Cara Mudah Beradaptasi dengan Alat Bantu Dengar Baru
Alat Bantu Dengar

Cara Mudah Beradaptasi dengan Alat Bantu Dengar Baru

No ratings yet.

Alat bantu dengar membantu kita merasakan kembali keindahan dan momen-momen dalam hidup. Mulai dari mendengar tangisan anggota baru di keluarga untuk pertama kalinya, hingga bersantai dengan nyaman sambil menikmati rintik hujan di jendela rumah. Namun membiasakan diri dengan alat bantu dengar baru memang membutuhkan sedikit usaha ekstra dari Anda. Tidak seperti pertama kali menggunakan kacamata yang semuanya langsung terlihat jelas saat Anda menggunakannya. Pertama kali menggunakan alat bantu dengar membutuhkan waktu, kesabaran, dan latihan.

Namun tetaplah berusaha dengan menggunakan alat bantu dengar sesering dan selama mungkin, dan Anda akan segera menikmati semua manfaat dari pendengaran yang lebih baik.

Memudahkan Penyesuaian Terhadap Alat Bantu Dengar

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk beradaptasi dengan alat bantu dengar baru mungkin bergantung pada modelnya, cara dan seberapa sering Anda menggunakannya, serta ekspektasi Anda. Dengan mempertimbangkan faktor-faktor tersebut, berikut empat hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu mempermudah penyesuaian dengan alat bantu dengar baru Anda.

1. Beri waktu

Sama seperti otak yang harus beradaptasi untuk melihat dengan kacamata baru, otak juga harus terbiasa mendengar suara lagi melalui alat bantu dengar Anda. Pada awalnya, proses ini mungkin membuat Anda lelah. Telinga Anda mungkin juga terasa “berbeda” atau terasa tidak nyaman. Tetapi itu sangat normal.

Menggunakan alat bantu dengar secara konsisten enam hingga delapan jam sehari dapat mengurangi rasa tidak nyaman. Dengan memberikan waktu pada telinga Anda untuk menyesuaikan diri dan seiring berjalannya waktu Anda akan merasa normal dan terbiasa saat menggunakan alat bantu dengar.

2. Pastikan Sudah Terpasang dengan Benar

Kenyamanan alat bantu dengar bergantung pada apakah Anda memasukkannya ke dalam telinga dengan cara yang benar.

3. Pastikan Sudah Pas dan Sesuai

Model alat bantu dengar dapat memengaruhi kesesuaian dan keyamanan saat menggunakannya. Inilah yang mungkin Anda alami dan bagaimana cara mengatasinya:

Cara Mudah Beradaptasi dengan Alat Bantu Dengar Baru
alat bantu dengar custom
  • Alat bantu dengar custom dibentuk agar sesuai dengan bentuk telinga dan dimasukkan ke dalam saluran telinga Anda. Meskipun kemungkinan tidak terlihat oleh orang lain, tetapi bagi Anda akan terasa seperti ada sesuatu di dalam telinga Anda mungkin mengganjal dan Anda mungkin mengalami ketidaknyamanan fisik bahkan yang paling buruk Anda kemungkinan akan mengalami nyeri.

Jika itu terjadi, segera konsultasikan dengan audiologis dan konsultan pendengaran Anda. Mereka dapat memeriksa kesesuaian fisik alat bantu dengar Anda dengan kebutuhan pendengaran Anda.

 

  • Alat bantu dengar standar mencakup model di belakang telinga yang terhubung dengan earmold/earbud yang dimasukkan ke telinga Anda. Pada awalnya earmold/earbud kemungkinan akan membuat Anda merasa terganggu. Tetapi rasa tidak nyaman tersebut akan hilang jika Anda mulai terbiasa menggunakannya.

Konsultasikan pada audiologis atau konsultan pendengaran Anda jika ketidaknyamanan tersebut berlangsung lebih dari beberapa hari. Mereka mungkin perlu mengganti earbud Anda dengan ukuran lain atau membuatkan Anda cetakan telinga khusus agar lebih nyaman dan aman. Jika masalah Anda ada pada selang (tubing) atau kabel receiver alat bantu dengar yang tersambung ke telinga Anda, audiologis atau konsultan pendengaran Anda dapat memperbaiki panjang atau bentuknya untuk meminimalkan gesekan dan meningkatkan kesesuaiannya agar pemakaian alat bantu dengar lebih nyaman.

  • Alat bantu dengar baru umumnya dapat menyebabkan rasa gatal atau tidak nyaman. Jika ini terjadi pada Anda, konsultasikan dengan audiologis atau konsultan pendengaran bagaimana cara mengatasinya. Penting untuk mendiskusikan gejala yang Anda alami secara terbuka dengan audiologis atau konsultan pendengaran untuk mendapatkan solusi yang paling efektif.Bagian Atas Formulir
4. Tetapkan Ekspektasi yang Realistis

Dengan adanya benda asing yang menempel di telinga Anda untuk pertama kalinya, wajar jika Anda benar-benar merasakan ketidaknyamanan untuk beberapa hari. Perlu waktu untuk terbiasa, setidaknya perlu beberapa bulan untuk Anda terbiasa. Bila sudah terbiasa Anda bahkan akan merasa seperti sedang tidak menggunakan alat bantu dengar.

Ingat, jika Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran selama periode penyesuaian dengan alat bantu dengar baru Anda, segera hubungi audiolog atau konsultan pendengaran.

Jangan menyerah! Sedikit usaha yang konsisten untuk terbiasa dengan alat bantu dengar Anda akan menghasilkan pendengaran yang lebih baik. Anda pasti bisa!

Sumber:
https://www.starkey.com/blog/articles/2023/03/getting-used-to-new-hearing-aids

Please rate this

and share :

Leave a Reply

Your email address will not be published.