Apakah Berbagi Earbud Aman Bagi Pendengaran?
Gangguan Pendengaran Pendengaran

Apakah Berbagi Earbud Aman Bagi Pendengaran?

5/5 (1)

Pada setiap penerbangan yang kita lakukan, kita sering melihat sekeliling dan memperhatikan bahwa rata-rata setiap penumpang membawa earbud atau headphone milik mereka sendiri.  Sepertinya semua orang, saat ini mulai mengenal kegunaan earbud dan memilih untuk membawa sendiri ketimbang menggunakan fasilitas bersama yang telah disediakan.

Seperti yang kita ketahui, membawa earbud kemana-mana berarti akan terpapar ke banyak permukaan yang berbeda. Selain itu juga meningkatkan kemungkinan adanya bakteri dari meja, meja baki, bahkan tas tempat biasanya kita meletakkan alat tersebut begitu saja.

Earbud tidak hanya bersentuhan dengan permukaan yang terkontaminasi. Penelitian menunjukkan bahwa hanya dengan menggunakan earbud, sesungguhnya kita telah meningkatkan jumlah bakteri di telinga kita sebanyak 11 kali lipat. Hal itu dikarenakan memakai earbud membuat kelembaban dan panas terjebak di saluran telinga. Hal ini menciptakan lingkungan yang sempurna bagi bakteri untuk berkembang.

Bakteri Buruk, Kotoran Telinga Baik

Beruntung bagi kita, telinga kita memiliki perlindungan terhadap bakteri. Pada telinga, kita akan sering melihat cairan atau kotoran yang seringkali terlihat menempel di earbud setelah memakainya. Setiap telinga memiliki kotoran, atau serumen. Kotoran telinga tidak berbahaya dan benar-benar bermanfaat. Kotoran telinga membantu membersihkan, melindungi, dan melumasi telinga kita. Tanpa itu, saluran telinga akan terasa gatal dan kering.

Kotoran di telinga juga membantu menjauhkan serangga dan kotoran keras dari gendang telinga kita. Kelenjar apokrin di bagian luar telinga kita menghasilkan kotoran. Kelenjar ini mirip dengan kelenjar yang membuat kita berkeringat. Dan seperti halnya peningkatan stres atau ketakutan dapat membuat kita lebih banyak berkeringat, peningkatan stres juga terbukti membuat telinga kita menghasilkan lebih banyak kotoran telinga!

Jika telinga Anda menghasilkan banyak kotoran, Anda dapat menggunakan kain untuk menyeka saluran telinga bagian luar. Atau Anda dapat menaruh beberapa tetes pembersih telinga yang dijual bebas untuk melembutkan dan menghilangkan kotoran tersebut, namun kami tidak menyarankannya tanpa resep dokter. Jika telinga Anda terasa tersumbat atau kotoran sepertinya mempengaruhi pendengaran Anda, bicarakan dengan dokter atau profesional pendengaran untuk menghilangkannya. Gerakan rahang karena makan atau berbicara juga dapat membantu mengeluarkan kotoran dari telinga.

Baca juga : kotoran telinga sebagai penyebab gangguan pendengaran

Berpeluang Menyebabkan Infeksi Pendengaran

Terdapat laporan berbeda-beda tentang apakah berbagi earbud aman atau tidak. Business Insider menguji 22 pasang earbud model in-the-ear di laboratorium mikrobiologi Universitas Columbia. Sebagian besar sampel menunjukkan hasil yang diharapkan para peneliti, yang menguji positif untuk bakteri yang ditemukan pada kulit kita, seperti staphylococcus. Namun ada satu kejutan; dua sampel dinyatakan positif ragi. Ragi adalah jenis jamur yang dapat menyebabkan infeksi, Anda bahkan bisa mengalami infeksi jamur di telinga karena hal ini.

Berbagi earbud dapat memperkenalkan bakteri baru ke telinga dan menggandakan flora mikroba di telinga kita. Sementara sebagian besar bakteri tidak berbahaya, dan kemungkinan terjadi sesuatu yang buruk sangat kecil. Terdapat risiko infeksi telinga tengah, namun keberadaan jamur dapat meningkat ketika Anda berbagi earbud. Jika ada luka di saluran telinga Anda, berbagi juga dapat menyebabkan infeksi kulit.

Bawalah Earbud Anda Sendiri

Saran kami adalah hindari berbagi earbud. Jika Anda dalam keadaan darurat dan perlu berbagi, yang terbaik adalah mendisinfeksi telinga Anda terlebih dahulu dengan kapas alkohol atau semprotan desinfektan. Gunakan bola kapas yang dibasahi untuk membersihkan sisa kotoran yang terlihat dan bakteri yang bersembunyi di sana yang tidak bisa Anda lihat. Anda mungkin juga ingin berinvestasi dengan membeli cover earbud sekali pakai untuk mengantisipasi jika Anda memiliki teman, yang selalu lupa membawa sendiri.

Ingin mengetahui tips tentang kesehatan telinga lainnya? Atau ingin melakukan pemeriksaan telinga dan berkonsultasi dengan pakar perawatan kesehatan telinga?. Segera hubungi no 0800-100-2234 atau klik  di sini untuk mendapatkan informasi selanjutnya.

Sumber : https://www.starkey.com/blog/2018/07/Can-you-share-earbuds

Please rate this

and share :