Belajar Mendengar Melalui Rehabilitasi Aural
Terapi Mendengar

Rehabilitasi Pendengaran Untuk Mengembalikan Kemampuan Mendengar

No ratings yet.

Rehabilitasi pendengaran merupakan bagian yang penting setelah seseorang membeli alat bantu dengar. Sama halnya dengan kondisi disabilitas lain yang mengharuskan penderitanya untuk mempelajari serangkaian keterampilan dengan cara baru.

Seseorang dengan gangguan pendengaran pada umumnya telah melupakan suara-suara tertentu. Baik suara yang diinginkan maupun yang tidak diinginkan (yaitu berupa kebisingan). Rehabilitasi pendengaran membantu mereka menjadi terbiasa dengan suara-suara ini lagi. Dan mengajarkan mereka beradaptasi untuk mendengarkan kembali  suara normal dan sesuai harapan dalam penggunaan alat bantu dengar baru mereka.

Apa Itu Rehabilitasi Pendengaran

Ini adalah proses mengidentifikasi dan mendiagnosis gangguan pendengaran. Menyediakan berbagai jenis terapi untuk klien yang sulit mendengar, dan menerapkan berbagai perangkat amplifikasi untuk membantu kemampuan pendengaran klien. Rehabilitasi mencakup prosedur khusus dimana setiap terapi dan perangkat memiliki tujuan untuk mengembalikan yang telah hilang. Dalm hal ini adalah kemampuan mendengar dan menyadari suara karena gangguan pendengaran yang dialami.

Rehabilitasi sering digunakan sebagai komponen integral dalam manajemen keseluruhan individu dengan gangguan pendengaran. Dan merujuk pada layanan dan prosedur untuk memfasilitasi komunikasi yang reseptif dan ekspresif yang memadai pada individu dengan masalah pendengaran. Rehabilitasi aural sering merupakan upaya interdisipliner yang melibatkan dokter, audiolog, dan ahli terapi mendengar bicara.

Bersiaplah Untuk Pendengaran yang Lebih Baik

Kebanyakan orang baru menggunakan alat bantu dengar setelah mengalami gangguan pendengaran selama beberapa tahun. Selama waktu ini, seseorang “belajar” untuk mendengar dunia pada tingkat volume yang lebih rendah. Sehingga ketika Anda menggunakan alat bantu dengar untuk pertama kalinya. Anda akan merasa kaget dengan suara yang terdengar lebih keras dan membuat tidak nyaman. Hal ini karena Anda sudah terbiasa dengan suara yang terdengar bervolume rendah.

Di sinilah pentingnya seorang profesional pendengaran untuk membimbing Anda. Dengan membantu memahami proses rehabilitasi dan menetapkan harapan yang sesuai pada berbagai tahap rehabilitasi Anda. Kemampuan Anda untuk beradaptasi dengan pendengaran baru Anda akan menjadi pengalaman yang lebih nyaman dan lebih menyenangkan.

Baca juga : Rehabilitasi Pendengaran Setelah Menggunakan Alat Bantu Dengar

Rehabilitasi Pendengaran Dapat Membuat Sebuah Perbedaan

Di ABDI, kami menawarkan program rehabilitasi pendengaran yang terbukti membantu pengguna beradaptasi dengan alat bantu dengar baru Anda. Kami menyadari bahwa menggunakan alat bantu dengar akan membutuhkan banyak arahan dan adaptasi pada awalnya. Pada tahap ini para profesional kami akan mendampingi Anda sampai Anda merasa dapat beradaptasi secara penuh dengan alat tersebut.

Beradaptasi dengan alat bantu dengar baru biasanya akan membutuhkan waktu dan bukan proses yang sebentar. Namun, dengan kesabaran, upaya dan bimbingan, harapan yang tepat dapat ditetapkan dan belajar untuk mendengar lagi dapat menjadi pengalaman indah yang akan mengubah hidup Anda!

Pernahkah Anda enggan mendapatkan alat bantu dengar tetapi sekarang mungkin ingin mencobanya? Hubungi 0800-100-2234 atau klik di sini dan kami akan menghubungkan Anda dengan profesional pendengaran setempat yang dapat menawarkan kepada Anda uji coba dan konsultasi untuk kebutuhan mendengarkan Anda  secara lebih baik lagi.

Sumber : https://www.starkey.com/blog/2019/03/The-importance-of-aural-rehabilitation

Please rate this

and share :