Gangguan Pendengaran Bilateral dengan Satu Alat Bantu Dengar
Pendengaran

Gangguan Pendengaran Bilateral dengan Satu Alat Bantu Dengar

5/5 (1)

Tidak semua orang mengalami penurunan pendengaran yang sama pada kedua telinganya. Banyak orang mengalami Gangguan Pendengaran Bilateral Asimetris, yaitu gangguan pendengaran pada kedua telinga yang lebih parah pada salah satu telinga dibandingkan telinga yang lainnya. Untuk mengatasi penurunan pendengaran tersebut, Anda perlu menggunakan alat bantu dengar. Dengan menggunakan alat bantu dengar di kedua telinga, Anda dapat memperoleh persepsi suara yang lebih baik.

Kebanyakan ahli kesehatan pendengaran percaya bahwa penggunaan dua alat bantu dengar adalah pilihan yang ideal untuk orang dewasa dengan gangguan pendengaran simetris bilateral. Namun, penelitian yang sebelumnya secara konsisten menunjukkan bahwa sebagian besar orang dengan gangguan pendengaran bilateral lebih memilih menggunakan satu alat bantu dengar saja. Meskipun banyak orang memilih untuk menggunakan hanya satu alat bantu dengar, penting untuk diingat bahwa pendengaran binaural (dengan kedua telinga) memberikan manfaat yang lebih besar dalam memahami bicara, menentukan arah sumber suara dan jarak sumber suara dengan lebih baik, serta meningkatkan kualitas pendengaran secara keseluruhan.

Telinga Mana yang Lebih Baik Menggunakan Satu Alat Bantu Dengar?

Jika Anda mengalami Gangguan Pendengaran Bilateral Asimetris, telinga mana yang lebih baik menggunakan alat bantu dengar? Menurut penelitian dari National Center of Biotechnology Information (NCBI), jika satu alat bantu dengar akan dipasang pada salah satu sisi telinga saja maka pemasangan alat bantu dengar dapat dilakukan pada telinga yang masih lebih baik pendengarannya.

Walaupun satu alat bantu dengar dapat membantu Anda mendengar kembali pada gangguan pendengaran di dua sisi. Tetapi dengan menggunakan dua (sepasang) alat bantu dengar memiliki manfaat yang sangat besar bahkan untuk kesehatan Anda. Pengalaman mendengar Anda akan menjadi menyenangkan dan  luar biasa.

Segera kunjungi Pusat Alat Bantu Dengar untuk mendapatkan alat bantu dengar terbaik dan sesuai dengan kebutuhan pendengaran Anda. Semakin cepat gangguan pendengaran Anda diatasi, semakin Anda percaya diri menjalin komunikasi dengan orang-orang sekitar dan tidak kehilangan momen-momen berharga dalam hidup Anda.

Sumber :
https://www.starkey.co.uk/blog/articles/2018/08/can-hearing-aids-help-with-hearing-loss-in-one-ear
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3042486/

Please rate this

and share :

Leave a Reply

Your email address will not be published.