Belajar Bahasa Isyarat Ternyata Cukup Penting
Solusi Masalah Pendengaran

Belajar Bahasa Isyarat Ternyata Cukup Penting

No ratings yet.

Komunikasi adalah sebuah hal yang kompleks dan sering menimbulkan kesalahpahaman. Bahkan ketika Anda dapat mengakses suara secara penuh, makna tetap dapat hilang atau membingungkan. Di tambah dengan adanya gangguan pendengaran ke dalam masalah penerimaan suara, maka timbulnya kesalahpahaman dalam berkomunikasi akan semakin besar. Ketika salah seorang bagian dari anggota keluarga Anda maupun Anda sendiri didiagnosis dengan gangguan pendengaran ringan hingga sedang, maka Anda sebaiknya memiliki rencana komunikasi dalam dua bahasa menggunakan alat bantu dengar dan belajar bahasa isyarat. Alat bantu dengar dapat memberi Anda kepada akses suara ucapan. Sedangkan bahasa isyarat adalah metode komunikasi aman yang dapat mengintrepretasikan secara langsung sebuah komunikasi.

Pentingnya Belajar Bahasa Isyarat Untuk Mengatasi Gangguan Pendengaran

Sebagai Pilihan Lain dalam Berkomunikasi

Ada pepatah lama yang memperingatkan, “Jangan menaruh semua telurmu dalam satu keranjang.” Dengan kata lain, jangan ambil risiko hanya dengan satu usaha. Rencana untuk memiliki bentuk komunikasi dalam dua bahasa adalah gambaran usaha untuk menghormati pepatah tersebut.

Alat bantu dengar mudah dipakai, tetapi adakalanya pada situasi tertentu Anda tidak bisa menggunakannya. Misalnya ketika beraktifitas di bawah hujan, atau berenang atau aktivitas lain yang memiliki kelembaban tinggi karena udara panas atau dingin yang berlebihan. Jika Anda tidak bisa menggunakan alat bantu dengar, maka bahasa isyarat, adalah sebuah bentuk komunikasi yang dapat Anda Andalkan untuk mengatasi hal tersebut.

Di waktu lain, infeksi telinga terkadang akan memaksa seseorang untuk berhenti memakai alat bantu dengar di satu telinga selama beberapa hari.

Dalam hal ini, dengan hanya satu alat bantu dengar yang bisa digunakan, maka seseorang tersebut harus berjuang lebih keras untuk mendengar. Karena kurang dapat menanggapi suara dengan hanya satu alat bantu dengar, maka menggunakan bahasa isyarat akan banyak membantu seseorang berkomunikasi dengan orang-orang di sekitarnya dan melakukan adaptasi.

Menghilangkan Rasa Takut Akan Hal yang Tidak Diketahui

Alasan lain mengapa penggunaan bahasa isyarat lebih disukai adalah karena ia dapat melindungi kita dari kemungkinan penggunaan bahasa yang tidak kita pahami. Terutam jika gangguan pendengaran terjadi pada fase anak-anak. Seperti banyak orang tua, kita tidak tahu penyebab gangguan pendengaran anak kita. Tidak tahu penyebabnya, dan  tidak tahu apakah gangguan itu akan berkembang. Dengan adanya penggunaan bahasa isyarat, kita telah menjamin bahwa anak kita tetap dapat berkomunikasi meskipun minim suara.

Penggunakan bahasa isyarat juga dapat memastikan bahwa anak akan mendapatkan paparan bahasa yang cukup meskipun ada kemungkinan mengalami perubahan kondisi. Dan hal ini berguna untuk melindunginya dari masalah kekurangan bahasa.

Menghindari Kekurangan Bahasa

Perampasan bahasa terjadi ketika seorang anak tidak memiliki rangsangan linguistik yang cukup selama periode kritis perkembangan bahasa mereka. Tanpa bahasa, perkembangan anak terhenti. Efek dari kekurangan bahasa bisa menjadi bencana besar dan seumur hidup. Penelitian menunjukkan bahwa hanya ada sedikit waktu untuk mendapatkan bahasa pertama secara alami. Kemungkinan itu akan tertutup sekitar usia lima atau enam tahun. Jika seorang anak tidak memiliki cukup paparan bahasa pertama pada usia lima atau enam tahun, mereka mungkin tidak akan pernah mencapai kefasihan lengkap dalam bahasa apa pun. 

Dengan adanya penggunaan dan pembelajaran bahasa isyarat, maka kita telah melakukan tindakan pencegahan. Terutama anak-anak untuk mengalami kekurangan bahasa. Bahkan pada usia 2 tahun, saat seorang anak telah didiagnosa menderita gangguan pendengaran. Mereka tetap akan memiliki perkembangan bahasa yang benar jika dapat menggunakan bahasa isyarat.

Orang tua yang memiliki pendengaran normal, dapat melakukan intervensi pada anak untuk mempelajari bahasa isyarat. Saran terbaik adalah setelah mengetahui dari audiolog bahwa hasil tes anak dinyatakan terganggu pendengarannya. Maka sejak saat itu pula, orang tua harus segera ikut mempelajari bahasa isyarat. Dan mengajarkan pada putra putri mereka disamping menggunakan solusi alat bantu dengar.

Alat bantu dengar dan bahasa isyarat adalah dua hal penting yang sangat dibutuhkan oleh hampir semua penderita gangguan pendengaran.

Anda dapat mengunjungi website ABDI untuk mengetahui lebih banyak informasi seputar alat bantu dengar dan pemeriksaan awal serta solusi bagi gangguan pendengaran dan penggunaan bahasa isayarat.

Sumber : https://www.hearinglikeme.com/why-hearing-aids-and-sign-language-are-a-happy-pair/

Please rate this

and share :