Tips Mengemudi Aman Bagi Penderita Gangguan Pendengaran
Alat Bantu Dengar Gangguan Pendengaran

Tips Mengemudi Aman Bagi Penderita Gangguan Pendengaran

No ratings yet.

Indra penglihatan adalah bagian yang paling penting ketika sedang mengemudi. Kenyataannya, indra pendengaran juga tidak kalah penting. Karena dibutuhkan untuk membantu Anda mendeteksi kendaraan yang mendekat atau untuk mendengar suara klakson.

Dengan adanya kenyataan tersebut, jika seseorang memiliki gangguan pendengaran, maka kondisi ini akan berdampak signifikan pada kemampuan Anda mengemudi. Untuk mengantisipasi hal tersebut maka tidak ada salahnya untuk mempersiapkan dan mengambil tindakan pencegahan ekstra.

Dapatkan Perawatan Untuk Gangguan Pendengaran Anda

Pertama-tama, jika Anda tidak mendengar sebaik dulu, cari ahli kesehatan pendengaran yang berkualitas dan minta pendengaran Anda dievaluasi. Anda mungkin menderita pilek atau terdapat tumpukan/ sumbatan kotoran telinga yang dapat dibersihkan. Tetapi jika diagnosanya adalah gangguan pendengaran, ikuti rekomendasi profesional pendengaran untuk perawatan yang sesuai.

Perawatan yang tepat mungkin adalah penggunaan alat bantu dengar . Terutama jika Anda mengalami gangguan pendengaran sensorineural, yang mencakup gangguan pendengaran terkait usia. Alat bantu dengar tidak hanya dapat menguatkan suara-suara penting yang Anda dengar, alat ini juga dapat menjaga sistem pendengaran agar otak Anda tidak lupa bagaimana menafsirkan suara-suara di sekitar.

Mengemudi Dengan Gangguan Pendengaran

Menurut National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), pengemudi yang mengalami gangguan pendengaran telah menewaskan hampir 3.500 orang pada tahun 2016 dan melukai lebih dari 390.000 orang pada tahun 2015.

Alat bantu dengar hari ini adalah keajaiban teknologi, dengan mikrofon sensitif yang dirancang untuk lebih membedakan antara suara dan suara latar belakang. Hal ini akan membuat Anda merasa nyaman mengemudi dan memiliki fokus pada suara yang diperlukan. Sehingga terhindar dari gangguan suara yang tidak diperlukan. Berikut adalah beberapa tips untuk menghindari masalah yang terjadi saat Anda mengemudi :

Lakukan pemeriksaan alat bantu dengar

Feedback dari alat bantu dengar merupakan gangguan utama, terlepas dari aktivitas Anda. Kunjungi praktisi perawatan pendengaran secara rutin, setidaknya setiap enam bulan, untuk pemeriksaan dan pembersihan. Beritahu mereka jika alat bantu dengar Anda mengalami feedback atau masalah lain.

Pastikan baterai alat bantu dengar dalam kondisi baik

Kami menganjurkan agar selalu membawa set baterai cadangan saat meninggalkan rumah. Jika baterai Anda mulai memberi sinyal bahwa mereka lemah saat Anda sedang mengemudi, jangan coba menggantinya saat kendaraan sedang bergerak. Sebaliknya, menepi ke area yang aman dan menggantinya.

Kurangi volume di radio mobil

Menjaga volume radio tetap rendah tidak hanya baik untuk sisa indera pendengaran. Anda juga akan memiliki lebih banyak energi untuk berkonsentrasi pada suara-suara lain di sekitar, terutama yang penting untuk keselamatan Anda. Sesuaikan volume radio sebelum Anda berangkat di jalan sehingga Anda tidak perlu mengutak-atik kontrol saat kendaraan bergerak.

Tutup jendela mobil untuk meminimalkan kebisingan jalan

Kendaraan saat ini telah dirancang untuk dapat mengantisipasi kebisingan jalan, yang merupakan berita baik bagi mereka yang mengalami gangguan pendengaran. Anda tinggal menaikkan kaca mobil dengan rapat sehingga Anda dapat mengurangi variasi suara yang bersaing untuk mendapatkan perhatian Anda. Semakin baik  fokus Anda untuk mendengar pada suara yang Anda butuhkan maka semakin aman Anda mengemudi.

Fokus saat mengemudi

Ini berarti Anda tidak boleh mengirim pesan teks, menelepon, terlalu banyak berbicara dengan orang disamping Anda dan memiliki setelan fokus suara yang baik melalui alat bantu dengar Anda.

Jauhkan ponsel

Kami sarankan Anda menghindari berbicara di telepon saat mengemudi agar Anda dapat fokus. Namun, jika Anda harus melakukan percakapan telepon, Anda mungkin ingin menggunakan opsi Bluetooth alat bantu dengar Anda, jika tersedia.

Beritahukan kondisi pendengaran Anda

Jika Anda dihentikan oleh penegak hukum saat mengemudi, segera beritahu mereka dengan hormat bahwa Anda memiliki gangguan pendengaran dan memakai alat bantu dengar. Sehingga mereka dapat berkomunikasi secara lebih efektif dengan Anda.

Mengandalkan petunjuk visual

Pertimbangkan berinvestasi dengan membeli kaca spion yang lebih besar.  Cari lampu yang berkedip pada kendaraan yang mendekat dan di perlintasan kereta api. Ketika Anda berkendara di kota, gunakan jendela bangunan dan permukaan reflektif lainnya untuk melihat peringatan darurat dari kendaraan yang mendekati Anda. Periksa kaca spion sesering mungkin untuk mengetahui kendaraan yang mendekat dari belakang.

Apakah Anda mendengar dengan baik atau memiliki beberapa tingkat gangguan pendengaran, yang jelas, mengemudi membutuhkan banyak tanggung jawab. Dengan memiliki pendengaran yang baik maka kemungkinan Anda untuk berkendara lebih baik akan semakin besar.

Agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan selama mengemudi, segera lakukan pemeriksaan jika Anda mulai merasa pendengaran Anda terganggu. Anda dapat menghubungi kami di no 0800-100-2234 atau kunjungi website kami di sini untuk memperoleh jadwal pemeriksaan lebih lanjut dari tempat terdekat di wilayah Anda tinggal.

Sumber : https://www.healthyhearing.com/report/52756-Tips-for-driving-safely-with-hearing-loss

Please rate this

and share :