Gangguan Pendengaran Terkait Usia (Presbikusis)
Gangguan Pendengaran

Gangguan Pendengaran Terkait Dengan Usia (Presbikusis)

No ratings yet.

Apa itu Gangguan Pendengaran Terkait Usia?

Gangguan pendengaran terkait usia (presbikusis) adalah gangguan pendengaran yang terjadi secara bertahap seiring bertambahnya usia. Ini adalah salah satu kondisi paling umum yang dialami kebanyakan orang dewasa seiring bertambahnya usia. Sekitar 15% orang dewasa di Amerika atau sekitar 37,5 juta orang yang berusia 18 tahun ke atas melaporkan mengalami gangguan pendengaran, dan sekitar satu dari tiga orang yang berusia antara 65  hingga 74 tahun mengalami gangguan pendengaran. Hampir setengah dari mereka yang berusia di atas 75 tahun mengalami kesulitan mendengar.

Mengalami kesulitan mendengar dapat membuat Anda kesulitan memahami dan mengikuti nasihat dari dokter, merespon peringatan, mendengar bunyi telepon, bel pintu, dan alarm kebakaran. Gangguan pendengaran juga dapat membuat Anda kesulitan mengikuti percakapan dengan keluarga dan teman, sehingga menimbulkan perasaan terisolasi.

Seiring bertambahnya usia, gangguan pendengaran biasanya terjadi pada kedua telinga. Karena  penurunan kemampuan mendengar terjadi secara bertahap, Anda mungkin tidak menyadari bahwa Anda telah kehilangan sebagian dari kemampuan mendengar Anda.

Mengapa Pendengaran Menurun Seiring Bertambahnya Usia?

Banyak hal yang dapat memengaruhi pendengaran kita seiring bertambahnya usia. Misalnya, perubahan yang mempengaruhi pendengaran umumnya terjadi pada telinga bagian dalam. Perubahan terkait usia pada telinga tengah dan perubahan kompleks di sepanjang jalur saraf dari telinga ke otak juga dapat memengaruhi pendengaran. Paparan kebisingan dalam jangka panjang dan beberapa kondisi medis juga dapat berperan. Selain itu, penelitian baru menunjukkan bahwa gen tertentu membuat beberapa orang lebih rentan mengalami gangguan pendengaran seiring bertambahnya usia.

Kondisi-kondisi yang lebih umum terjadi pada orang lanjut usia seperti tekanan darah tinggi dan diabetes, ternyata berhubungan dengan gangguan pendengaran. Selain itu, obat-obatan yang beracun bagi sel-sel sensorik di telinga Anda (misalnya beberapa obat kemoterapi) dapat menyebabkan gangguan pendengaran. Selain itu, ada kondisi lain yang jarang terjadi namun dapat memperburuk pendengaran seiring pertambahan usia, yaitu kondisi abnormal pada telinga tengah, seperti otosklerosis (adanya pertumbuhan tulang yang tidak normal di dalam  telinga).

Dapatkah Mencegah Gangguan Pendengaran Terkait Usia?

Para ilmuwan belum mengetahui cara mencegah gangguan pendengaran yang berkaitan dengan usia. Tetapi Anda dapat melindungi pendengaran Anda dari gangguan pendengaran yang disebabkan oleh kebisingan. Sumber kebisingan yang berpotensi merusak pendengaran seperti suara musik yang keras, headphone/earbud yang digunakan dengan volume tinggi, peralatan konstruksi, kembang api, senjata api, mesin pemotong rumput, mesin las, kompresor, dan sepeda motor. Untuk membantu melindungi pendengaran Anda seiring bertambahnya usia, hindari suara keras, kurangi frekuensi paparan suara keras dan lindungi telinga Anda dengan penutup telinga seperti earplug atau earmuff.

Bagaimana Mengetahui Apakah Saya Mempunyai Masalah Pendengaran?

Tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan berikut. Jika Anda menjawab “ya” untuk dua atau lebih pertanyaan berikut, atau “kadang-kadang” untuk tiga atau lebih pertanyaan berikut, Anda mungkin mengalami gangguan pendengaran dan sebaiknya segara untuk periksakan pendengaran Anda.

  1. Apakah Anda kesulitan mendengarkan TV atau radio?
  2. Apakah Anda kesulitan mendengar saat menghadiri pesta?
  3. Apakah berbicara dengan anggota keluarga menyebabkan Anda merasa frustrasi karena sulit mendengar?
  4. Apakah saat berada bersama sekelompok orang menyebabkan Anda merasa tersisih karena sulit mendengar?
  5. Apakah saat mengunjungi teman, saudara, atau tetangga menyebabkan Anda kesulitan mengikuti percakapan karena sulit mendengar?
  6. Apakah masalah pendengaran membuat Anda merasa kesulitan?
  7. Apakah Anda merasa bahwa kesulitan mendengar membatasi atau menghambat kehidupan pribadi atau sosial Anda?
  8. Apakah Anda merasa tidak nyaman saat berbicara dengan teman atau orang lain?
  9. Apakah Anda menghindari bercakap-cakap dengan banyak orang karena sulit mendengar?
  10. Apakah karena sulit mendengar menyebabkan Anda lebih jarang mengunjungi teman, saudara, atau tetangga?

Cara Mengatasi Gangguan Pendengaran

Cara untuk mengatasi gangguan pendengaran salah satunya dengan menggunakan alat bantu dengar. Alat bantu dengar akan disesuaikan pada tingkat gangguan pendengaran Anda. Jadi, alat bantu dengar akan bekerja lebih baik sesuai dengan kebutuhan pendengaran Anda.

Segera atasi gangguan pendengaran Anda, jangan sampai gangguan pendengaran membatasi Anda dalam beraktivitas dan berikteraksi sosial. Buat janji temu dengan audiolog atau konsultan pendengaran untuk membantu mengatasi gangguan pendengaran Anda.

Sumber:
https://www.nidcd.nih.gov/health/age-related-hearing-loss

Please rate this

and share :

Leave a Reply

Your email address will not be published.