Keuntungan Pendengaran Sehat
Pendengaran

Keuntungan Pendengaran Sehat

No ratings yet.

Tahukah Anda bahwa memiliki pendengaran sehat berbanding lurus dengan kemampuan bekerja yang lebih baik. Ketika kita membicarakan masalah masa kerja yang lebih lama atau bekerja setelah masa pensiun tiba maka rata-rata kita akan sepakat bahwa semua hal itu akan dapat memberi kita keuntungan seperti hidup lebih lama, menjaga otak tetap bugar, mengurangi isolasi dan depresi, dan memperkuat identitas. Semakin banyak kita membicarakannya, semakin banyak kita melihat persamaan antara bekerja di masa pensiun dan memiliki pendengaran yang lebih baik.

Fakta Pendengaran Sehat

Sebuah studi 2007 oleh Better Hearing Institute menemukan bahwa pekerja paling terpengaruh oleh gangguan pendengaran selama panggilan telepon dan percakapan dengan rekan kerja. Sebaliknya, hampir 7 dari 10 peserta melaporkan peningkatan dalam kemampuan mereka untuk berkomunikasi secara efektif ketika mereka menggunakan alat bantu dengar. Untuk pekerjaan di mana komunikasi sangat penting, mengobati gangguan pendengaran dapat membayar memberi banyak keuntungan.

Hidup Lebih Lama

Para peneliti di Oregon State University menemukan bahwa orang dewasa yang sehat yang pensiun satu tahun melewati usia 65 memiliki risiko kematian 11 persen lebih rendah dari semua penyebab. Bahkan ketika memperhitungkan masalah demografi, gaya hidup, dan kesehatan. Studi ini juga menemukan bahwa orang dewasa yang menggambarkan diri mereka tidak sehat cenderung hidup lebih lama jika mereka tetap bekerja. Hal ini menunjukkan bahwa faktor-faktor di luar kesehatan dapat memengaruhi kematian setelah pensiun.

Menjaga Kesehatan Otak

Penelitian baru-baru ini telah memberikan banyak informasi baru tentang gangguan pendengaran dan otak. Mulai dari dimana pendengaran benar-benar terjadi – di otak, bukan di telinga. Hingga bagaimana gangguan pendengaran dapat menyebabkan masalah seperti demensia dan depresi.

Dalam sebuah studi kohort longitudinal University of Utah terhadap lebih dari 4.400 orang dewasa. Otolaryngologist dan profesor Dr. Richard Gurgel dan timnya menemukan bahwa subjek dengan gangguan pendengaran mengembangkan demensia pada tingkat yang lebih tinggi. Hal ini jika dibandingkan dengan rekan pendengarannya yang normal. Studi ini, yang diterbitkan pada tahun 2014, juga menyarankan yang berikut:

  • Orang dengan gangguan pendengaran dapat mengalami onset awal penurunan kognitif.
  • Orang dengan gangguan pendengaran dapat mengalami keparahan penurunan kognitif yang lebih besar.
  • Gangguan pendengaran mungkin menjadi penanda penurunan kognitif di antara orang yang berusia 65 tahun ke atas.

Mengurangi Isolasi dan Depresi

Individu yang tidak dapat memahami atau mendengar apa yang orang lain katakan kadang-kadang memilih untuk menghindari situasi sosial sepenuhnya.Ddaripada meminta orang lain untuk mengulangi sendiri – terutama dalam situasi di mana kebisingan latar belakang sangat signifikan. Menghindari acara sosial dengan teman dan keluarga memulai proses isolasi sosial yang berkontribusi terhadap kesepian dan depresi. Dua faktor yang telah menjadi lebih umum pada mereka yang mengalami gangguan pendengaran.

Alat bantu dengar sekarang dapat beradaptasi dengan lingkungan yang bising itu, membantu mereka yang memilih pendengaran yang lebih baik untuk bersenang-senang.

Memperkuat Identitas

Hilangnya kemandirian adalah alasan signifikan lainnya untuk ketidakpuasan dengan beberapa aspek kehidupan. Tidak ingin untuk terlibat dalam kegiatan sosial adalah salah satu faktor. Orang-orang dari segala usia dengan gangguan pendengaran juga lebih mungkin membutuhkan bantuan untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Seperti menyiapkan makanan, berbelanja, dan menangani uang. Orang yang berusia di atas 70 tahun yang mengalami gangguan pendengaran sekitar sepertiga lebih mungkin membutuhkan bantuan untuk berbelanja dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki gangguan pendengaran.

Sumber : https://www.lafayettehearingcenter.com/blog/4-surprising-ways-better-hearing-can-help-live-longer/

Please rate this

and share :