Manfaat Mendengar dengan Kedua Telinga
Pendengaran

Manfaat Mendengar dengan Kedua Telinga (Binaural)

5/5 (1)

Seorang filsuf Yunani pernah berkata, “Kita memiliki dua telinga dan satu mulut agar kita bisa lebih banyak mendengar dari pada berbicara”. Tentu saja ini pelajaran yang penting meskipun ini bukan alasan yang sebenarnya kenapa kita memiliki dua telinga. Alasan kita memiliki dua telinga sama dengan mengapa kita memiliki dua mata. Berikut ini adalah manfaat dari berbagai sisi yang kita dapatkan jika mendengar dengan kedua telinga.

  • Keamanan : Ketika seseorang hanya mendengar dengan satu telinga, menemukan sumber suara ketika berada di keramaian lalu lintas cukup menyulitkan dan dapat menjadi masalah.
  • Meningkatkan pemahaman suara ucapan : Binaural membantu kita untuk menyortir dan memahami suara seseorang. Rima, melodi, dan bahasa isyarat sangat tergantung pada pendengaran binaural.
  • Kedua telinga tetap aktif : Ketika seseorang yang menderita gangguan pendengaran di kedua telinganya namun hanya menggunakan alat bantu dengar pada satu telinga saja, maka telinga lainnya yang tidak menggunakan alat bantu dengar akan cenderung kehilangan kemampuannya untuk mendengar dan memahami suara percakapan dengan lebih cepat.
  • Melindungi dari suara keras : Gelegar suara keras yang tiba-tiba akan terdengar lebih pelan jika didengarkan dengan kedua telinga.
  • Identifikasi frekuensi suara yang lebih baik : Banyak suara yang terdengar mirip ketika hanya didengar menggunakan satu telinga. Dengan mendengar menggunakan kedua telinga, suara-suara tersebut dapat didentifikasi dengan lebih mudah.
  • Kualitas suara atau bunyi yang lebih lembut : Pendengaran binaural hanya membutuhkan volume suara yang pelan. Selain itu, mendengarkan suara atau musik dengan kedua telinga akan terasa lebih alami dan nyaman.
  • Mendengar dari kedua sisi : Mendengar dengan kedua telinga memungkinkan Anda untuk menikmati kehidupan sosial yang lebih normal.

Menghindari hilangnya pendengaran

Ketika Anda berhenti menggunakan salah satu bagian tubuh Anda, maka tidak butuh waktu lama sampai bagian tersebut melemah atau bahkan berhenti berfungsi.

Dengan menggunakan alat bantu dengar di kedua telinga, Anda dapat memastikan stimulasi yang tepat dan konsisten dari keseluruhan sistem pendengaran Anda, yang membantu mencegah hilangnya pendengaran.

Untuk menikmati keseimbangan yang nyata dalam mendengar dan memahami semua komponen dari informasi yang berbentuk suara, maka KEDUA telinga harus menyediakan stimulasi auditori, sehingga otak kita dapat menghadirkan gambaran suara yang lengkap.

Kita memiliki dua telinga untuk suatu alasan

Gangguan pendengaran memang dapat terjadi pada satu telinga. Akan tetapi, umumnya seseorang menderita gangguan pendengaran pada kedua telinganya namun satu telinganya memiliki kemampuan mendengar sedikit lebih baik.

Gangguan pendengaran pada kedua telinga jauh lebih umum daripada gangguan pendengaran pada satu telinga -dan ini adalah alasan lain mengapa para spesialis kesehatan pendengaran selalu merekomendasikan untuk menggunakan dua buah alat bantu dengar pada setiap kasus pasien mereka.

Pengalaman mendengar yang lebih natural

Kejernihan dalam melihat, bidang pandang, dan kedalaman penglihatan bergantung pada kedua mata. Hal ini juga sama dengan pendengaran. Mendengar dengan kedua telinga memungkinkan pengalaman mendengar yang penuh, kaya, dan seimbang. Itulah mengapa penting menggunakan dua alat bantu dengar, meskipun Anda hanya menderita gangguan pendengaran pada satu telinga saja.

Berterimakasihlah pada kemajuan sains dan teknologi karena alat bantu dengar terbaik masa kini telah dilengkapi dengan fitur komunikasi satu sama lain dan bekerja bersama (dikenal dengan “komunikasi-telinga-ke-telinga”) Hasilnya? Lebih baik dan mendengar dengan lebih natural.

 

Please rate this

and share :