FaktaTentangPendengaran
Pendengaran

10 Fakta Tentang Pendengaran

No ratings yet.

Terdapat beberapa fakta tentang pendengaran yang cukup menarik untuk Anda ketahui. Namun sebelum itu, kita ketahui lebih lanjut terlebih dahulu mengenai telinga. Telinga adalah organ canggih yang mampu memproses suara dari yang hampir tidak terdengar hingga sangat keras. Telinga dapat menilai volume dan seberapa dekat atau jauh suara tersebut. Serta mengidentifikasi darimana bunyi itu berasal, dengan sangat akurat.

Sebelum kita memecah bagian dan bagian telinga, penting untuk dicatat bahwa mendengar sebagian besar terjadi di otak. Selain itu, telinga Anda menyediakan akses ke salah satu indera paling penting yaitu pendengaran. Organ-organ yang luar biasa ini membawa gelombang di udara di sekitar Anda ke otak Anda, di mana mereka dipahami sebagai suara yang berbeda. Agar proses rumit ini terjadi, setiap bagian telinga harus dalam urutan kerja yang baik.

Fakta Tentang Pendengaran

  • Tulang terkecil adalah tulang pendengaran di telinga tengah:  incus ,  maleus , dan  stapes  (juga disebut landasan, palu, dan sanggurdi).
  • Telinga bagian dalam berbentuk seperti  lingkar penghapus pensil.
  • Indera pendengaran Anda tergantung pada rambut-rambut kecil di dalam telinga Anda. Jika Anda kehilangan rambut ini, Anda kehilangan pendengaran Anda.
  • Anda tidak perlu membersihkan kotoran dari telinga Anda kecuali Anda memiliki kondisi abnormal. Telinga akan mendorong kelebihan kotoran keluar sesuai kebutuhan. Membersihkan telinga terlalu sering justru akan membuatnya terluka dan dalam beberapa kasus justru akan mendorong kotoran telinga masuk lebih dalam.
  • Sebagian besar orang yang mengalami gangguan pendengaran berusia di bawah 65 tahun. Ketika kita mengira bahwa hanya orang lanjut usia yang banyak mengidap gangguan pendengaran, kenyataannya dengan banyaknya paparan suara keras di sekitar kita membuat banyak kasus orang mengalami gangguan pendengaran di usia muda.

Baca juga :Gangguan Pendengaran Juga Dapat Dialami Generasi Muda

Fakta Menarik Lainnya

  • Penyebab nomor satu dari gangguan pendengaran adalah paparan suara yang terlalu keras (85 desibel atau lebih tinggi).
  • Pendengaran Anda dapat rusak secara permanen bahkan setelah satu paparan kebisingan sangat keras (ledakan senapan, ledakan, dll.). Kenyataannya gangguan pendengaran tidak perlu disebabkan oleh paparan suara keras secara terus menerus, bahkan satu suara yang cukup bising sudah bisa merusak pendengaran kita.
  • Telinga Anda tidak pernah berhenti mendengar, bahkan saat Anda tidur, hanya saja otak Anda mengabaikan suara yang masuk.
  • Telinga lebih dari sekadar diperlukan untuk pendengaran; mereka juga membantu Anda menjaga keseimbangan. Hal ini sudah banyak dibuktikan, bahwa orang yang kehilangan pendengaran akan mudah terjatuh atau mengalami kecelakaan karena hilangnya keseimbangan tubuh.
  • Tidak semua makhluk hidup mendengar dengan telinga. Ular menggunakan tulang rahang, ikan merespons perubahan tekanan, dan nyamuk jantan menggunakan antena.

Baca juga :Tingkat Kebisingan Suara

Jika Anda atau anggota keluarga mendapat kesulitan dengan pendengaran atau merasakan gangguan pendengaran, dan memerlukan bantuan untuk mengetahui gangguan tersebut, jangan tunggu waktu lebih lama lagi, segera datangi direktori kami di sini atau hubungi no 0800-100-2234 kami untuk menjadwalkan janji temu dengan tenaga ahli profesional perawatan pendengaran kami.

Sumber : https://www.hearingaids.com/hearing-loss-tinnitus/10-facts-about-hearing/

Please rate this

and share :