Cara Mengatasi Masalah Umum Pada Alat Bantu Dengar
Alat Bantu Dengar

Cara Mengatasi Masalah Umum Pada Alat Bantu Dengar

No ratings yet.

Alat bantu dengar adalah solusi paling umum untuk gangguan pendengaran. Jutaan orang menggunakan solusi gangguan pendengaran yang berukuran mini, sesuai kebutuhan, diprogram secara digital dan disesuaikan dengan kebutuhan pendengaran Anda. Jika Anda mengandalkan alat bantu dengar agar dapat mendengar dengan jelas setiap saat, Anda pasti tahu betapa pentingnya mengidentifikasi dan mengatasi masalah pada alat bantu dengar Anda dengan cepat. Berikut akan dijelaskan bagaimana cara mengatasi masalah paling umum yang dialami pengguna alat bantu dengar:

Alat Bantu Dengar Tidak Mengeluarkan Suara

  1. Periksa kondisi fisik alat bantu dengar. Bersihkan dengan hati-hati dan perlahan, jika ada kotoran yang menghambat mikrofon atau saluran suara. Jika ada bagian yang rusak seperti earhook yang retak atau patah, segera hubungi konsultan pendengaran Anda.
  2. Pastikan alat bantu dengar Anda aktif. Untuk alat bantu dengar dengan baterai yang dapat diisi ulang, pastikan unit pengisi daya terpasang dan Anda memasang alat bantu dengar dengan benar. Jika alat bantu dengar Anda menggunakan baterai sekali pakai, pastikan battery door tertutup dengan benar. Jika battery door tidak dapat ditutup dengan mudah, kemungkinan posisi pemasangan baterai terbalik.
  3. Meningkatkan volume dengan aplikasi atau langsung pada alat bantu dengar. Jika alat bantu dengar Anda memiliki pengatur volume manual, sesuaikan volume tersebut ke atas dan ke bawah beberapa kali untuk memastikan tombol/roda voume masih atau tetap menyala.
  4. Coba setiap program/memori/pengarturan yang ada. Jika alat bantu dengar Anda memiliki tombol untuk mengubah pengaturan, tekan tombol tersebut dan dengarkan selama beberapa menit untuk melihat apakah ada perbedaan.
  5. Alat bantu dengar dengan baterai sekali pakai. Sebelum Anda mengaktifkan baterai baru dengan melepas stiker pada baterai, periksa voltase baterai terlebih dahulu untuk memastikan baterai alat bantu dengar Anda sudah habis daya atau belum. Setelah stiker pada baterai dilepas, tunggu dua menit sebelum memasukkannya ke dalam alat bantu dengar agar ada waktu bagi udara untuk mengaktifkannya.
  6. Periksa apakah alat bantu dengar rusak atau tidak, terutama jika alat tersebut lembab/basah, karena sebagian besar alat bantu dengar tidak tahan air. Hubungi konsultan pendengaran untuk bantuan lebih lanjut.

Suara Alat Bantu Dengar Tidak Cukup Keras

  1. Periksalah alat bantu dengar secara menyeluruh mulai dari tubing, earmold, cover dan sebagainya yang dapat terlihat jelas. Apakah ada kotoran telinga yang menghalangi bukaan mikrofon atau saluran keluar suara? Jika Anda memakai alat bantu dengar model di belakang telinga (BTE) yang dilengkapi cetakan telinga/earmold dan selang/tubing. Periksa tubing untuk memastikan tidak ada retakan, sumbatan, atau kelembapan. Hubungi konsultan pendengaran jika Anda memerlukan bantuan untuk mengganti tubing, filter, atau eartip.
  2. Meningkatkan volume dengan aplikasi atau langsung pada alat bantu dengar. Jika alat bantu dengar Anda memiliki pengatur volume manual, sesuaikan dengan memutar atau menekan ke atas dan ke bawah beberapa kali untuk memastikan Anda dapat mendengar perubahan volume yang disesuaikan dengan kebutuhan dengar Anda.
  3. Mencoba program atau memori lain. Anda mungkin secara tidak sengaja beralih ke program lain yang diatur berbeda dari program biasanya.
  4. Mungkin pendengaran Anda mengalami perubahan. Jika hasil tes pendengaran terakhir Anda sudah cukup lama, Anda sebaiknya melakukan tes pendengaran kembali. Konsultan pendengaran dapat menyesuaikan alat bantu dengar Anda untuk mengakomodasi perubahan apa pun pada kemampuan pendengaran Anda.

Suara Alat Bantu Dengar Terdengar Tidak Jernih atau Terdistorsi

  1. Untuk alat bantu dengar dengan baterai sekali pakai, periksa kontak baterai. Kontak baterai adalah logam kecil yang terhubung dengan baterai ketika battery door tertutup. Periksa apakah terkorosi? Jika ya, buka dan tutup tempat baterai beberapa kali untuk membersihkan kontaknya. Kemudian ganti baterai dan lihat apakah suaranya sudah lebih baik.
  2. Mencoba program atau memori lain. Anda mungkin secara tidak sengaja beralih ke pengaturan nirkabel yang dimaksudkan untuk terhubung assistive listening device.
  3. Jika alat bantu dengar Anda rusak. Hubungi konsultan pendengaran Anda untuk bantuan lebih lanjut untuk pemecahan masalah dan perbaikan alat bantu dengar.

Alat Bantu Dengar Berdenging (Feedback)

  1. Jika alat bantu dengar Anda berdenging saat dipasang di telinga, lepaskan dan coba pasang kembali. Mungkin alat bantu dengar/earmold tidak dimasukkan dengan benar/pas.
  2. Kecilkan volumenya. Jika alat bantu dengar sudah terpasang dengan benar dan berhenti berdenging saat Anda mengecilkan volume, mungkin ada terlalu banyak suara yang keluar melalui ventilasi atau di sekitar cetakan telinga. Hubungi konsultan pendengaran Anda untuk menyesuaikan ukuran earmold Anda.
  3. Jika Anda merasa saluran telinga tersumbat oleh kotoran telinga, temui dokter THT untuk membersihkan telinga Anda secara menyeluruh. Penyumbatan ini dapat menimbulkan suara berdenging (feedback) dalam dua cara yang berbeda:
    —Anda menaikkan volume lebih tinggi dari biasanya sehingga Anda dapat mendengar melalui kotoran telinga, sehingga mengeluarkan lebih banyak suara dari biasanya, atau
    —Suara memantul dari sumbatan di saluran telinga Anda dan bocor keluar.
  4. Jika berat badan Anda menurun secara drastis, ada kemungkinan ukuran earmold/eartip Anda tidak pas lagi. Konsultan pendengaran dapat mengevaluasi dan menentukan apakah masalah tersebut dapat diatasi atau Anda perlu membuat ulang earmold/eartip.
  5. Jika Anda menggunakan alat bantu dengar model di belakang telinga (BTE) yang dilengkapi dengan earmold (cetakan telinga) dan tubing (selang), periksa tubing untuk memastikan bahwa alat tersebut tersambung sepenuhnya ke alat bantu dengar dan earmold, dan periksa apakah tubing berubah warna, keras atau retak. Masalah-masalah ini dapat menyebabkan feedback. Jika ya, hubungi konsultan pendengaran Anda untuk penggantian tubing.

Kapan Harus Menemui Konsultan Pendengaran

Jika Anda sudah mencoba tip-tip cara mengatasi masalah umum ini dan alat bantu dengar Anda masih tidak berfungsi, segera temui konsultan pendengaran untuk mendapatkan bantuan. Jika salah satu atau kedua alat bantu dengar Anda memerlukan perbaikan, tanyakan kepada konsultan pendengaran Anda apakah memungkinkan untuk meminjamkan alat bantu dengar sementara sampai alat bantu dengar Anda selesai diperbaiki.

Sebaiknya segera temui konsultan pendengaran jika tidak dapat memperbaiki sendiri alat bantu dengar Anda, untuk mengetahui apa yang harus dilakukan agar alat bantu dengar Anda diperbaiki atau dibersihkan agar berfungsi kembali seperti sedia kala.

Sumber:
https://www.healthyhearing.com/report/50736-Troubleshooting-common-hearing-aid-problems

Please rate this

and share :

Leave a Reply

Your email address will not be published.