Berapa Desibel Suara di Sekelilingmu? Yuk cari Tahu!
Pendengaran

Berapa Desibel Suara di Sekelilingmu? Yuk cari Tahu!

4.75/5 (4)

Telinga manusia adalah alat pendengaran yang sangat fleksibel dan luar biasa. Telinga memiliki mekanisme pintar yang dibangun untuk mengurangi sensitivitasnya sendiri ketika tingkat suara naik. Selain itu juga memiliki kemampuan luar biasa untuk menangani berbagai tingkat desibel suara yang sangat tinggi. Telinga dapat mendengar suara pin yang jatuh serta deru mesin jet yang jauh.

Meskipun telinga dapat membedakan kenaikan level antara satu atau dua pin yang jatuh. Tetapi telinga sebenarnya tidak dapat membedakan bunyi antara 10.000.000 pin dan 10.000.000.000.000 pin yang jatuh. Karena telinga itu bukan perangkat linier. Namun, telinga dapat membedakan penggandaan energi bunyi yang signifikan.

Unit Pengukuran Kebisingan

Ketika Anda mengukur tingkat kebisingan dengan pengukur tingkat suara, pada dasarnya Anda mengukur intensitas kebisingan yang disebut unit desibel (dB). Pengukur suara menggunakan layar dengan rentang desibel dan resolusi untuk mendekati kisaran dinamis telinga, biasanya rentang atas adalah gambaran dari bunyi yang tenang. Jika Anda memikirkannya, akan sangat sulit untuk membuat pengukur tingkat suara yang memiliki kinerja linier. Terutama mengingat kisaran sumber kebisingan yang akan diukur dalam lingkungan kerja. Akan sulit untuk mengawasi 14 angka yang berbeda di depan Anda! Jadi, untuk mengekspresikan level suara secara bermakna dalam angka yang lebih mudah dikelola, skala logaritmik digunakan, menggunakan 10 sebagai basis, daripada linear. Skala ini disebut skala desibel.

Pada skala desibel, suara paling pelan yang dapat didengar (dirasakan dekat keheningan total) adalah 0 dB. Suara 10 kali lebih kuat adalah 10 dB. Lalu suara 100 kali lebih kuat daripada keheningan total dekat adalah 20 dB. Suara 1.000 kali lebih kuat daripada keheningan total dekat adalah 30 dB, 40 dB dan sebagainya.

Seberapa Keras Suara Dalam Pengukuran Desibel?

  • Diam total dekat – 0 dB
  • Bisikan – 15 dB
  • Perpustakaan – 45 dB
  • Percakapan normal – 60 dB
  • Toilet dengan flushing 75-85 dB
  • Restoran berisik – 90 dB
  • Kebisingan puncak di bangsal rumah sakit – 100dB
  • Seorang bayi menangis – 110 dB
  • Mesin jet – 120 dB
  • Suara balon meletus – 157 dB

Meskipun telinga dapat membedakan kenaikan level antara satu atau dua pin yang jatuh. Ia tidak dapat membedakan antara 10.000.000.000.000 pin dan 10.000.000.000.000 pin dan bahkan 10.100.000.000.000 karena itu bukan perangkat linier. Namun, ia dapat membedakan penggandaan energi bunyi yang signifikan. Ketika suara ini digandakan, ini sama dengan kenaikan 3dB (desibel), menggunakan skala logaritmik. Dengan kata lain: setiap peningkatan 3 dB mewakili penggandaan intensitas suara atau daya akustik. Dalam konteks kerja, ini berarti bahwa peningkatan kecil dalam jumlah desibel menghasilkan perubahan besar dalam jumlah kebisingan dan potensi kerusakan pendengaran seseorang. Penggunaan unit dB memudahkan untuk mengukur desibel dan memantau perubahan suara jika kita menggunakan aturan ini.

Cari Tahu Cara Mengukur Desibel

Orang-orang mengukur desibel untuk kebisingan di tempat kerja dengan pengukur tingkat kebisingan terintegrasi atau dosemeter kebisingan. Pelatihan Pulsar Instruments Noise at Work memberikan semua yang perlu Anda ketahui tentang penggunaan instrumen pengukuran suara ini untuk mengukur dan mengelola kebisingan di tempat kerja sehingga Anda dapat tetap mematuhi Peraturan Noise yang sehat dan aman. Kami melakukan beberapa kursus berbasis di Inggris sepanjang tahun dan juga menyediakan pelatihan dalam perusahaan yang dipesan lebih dahulu.

Sumber : https://pulsarinstruments.com/en/post/understanding-decibels-decibel-scale-and-noise-measurement-units

 

Please rate this

and share :