Bagian Telinga & Cara Alat Bantu Dengar Memaksimalkannya
Alat Bantu Dengar Pendengaran

Bagian Telinga & Cara Alat Bantu Dengar Memaksimalkannya

No ratings yet.

Ada tiga bagian telinga yang bekerja bersama untuk mengeluarkan suara dari sumber eksternal melalui telinga Anda ke otak Anda untuk pemrosesan informasi. Tiga bagian ini dikenal sebagai; telinga bagian dalam, tengah dan luar. Bagian dalam terdiri dari koklea, saraf pendengaran dan otak. Telinga tengah terdiri dari tulang telinga tengah yang disebut tulang pendengaran (malleus, incus, stapes). Telinga luar termasuk pinna, saluran telinga dan gendang telinga.

Bagian-Bagian Telinga

Telinga Luar

Telinga luar adalah porta panggilan pertama, dimulai dengan pinna yang memanfaatkan gelombang suara dan mengarahkannya ke saluran telinga. Saluran telinga adalah lorong sempit yang menuju gendang telinga. Suara bergerak dalam gelombang melalui lorong sempit yang disebut saluran telinga ke gendang telinga.

Telinga luar (pinna) ‘menangkap’ gelombang suara dan mengarahkannya melalui saluran telinga ke telinga tengah yang dilindungi. Gelombang suara yang masuk ini menyebabkan gendang telinga bergetar. Di sinilah proses memahami gelombang suara ini dimulai.

Telinga Tengah

Ossicles adalah rantai kecil dari tiga tulang; malleus, incus dan stapes, yang bergerak di telinga tengah dengan cara yang bergetar saat mereka bereaksi terhadap pergerakan gendang telinga. Melalui getaran ini (bayangkan kulit pada drum musik bergetar ketika Anda memukulnya), ossicles, rantai kecil tulang (malleus, incus, stapes) bergerak di telinga tengah. 

Telinga tengah terhubung ke bagian belakang hidung dan tenggorokan oleh tabung Eustachius. Ini berarti bahwa ketika orang yang Anda kasihi menguap atau menelan, tabung Eustachius dapat terbuka untuk menyamakan tekanan di kedua sisi gendang telinga dan mencegah membran dari kerusakan.

Ketika Anda mendapatkan beberapa gejala pilek dan flu, tuba Eustachius dapat tersumbat oleh lendir, menyebabkan peningkatan tekanan dan gangguan pendengaran sementara sebagai akibatnya. Sebagai akibatnya, tabung dapat tersumbat oleh lendir yang dapat menyebabkan penumpukan lendir. tekanan dan gangguan pendengaran sementara sebagai akibatnya.

Telinga Bagian Dalam

Telinga bagian dalam adalah bagian terakhir dari telinga  yang memungkinkan kita untuk menerjemahkan gelombang suara menjadi informasi yang dapat dikenali. Koklea adalah membran berbentuk spiral yang dilapisi dengan lebih dari 15.000 rambut kecil dan memiliki cairan yang bergerak di dalamnya. Ketika tulang kecil mengetuk membran koklea, cairan di dalamnya bergerak, merangsang rambut-rambut kecil dan memicu impuls saraf listrik.

Impuls ini kemudian diangkut melalui saraf pendengaran ke otak untuk diuraikan. Dari sini, terserah otak mereka untuk menafsirkan impuls-impuls itu sebagai suara yang dapat dikenali.

Bagaimana Menjaga Fungsi Telinga Dengan Alat Bantu Dengar

Seperti yang telah kita ketahui bahwa 3 bagian dari telinga diatas telah memiliki satu kesatuan yang berfungsi untuk menghantarkan bunyi dan membuat kita tidak pernah kehilangan suara-suara indah di sekitar kita. Tetapi masalahnya bagaimana jika salah satu fungsi dari telinga tersebut tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya?

Untuk mengantisipasi memburuknya masalah pendengaran dan mencegah fungsi bagian telinga lainnya ikut semakin memburuk maka dibutuhkan alat pendukung pendengaran berupa alat bantu dengar.

Dengan menggunakan alat bantu dengar, maka Anda tidak perlu khawatir jika ada bagian telinga yang tidak berjalan sebagaimana mestinya, karena alat bantu dengar dapat berfungsi sebagaimana telinga yang dapat menangkap suara untuk disampaikan kepada Anda.

Anda hanya perlu menghubungi penyedia perawatan pendengaran untuk melakukan tes dan mengetahui sebesar apa Anda telah kehilangan pendengaran tersebut. Cukup mudah dilakukan.

Sumber : https://nhc.com.au/hearing-loss/how-does-the-ear-work/parts-of-the-ear

Please rate this

and share :