Gangguan Pendengaran Ringan yang Sering Terjadi dan Tidak Disadari
Gangguan Pendengaran

Gangguan Pendengaran Ringan yang Sering Terjadi dan Tidak Disadari

5/5 (1)

Hal yang menarik tentang gangguan pendengaran ringan adalah bahwa orang yang mengalaminya seringkali tidak menyadarinya- atau setidaknya malu untuk mengakuinya.

Biasanya, orang lainlah yang pertama kali menyadari orang terdekatnya mengalami gangguan pendengaran. Misalnya, saat volume TV yang diputar terlalu keras, atau karena mereka terus-menerus diminta untuk mengulang suara mereka sendiri atau selalu mengatakan “apa yang baru saja kamu katakan?” pada lawan bicaranya.

Pentingnya Mengatasi Gangguan Pendengaran Ringan

Dalam sebuah penelitian terhadap orang-orang berusia 60 tahun atau lebih, hampir setengah dari mereka yang menjalankan tes pendengaran menemukan fakta baru bahwa mereka mengalami gangguan pendengaran ringan. Bahkan mereka sendiri tidak pernah merasa bahwa mereka mengalami gangguan pendengaran sedikitpun.

Gangguan pendengaran umumnya terjadi secara bertahap. Diperlukan waktu bertahun-tahun untuk sampai pada titik dimana individu yang mengalaminya jelas menyadari gangguan yang ia alami. Menurut Johns Hopkins Medicine, gangguan pendengaran ringan dapat berdampak negatif pada kualitas hidup kita dan membuat penderitanya berisiko dua kali lipat untuk mengalami demensia.

Keterkaitan Kehilangan Pendengaran dan Demensia

Semakin banyak bukti yang menghubungkan kehilangan pendengaran dengan demensia. Logikanya :  “Jika Anda mengerahkan semua energi untuk mendengar. Maka Anda akan  menguras sumber daya kognitif yang dapat digunakan untuk hal-hal lain seperti memori dan perhatian.”

Gangguan pendengaran mungkin telah terjadi lebih awal (karena mungkin, gangguan pendengaran ringan yang disebabkan oleh penggunaan headphone yang semakin meningkat). Maka Anda harus melakukan pemeriksaan lebih intensif.

Hal Itu juga menjadi satu alasan lagi mengapa pencegahan terhadap gangguan  pendengaran – dan pemeriksaan pendengaran secara teratur, sangatlah penting di setiap usia.

Saran kami adalah untuk selalu waspada terhadap gangguan pendengaran dan melakukan tes pendengaran rutin secara proaktif. Anda juga harus segera mencari bantuan sebelum gangguan pendengaran yang Anda alami menjadi semakin parah. Kunjungi outlet terdekat ABDI di kota Anda untuk melakukan tes pendengaran. Atau hubungi kami disini untuk berkonsultasi gratis mengenai masalah pendengaran yang mungkin Anda atau keluarga Anda alami.

Sumber : https://www.starkey.com/blog/articles/2020/09/not-sure-i-have-hearing-loss

Please rate this

and share :