Pemrograman Alat Bantu Dengar Anda
Alat Bantu Dengar

Pemrograman Alat Bantu Dengar Anda

No ratings yet.

Pemrograman pada alat bantu dengar dapat membantu Anda mendengar lebih baik di tempat yang sering Anda kunjungi. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Yuk, Simak penjelasannya berikut ini.

Untuk pengalaman mendengarkan yang lebih baik, teknologi canggih pada alat bantu dengar saat ini memberi kita kemampuan untuk menyesuaikan suara kapan pun kita membutuhkannya. Cara yang cepat dan nyaman untuk melakukan hal ini adalah dengan memanfaatkan salah satu fungsi yang ada pada alat bantu dengar yaitu Program Alat Bantu Dengar. Beberapa manfaat utamanya meliputi:

  1. Penyesuaian Suara: program alat bantu dengar memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan pengaturan suara sesuai dengan preferensi dan kebutuhan mereka.
  2. Penyesuaian Lingkungan: program yang sesuai, alat bantu dengar dapat diatur untuk berkinerja lebih baik di lingkungan yang berbeda, seperti tempat ramai, ruang yang tenang, atau di luar ruangan.
  3. Penyaringan Suara: program alat bantu dengar dapat meningkatkan kualitas suara secara keseluruhan, membuat suara lebih jelas dan mudah dipahami.

Apa Saja Program Alat Bantu Dengar?

Bagi mereka yang belum mengetahui apa itu program alat bantu dengar, Program Alat Bantu Dengar adalah pengaturan suara yang telah ditentukan sebelumnya dengan proses komputerisasi yang dirancang untuk membantu Anda mendengar lebih baik di lingkungan tertentu (di dalam atau di luar ruangan). Tergantung pada kebutuhan pendengaran dan gaya hidup Anda. Anda mungkin memiliki program yang dapat disesuaikan jika Anda berada di luar ruangan saat berjalan-jalan sehari-hari dengan memilih “Outdoor”, atau program untuk sering digunakan di tempat kerja dengan memilih “Meeting”.

Mengapa Sebaiknya Alat Bantu Dengar Memiliki Program?

Anda berada di banyak lingkungan mendengar yang berbeda setiap hari. Misalnya di lingkungan yang berisik seperti konser, acara olahraga, atau tempat yang dipenuhi dengan kebisingan suara latar belakang seperti di restoran atau pertemuan keluarga.

Dengan Pemrograman, Anda memperoleh keleluasaan untuk dapat mendengar secara optimal dari lingkungan satu ke lingkungan yang berbeda dengan cepat dan mudah. Jadi, Anda dapat dengan percaya diri berpartisipasi dalam setiap kondisi tanpa melewatkan momen apa pun. Dengan program yang tepat, alat bantu dengar dapat menjadi alat yang sangat efektif dalam meningkatkan kualitas hidup bagi Anda yang mengalami masalah pendengaran.

Cara Kerja Alat Bantu Dengar yang Terprogram

Menggunakan program alat bantu dengar itu mudah. Cukup pilih program yang sesuai dengan lingkungan Anda berada. Misalnya Anda menghabiskan waktu di kedai kopi favorit Anda, pilih program “Coffee shop”. Maka pengaturan pada alat bantu dengar Anda akan langsung berubah dari program sebelumnya, untuk memberikan Anda suara terbaik yang dibutuhkan saat di kedai kopi tersebut.

Jenis Program Alat Bantu Dengar

Ada dua jenis program yang dapat Anda gunakan, yaitu profesional dan khusus.

  1. Profesional

Program profesional adalah program umum yang diatur oleh audiologis atau konsultan pendengaran Anda saat Anda membeli alat bantu dengar. Audiologis  atau konsultan pendengaran membuat program berdasarkan kebutuhan dan gaya hidup Anda saat konsultasi dengan Anda. Contohnya dapat mencakup “Personal/Normal” (pengaturan pendengaran sehari-hari), “Meeting” (saat di kantor), “Restaurant” (untuk makan di luar), “Outdoor” (untuk bersepeda sehari-hari), dan sebagainya.

Bagi banyak orang, hanya memerlukan program yang dibuat oleh audiologis atau konsultan pendengaran.

  1. Khusus

Program khusus diperuntukkan bagi orang-orang yang lebih nyaman mengutak-atik alat bantu dengarnya sendiri. Ini adalah program yang Anda buat untuk lingkungan tertentu yang sering Anda gunakan dengan aplikasi. Contohnya bisa berupa “Coffee shop”, “Gym”, “Shopping mall”, atau lainnya.
(Catatan: Program khusus hanya tersedia pada alat bantu dengar yang terhubung ke smartphone dan memiliki aplikasi pengaturan sendiri).

Menggunakan Program Alat Bantu Dengar

Sebagai bagian dari proses menggunakan alat bantu dengar baru, audiologis atau konsultan pendengaran akan membantu Anda menentukan program terbaik untuk kebutuhan dan cara pengoperasiannya yang tepat untuk Anda.

Ada berbagai cara untuk mengoperasikan program yang dapat Anda diskusikan, mulai dari menggunakan tombol kontrol pengguna pada alat bantu dengar Anda hingga menggunakan remote control alat bantu dengar. Namun salah satu cara paling sederhana untuk menggunakan program alat bantu dengar adalah melalui aplikasi. Dengan aplikasi akan memberi Anda kendali penuh atas program alat bantu dengar Anda. Ditambah keuntungan dengan membuat pemrograman khusus untuk lingkungan spesifik pilihan Anda.

Bantuan Menggunakan Program

Butuh bantuan untuk memulai atau menggunakan pemrograman alat bantu dengar Anda? Hubungi audiologis atau konsultan pendengaran terdekat. Mereka akan dengan senang hati memandu Anda dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang Anda utarakan.

Sumber :
https://www.starkey.com/blog/articles/2023/08/how-to-use-programs-on-your-hearing-aids

Please rate this

and share :

Leave a Reply

Your email address will not be published.