tips berlibur
Gangguan Pendengaran

Tips Berlibur dengan Gangguan Pendengaran

No ratings yet.

Ketika Anda ingin mengadakan pertemuan keluarga di rumah atau menghadiri kumpul-kumpul bersama teman, liburan adalah waktu yang tepat untuk menyambung kembali dan menghabiskan waktu bersama orang-orang yang Anda sayangi. Tetapi ketika Anda menderita gangguan pendengaran, liburan dapat berubah menjadi periode stres dan isolasi yang tidak dapat Anda hindari. Untuk membantu Anda menikmati musim liburan Anda, kami telah mengumpulkan beberapa tips dan ide untuk mengatasi gangguan pendengaran.

Tips mengatasi liburan dengan gangguan pendengaran 

Pilih tempat yang membuat Anda mudah mendengar

Jika Anda mengadakan atau menghadiri acara untuk kumpul-kumpul, cobalah menemukan tempat yang kondusif untuk mendengar. Kuncinya adalah mencari lingkungan yang membantu Anda menghindari kebisingan latar belakang dan fokus pada percakapan Anda. Carilah:

  1.   Area dengan karpet atau gorden, yang dapat mengurangi gema dan membuatnya lebih mudah didengar.
  2.   Kamar tanpa peralatan elektronik berlebihan atau televisi. Di restoran, cobalah menghindari area bar dan dapur.
  3.   Tempat duduk jauh dari pengeras suara, radio, atau orang-orang yang memainkan musik.
  4.   Area dengan pencahayaan yang baik, yang dapat membuatnya lebih mudah untuk melihat wajah dan membaca bibir.

Baca juga : Gangguan Pendengaran dan Tips Makan di Restoran

Tinggal dengan teman yang memahami kondisi Anda

Jika Anda tidak dapat mengendalikan lingkungan selama acara liburan, Anda juga dapat meminta bantuan dari pasangan, kerabat, atau teman dekat Anda. Pasangan Anda dapat membantu menyertakan Anda dalam percakapan kelompok atau bahkan mengulangi hal-hal yang mungkin tidak Anda tangkap pertama kali.

Namun, perlu diketahui bahwa Anda tidak ingin terlalu mengandalkan orang lain untuk melakukan pendengaran bagi Anda. Jika Anda bersandar terlalu keras pada pasangan Anda, Anda hanya akan mengganti situasi stres Anda dengan mereka. 

Fokus pada percakapan tunggal

Kehilangan pendengaran bisa jauh lebih menantang ketika Anda berada dalam sekelompok besar orang yang saling berbicara satu sama lain. Meskipun Anda tidak akan bisa membuat meja ruang makan Anda senyap, Anda bisa melakukan yang terbaik untuk fokus pada percakapan dengan satu orang. Ini akan membantu Anda menangkap suara terbanyak dan meningkatkan pemahaman Anda.

Selain itu, jika Anda memiliki gangguan pendengaran yang lebih buruk di satu sisi Anda dapat meminta orang untuk duduk di “sisi baik” Anda atau membalikkan tubuh Anda untuk hasil terbaik. Selain itu, jangan takut untuk pindah ke area yang lebih tenang sehingga Anda dapat lebih mudah fokus pada percakapan penting.

Gunakan alat bantu dengar Anda

Kadang-kadang orang menghindari memakai alat bantu dengar mereka saat pertemuan keluarga atau teman karena malu. Tapi ini bukan strategi yang bagus. Memakai alat bantu dengar Anda selama acara dan pertemuan merupakan sebuah strategi yang bagus. Meskipun Anda mungkin berpikir Anda terlihat lebih muda atau lebih mampu tanpa alat bantu dengar, namun Anda juga akan kesulitan untuk mendengar orang lain dan memiliki waktu yang kurang menyenangkan akibat hal tersebut.

Manfaat lain dari memakai alat bantu dengar adalah mereka benar-benar dapat membantu Anda ketika menghadapi lingkungan yang bising seperti pesta dan restoran. Alat bantu dengar modern sering kali dilengkapi dengan fitur isolasi suara dan pembatalan bawaan. Fitur-fitur ini memudahkan Anda mendengarkan percakapan yang ingin Anda fokuskan dan menyaring suara latar.

Please rate this

and share :