Apakah Pendengaran Rusak dapat Diobati dan Kembali Normal?
Gangguan Pendengaran Pendengaran

Apakah Pendengaran Rusak dapat Diobati dan Kembali Normal?

No ratings yet.

Sangat penting untuk Anda ketahui bahwa pendengaran rusak tidak dapat dikembalikan ke keadaan semula. Namun kabar baiknya, meskipun tidak mungkin memulihkan pendengaran, Anda dapat merawat dan memperbaiki pendengaran yang rusak dengan alat bantu dengar.

Ada beberapa jenis gangguan pendengaran yang berbeda. Sejauh ini, jenis yang paling umum adalah gangguan pendengaran yang terjadi karena penuaan. Gangguan pendengaran yang berkaitan dengan usia begitu umum, dan dikenal dengan nama medis Presbikusis.

Kemampuan Pendengaran Menjadi Berkurang

Level pendengaran terbaik pada manusia adalah saat berusia 18-25 tahun. Saat kita mencapai usia yang lebih tua, sistem pendengaran akan mengalami banyak kerusakan dan kemunduran seperti bagian tubuh lainnya. Sehingga tidak berfungsi sebaik yang dulu.

Proses penuaan biasanya mempengaruhi pendengaran pada frekuensi tinggi terlebih dahulu. Suara anak-anak, suara wanita, dan huruf konsonan tertentu (seperti T, S, dan F) menjadi agak sulit untuk dibedakan. Seseorang dengan gangguan pendengaran akan sering berkomentar bahwa lawan bicaranya tidak mengucapkan kalimat secara jelas dan benar.

Alat Bantu Dengar Dapat Mengatasi Pendengaran Rusak

Saat ini Dengan hadirnya  alat bantu dengar maka hampir sebagian besar jenis gangguan pendengaran dapat teratasi. Teknologi digital memungkinkan seorang profesional pendengaran untuk memprogram jumlah amplifikasi yang spesifik dan akurat untuk mengimbangi kerusakan pendengaran.

Teknologi digital saat ini juga memungkinkan pemrosesan suara sedemikian rupa.  Sehingga kita tidak hanya dapat mengimbangi kehilangan pendengaran dengan memperkuat suara percakapan atau suara tertentu saja. Suara latar belakang  yang mengganggu juga dapat dikurangi pada saat yang bersamaan.

Jadi, pendengaran yang rusak tidak dapat dikembalikan seperti semula. Namun hal ini dapat diobati, dibantu dan ditingkatkan kemampuannya dengan penggunaan alat bantu dengar. Sehingga dampak negatif dari masalah kehilangan pendengaran terhadap penderitanya dapat sangat berkurang.

Ingin merasakan sendiri manfaat alat bantu dengar untuk kehidupan yang lebih baik? Kunjungi website kami di sini, dan dapatkan program-program bantuan Abdi yang berkomitmen untuk membantu Anda mengatasi masalah pendengaran dengan baik.

Please rate this

and share :