10 Tips Untuk Melindungi Pendengaran Anda
Pendengaran

10 Tips Untuk Melindungi Pendengaran Anda

5/5 (4)

Gangguan pendengaran akibat kebisingan (Noise Induced Hearing Loss atau NIHL) adalah satu-satunya penyebab gangguan pendengaran yang dapat dicegah. Meskipun Anda mungkin dapat menyesuaikan diri dengan suara keras dari waktu ke waktu, sayangnya telinga dan otak Anda tidak. Saat Anda kehilangan pendengaran karena terpapar suara keras, yang dikenal sebagai NIHL, pendengaran Anda tidak akan pulih kembali. NIHL biasanya bertahap; pada saat Anda menyadarinya, seringkali sudah terlambat untuk mencegah kerusakan. Ikuti tips di bawah ini untuk melindungi pendengaran Anda sekarang! 

Tips Melindungi Pendengaran

  1. Gunakan pelindung pendengaran saat berada di lingkungan yang bising. Penyumbat telinga atau earplug yang terbuat dari busa adalah solusi ekonomis, atau pertimbangkan untuk membeli penyumbat telinga khusus untuk mengurangi tingkat suara.
  2. Kecilkan volume suara TV, radio, pemutar musik dan lainnya.
  3. Hindari aktivitas / tempat dengan suara sekitar yang keras atau bising, jika memungkinkan.
  4. Batasi waktu Anda saat mendengarkan suara keras.
  5. Saat mendengarkan suara keras (contoh; musik, konser, kelas fitness, dll), luangkan waktu untuk beristirahat dari kebisingan.
  6. Menjauhlah dari sumber suara yang paling keras (contoh; speaker, kembang api, dll).
  7. Berikan waktu bagi telinga Anda untuk pulih setelah terpapar suara keras.
  8. Jangan memasukkan benda yang ukurannya lebih kecil dari siku tangan ke telinga Anda! Ini termasuk cotton bud, jepit rambut, kunci, penjepit kertas, atau apa pun yang mungkin Anda gunakan untuk membersihkan atau menggaruk telinga.
  9. Terus bergerak! Olahraga membuat darah terpompa ke seluruh tubuh, termasuk telinga. Ini membuat bagian dalam telinga tetap sehat.
  10. Periksakan pendengaran, terutama jika Anda mengalami perubahan pada pendengaran, atau telinga berdenging serta tearasa penuh selama 24 jam.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran tentang pendengaran Anda, hubungi profesional kesehatan pendengaran yang ada di dekat Anda dengan menelepon 0800-100-2234 atau klik di sini.

Sumber : https://www.starkey.com/blog/articles/2019/05/Hearing-Protection-Tips

 

Please rate this

and share :