Menjaga Keselamatan Diri dengan Alat Bantu Dengar
Alat Bantu Dengar

Menjaga Keselamatan Diri dengan Alat Bantu Dengar

No ratings yet.

Anda pasti sudah tahu bahwa alat bantu dengar dapat meningkatkan pendengaran dan komunikasi. Tapi tahukah Anda bahwa perangkat ini juga dapat meningkatkan keamanan? Beberapa penelitian telah mengkonfirmasi apa yang sudah diketahui oleh banyak ahli kesehatan pendengaran dan pasien mereka – bahwa menggunakan perangkat pendengaran meningkatkan kualitas hidup, dan dapat meningkatkan rasa aman serta kemandirian penggunanya. Berikut beberapa alasannya:

Alat Bantu Dengar Untuk Menjaga Keamanan dan Keselamatan

Meningkatkan Keseimbangan

Peneliti dari Washington University School of Medicine menemukan bahwa orang dewasa memiliki kinerja yang lebih baik dalam tes keseimbangan saat memakai perangkat pendengaran. Studi ini mendukung gagasan bahwa mengatasi gangguan pendengaran (dengan perangkat yang sesuai) dapat membantu mengurangi risiko jatuh.

Meningkatkan Kesadaran

Mendengar merupakan indera penting untuk kesadaran lingkungan dan mencegah terjadinya kecelakaan. Alat bantu pendengaran dapat membantu seseorang mendeteksi bahaya di sekitarnya, seperti suara mobil, sirine, dan hewan peliharaan. Mendengar dengan baik juga dapat membantu Anda mengenali darimana datangnya potensi bahaya. Mengatasi masalah pendengaran akan membantu Anda waspada dan tetap aman selama beraktivitas harian.

Meningkatkan Keamanan

Sejumlah penelitian telah mengaitkan gangguan pendengaran yang tidak diatasi dengan peningkatan risiko masalah keselamatan. Termasuk cedera yang tidak disengaja, cedera di tempat kerja, dan rawat inap yang lebih sering dan lebih lama. Menggunakan alat bantu dengar dapat memberikan ketenangan pikiran untuk Anda dan orang yang Anda cintai dengan mengurangi risiko keselamatan dan meningkatkan rasa aman.

Pertanyaan Seputar Pendengaran dan Alat Bantu Dengar

Jika Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran tentang pendengaran Anda, hubungi ahli kesehatan pendengaran terdekat dengan menghubungi 0800-100-2234 atau klik di sini. Jika Anda sudah menggunakan perangkat pendengaran, maka Anda harus memastikan bahwa alat yang Anda gunakan sudah terdaftar dan memiliki sertfikasi resmi dari Kementerian Kesehatan RI, seperti yang tersedia di ABDI.

Sumber : https://www.starkey.com/blog/articles/2019/07/Hearing-loss-and-safety

Please rate this

and share :