Mengatasi Kesulitan Mendengar Saat Menggunakan Masker
Gangguan Pendengaran

Mengatasi Kesulitan Mendengar Saat Menggunakan Masker

5/5 (1)

Berkomunikasi selama pandemi Covid-19 ini menjadi tantangan tersendiri. Tantangan ini dialami mulai dari orang yang mengalami gangguan pendengaran ringan hingga berat. Bahkan, tidak hanya bagi mereka yang memiliki masalah pendengaran, jutaan orang dengan kemampuan mendengar yang baik juga tentu akan kesulitan saat harus berkomunikasi dengan lawan bicara yang menggunakan masker dan menjaga jarak.

Ketika seseorang tidak dapat memahami apa yang dikatakan oleh lawan bicaranya, biasanya mereka akan merasa cemas. Mereka khawatir lawan bicaranya akan merasa diabaikan dan merasa frustrasi

Orang yang mengalami gangguan pendengaran berada dalam situasi yang cukup sulit selama wabah virus corona ini. Menggunakan masker memang sangat penting untuk mencegah penyebaran COVID-19. Namun, penelitian menunjukkan bahwa masker dapat meredam suara yang diucapkan dan juga membuat orang lebih sulit atau tidak dapat membaca gerak bibir. Mereka yang memiliki masalah pendengaran akan lebih kesulitan mendengar dan memahami apa yang dikatakan. Serta merasa kurang terlibat dalam percakapan dan kurang terhubung dengan orang yang berbicara.

Tantangan Yang Dialami Orang Dengan Gangguan Pendengaran Saat Menggunakan Masker

Wabah Covid-19 telah cukup banyak mengganggu setiap bagian dari kehidupan kita. Dan, kebutuhan untuk mendapatkan komunikasi dengan jelas tentunya masih tetap dibutuhkan. Kewajiban untuk menjaga jarak dan menggunakan masker dapat mengurangi volume suara dari lawan bicara kita saat melakukan sebuah percakapan.

Ketika kita menjaga jarak minimal 6 kaki, kemampuan untuk mendengar suara akan menurun secara signifikan. Saat kita menggunakan masker, suara percakapan dengan nada tinggi akan terdengar lebih rendah karena terhalang oleh masker.

Berkomunikasi dengan orang lain yang memakai masker bisa menjadi situasi yang sulit bagi orang-orang yang mengalami gangguan pendengaran. 

Mengatasi Kesulitan Mendengar Saat Menggunakan Masker

Terdapat beberapa strategi yang dapat memudahkan orang dengan gangguan pendengaran untuk berkomunikasi dengan mudah. Meskipun lawan bicaranya menggunakan masker dan menjaga jarak. Pertama, cobalah untuk berkomunikasi dengan latar belakang atau lingkungan sekitar yang hening dan minim kebisingan. Sebaiknya, berkatalah jujur dan langsung katakan jika Anda tidak mendengar yang sedang diucapkan. 

Jangan lupa untuk memeriksakan pendengaran secara rutin dan gunakan alat bantu dengar yang tepat. Penggunaan alat bantu dengar dapat membantu Anda mendengar lebih jelas meskipun lawan bicara menggunakan masker dan menjaga jarak.

Fakta bahwa menggunakan masker dapat meredam suara akan selalu menjadi masalah. Namun beberapa dampak sosial seperti kecemasan saat diajak berkomunikasi, rasa tidak nyaman berada di lingkungan sosial dan rasa malu karena tidak dapat mendengar dapat diatasi dengan menggunakan alat bantu dengar.

Jangan Ragu Untuk Meminta Bantuan

Jika masker membuat Anda lebih sulit mendengar, jangan takut untuk meminta bantuan. Minta lawan bicara untuk memperlambat dan berbicara lebih jelas. Berdirilah sedekat mungkin, dengan tetap menjaga jarak aman. Dan, jika memungkinkan, cobalah untuk menjauh dari kebisingan latar belakang. Jika Anda merasa mungkin mengalami gangguan pendengaran, pertimbangkan untuk memeriksa pendengaran Anda di outlet terdekat ABDI. Atau Anda bisa menghubungi kami di 0800 100 2234 untuk membuat reservasi pemeriksaan pendengaran dan konsultasi seputar masalah pendengaran dan komunikasi yang Anda alami.

Sumber : https://www.hearingtracker.com/news/face-masks-make-it-harder-to-hear

Please rate this

and share :