Suara Musik Keras Dapat Merusak Pendengaran
Gangguan Pendengaran Pendengaran

Suara Musik Keras dapat Merusak Pendengaran

No ratings yet.

Anda ingin tahu apakah musik keras dapat merusak pendengaran Anda?. Apakah Anda sering menggunakan headphone dengan suara yang keras? Mungkin orang tua atau orang-orang di sekitarmu pernah berkata, “Kurangi suara musiknya sebelum kamu menjadi tuli!” Ya, mereka ada benarnya. Suara keras (dari musik atau benda lainnya, seperti mesin pemotong rumput atau mesin jet) dapat merusak pendengaran dan menyebabkan gangguan pendengaran sementara maupun permanen.

Gangguan pendengaran berarti seseorang tidak dapat mendengar sebaik orang dengan pendengaran normal. Bahkan bagi sebagian orang, gangguan pendengaran berarti tidak bisa mendengar sama sekali.

Jika kebisingan di sekitar Anda sangat keras sehingga Anda harus berteriak agar dapat terdengar, kemungkinan besar Anda akan mengalami kesulitan mendengar. Suara keras dapat merusak bagian telinga dalam yang memproses suara menjadi sinyal listrik dan dan mengirimkan sinyal tersebut ke otak. Bagian ini disebut koklea, dan jika terpapar suara yang terlalu keras atau suara keras terus-menerus dapat menyebabkan kerusakan permanen pada sel-sel rambut halus di dalam koklea. Gangguan pendengaran sementara dapat terjadi saat Anda berada di sekitar suara keras. Jika Anda mengalami gangguan pendengaran sementara, Anda tidak akan dapat mendengar sebaik biasanya untuk sementara waktu.

Tidak Hanya Gangguan Pendengaran

Anda juga mungkin akan mengalami tinitus yang merupakan istilah medis untuk telinga berdenging. Telinga Anda mungkin juga terasa seperti “penuh”. Jangan khawatir, hal ini akan membaik. Namun gangguan pendengaran bisa menjadi permanen jika Anda mendengarkan musik keras atau mendengar suara keras berulang kali atau dalam waktu yang lama dan berulang. Untuk membantu mencegah gangguan pendengaran, kurangi volume suara dan kenakan pelindung telinga saat Anda berada di dekat kebisingan yang keras.

Jika seseorang sering berada di dekat suara keras dalam jangka waktu lama, gangguan pendengaran permanen dapat terjadi. Ini berarti pendengaran seseorang tidak akan sebaik dulu. Itu sebabnya pekerja konstruksi dan pekerja pabrik perlu menggunakan pelindung telinga. Mesin pemotong rumput dan peralatan listrik, seperti gergaji mesin, memiliki suara yang cukup keras sehingga menyebabkan tinitus dan gangguan pendengaran.

Terlalu sering mendengarkan musik keras juga dapat menyebabkan kerusakan yang sama, terutama jika Anda menggunakan headphone atau ear bud. Beberapa musisi terkenal kehilangan pendengarannya dan mengalami tinitus yang tidak kunjung hilang. Itu sebabnya beberapa musisi menggunakan pelindung telinga  saat mereka latihan atau konser. Upaya tersebut bertujuan untuk melindungi pendengaran mereka dari dampak negatif suara yang keras selama latihan atau konser.

Gunakan Pelindung Pendengaran

Anda juga dapat membantu menjaga kesehatan pendengaran Anda. Lindungi telinga Anda dengan mengenakan pelindung pendengaran seperti earplug atau earmuff saat Anda memotong rumput atau berada di sekitar suara bising. Perlu diingat juga untuk mengecilkan volume, terutama saat Anda sedang menggunakan headphone atau ear bud atau mendengarkan musik di dalam mobil. Anda juga disarankan untuk mengistirahatkan telinga Anda dengan tidak menggunakan headphone atau ear bud sepanjang waktu. Upaya-upaya ini dapat membantu mencegah kerusakan pendengaran dan masalah pendengaran lainnya.

Dan jika Anda pergi ke konser, kenakan penutup telinga untuk melindungi pendengaran Anda dari suara-suara keras!. Jika Anda sering menghadiri konser atau jika Anda sendiri adalah seorang musisi, Anda dapat menggunakan earplug khusus yang dapat dibuat khusus untuk Anda. Lakukan pemeriksaan pendengaran secara berkala agar Anda dapat mengetahui apakah Anda mengalami penurunan pendengaran. Jagalah telingamu sekarang dan kamu tidak perlu meminta orang lain untuk mengulang ucapannya nanti. Melindungi pendengaran Anda adalah Langkah penting untuk menjaga kesehatan pendengaran Anda dalam jangka panjang.

Sumber :
Bisakah Musik Keras Menyakiti Telinga Saya? (untuk Anak-Anak) – Nemours KidsHealth

Please rate this

and share :

Leave a Reply

Your email address will not be published.