anda tentang aktivitas dan latihan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pendengaran Anda. Sebenarnya ada banyak hal yang bisa dilakukan seperti bermain online games yang dikembangkan dan dirancang secara klinis untuk untuk mempercepat proses aklimatisasi dan meningkatkan kenyamanan dalam menggunakan alat bantu dengar baru Anda. Dengan sedikit latihan tambahan, Anda dapat meningkatkan memori pendengaran, fokus perhatian Anda terhadap sesuatu, dan dapat mengenali suara ucapan dengan mudah meskipun di tempat yang ramai atau bising.

Selain memerlukan cukup waktu dan motivasi diri yang kuat, penyesuaian terhadap alat bantu dengar baru juga mengharuskan Anda untuk tetap realistis. Tidak lama lagi, alat bantu dengar Anda akan membuat proses mendengar menjadi lebih mudah dan menyenangkan sehingga  Anda pun mulai mengakui manfaat luar biasa yang ia berikan bagi Anda dan orang-orang di sekitar.

Tertarik untuk mencoba alat bantu dengar? Konsultasikan terlebih dahulu gangguan pendengaran Anda dengan profesional kesehatan pendengaran yang ada kota Anda untuk mendapatkan solusi terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup Anda.

Please rate this

and share :