5 Langkah untuk Pendengaran Lebih Baik
Alat Bantu Dengar

5 Langkah untuk Pendengaran Lebih Baik

No ratings yet.

Apakah gangguan pendengaran memengaruhi hubungan sosial Anda dan kualitas hidup Anda? Apakah Anda mendapati diri Anda menghindari situasi sosial yang dulunya Anda anggap menyenangkan, atau mengasingkan diri dari orang-orang yang Anda sayangi? Pendengaran sangat penting agar tetap dapat terhubung dengan sekitar. Lakukan lima langkah sederhana berikut untuk pendengaran yang lebih baik!

Langkah 1: Tes pendengaran Anda

Konsultasikan gangguan pendengaran Anda dengan mengunjungi Dokter THT/Audiologis atau konsultan pendengaran untuk melakukan pemeriksaan pendengaran secara berkala. Tes pendengaran juga dapat memberikan informasi yang berguna untuk merencanakan perawatan/penanganan yang sesuai dan membantu memperbaiki kualitas hidup Anda jika mengalami masalah pendengaran.

Langkah 2: Bergabunglah dengan Kelompok

Bergabung dengan kelompok atau komunitas seperti ini dapat memberikan dukungan emosional, informasi yang berguna, dan kesempatan untuk berbagi pengalaman serta strategi untuk mengatasi tantangan yang terkait dengan gangguan pendengaran. Gangguan pendengaran adalah kondisi fisik paling umum ketiga setelah arthritis yang dapat memengaruhi berbagai masalah sendi di tubuh dan tekanan darah tinggi yang menyerang dan dialami orang lanjut usia. Sekitar 1 juta orang di seluruh dunia mengalami gangguan pendengaran, termasuk:

  • 1 dari 3 orang berusia 60 tahun ke atas
  • 2 dari tiga orang dewasa berusia di atas 70 tahun
  • 4 dari 5 orang 85 tahun

Langkah 3: Ketahui Dampak Gangguan Pendengaran

Banyak orang mengabaikan gangguan pendengaran karena mengira dampak dari  gangguan pendengaran tidak terlalu buruk. Namun penelitian bertahun-tahun menunjukkan sebaliknya. Gangguan pendengaran yang tidak diatasi telah terbukti berdampak pada kesehatan fisik dan mental, dan kualitas hidup kita. Berikut adalah daftar masalah yang terus bertambah yang terkait dengan gangguan pendengaran, meliputi:

  • Masalah hubungan dengan orang sekitar
  • Kelelahan
  • Kecemasan
  • Isolasi sosial
  • Depresi
  • Penurunan kognitif dan demensia²

Langkah 4: Kunjungi Ahli Kesehatan Pendengaran

Jangan menunggu sampai gangguan pendengaran menyebabkan masalah yang lebih besar dan tidak dapat diperbaiki lagi. Lakukan pemeriksaan dan penanganan sesegera mungkin. Mulailah dengan membuat janji temu dengan audiologis atau konsultan pendengaran untuk tes/pemeriksaan pendengaran. Audiologis atau konsultan pendengaran memiliki pengalaman dan peralatan yang diperlukan untuk melakukan pemeriksaan pendengaran secara menyeluruh dan tepat. Untuk masalah pendengaran yang membutuhkan penanganan medis, periksakanlah kepada dokter THT Anda untuk menentukan solusi dan perawatan yang paling tepat sesuai dengan kebutuhan Anda.

Langkah 5: Mendengar Lebih Baik, Hidup Lebih Baik

Telah terbukti bahwa kesehatan pendengaran berhubungan dengan kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan dan mengatasi gangguan pendengaran memiliki banyak manfaat. Survei WebMD situs web yang menyediakan informasi kesehatan terhadap orang-orang yang mengatasi gangguan pendengarannya dengan alat bantu dengar mengonfirmasi hal berikut:

  • 7 dari 10 memakai alat bantu dengar meningkatkan hubungan mereka dengan sekitar
  • 3 dari 4 mengatakan bahwa mereka lebih percaya diri dalam lingkungan sosial
  • 8 dari 10 mengatakan bahwa dengan menggunakan alat bantu dengar dapat meningkatkan kualitas hidup mereka.

Pendengaran yang lebih baik akan berdampak pada hidup yang lebih baik juga.

Kamus Kecil
1. Arthritis: penyakit autoimun yang menyerang sendi yang menyebabkan peradangan pada sendi, jaringan di sekitar sendi, dan dapat mengenai organ lain di dalam tubuh seperti kulit dan paru.

2. Demensia: Sindrom akibat penyakit otak yang ditandai dengan penurunan progresif dalam ingatan dan area kognitif lainnya.

Sumber:
https://www.starkey.com/ /media/ConsumerSites/Files/Global/Brochures/Educational/5-Steps-to-Better-Hearing.pdf

Please rate this

and share :

Leave a Reply

Your email address will not be published.