Fakta: Kehilangan Pendengaran Meningkatkan Peluang Anda Mengalami Isolasi Sosial
Gangguan Pendengaran

Fakta: Kehilangan Pendengaran Meningkatkan Peluang Anda Mengalami Isolasi Sosial

No ratings yet.

Apakah masalah gaya hidup yang dapat memperpendek usia seseorang? Anda mungkin menebak bahwa merokok, obesitas, atau penyakit berat lainnya, adalah masalah yang dapat memperpendek usia seseorang dan Anda benar. Tetapi tahukah Anda bahwa selain beberapa hal tersebut, rasa kesepian dan terisolasi dari lingkungan sosial juga menjadi salah satu penyebab turunnya tingkat kesehatan dan dapat memperpendek usia seseorang? Dan salah satu penyebab perasaan terisolasi secara sosial dapat berasal dari terjadinya kehilangan pendengaran.

Isolasi sosial – terutama seiring bertambahnya usia – meningkatkan risiko berbagai tantangan kesehatan mental dan fisik. Termasuk depresi, penyakit jantung, sistem kekebalan tubuh yang abnormal, dan bahkan penyakit demensia serta Alzheimer.

Bayangkan jika Anda terisolasi secara sosial, dan harus banyak menghindari sebuah kebersamaan yang seharusnya dapat menjadi penghilang rasa stress Anda. Secara tidak langsung hal ini akan mempengaruhi tingkat kebahagiaan hidup. Secara medis juga akan berpengaruh secara keseluruhan terhadap kondisi kesehatan seseorang.

Isolasi sosial juga merupakan epidemi berkembang. Menurut mantan dokter bedah umum Amerika, Vivek Murthy, memiliki risiko yang sama dengan merokok 15 batang sehari.

Murthy menjelaskan lebih lanjut bagaimana kurangnya koneksi menyebabkan stres kronis yang tinggi, peradangan, dan berbagai masalah kesehatan yang mengkhawatirkan. Dia juga menunjukkan hal itu sebelum kesepian mulai membunuh produktivitas Anda.”Para peneliti untuk Gallup menemukan bahwa memiliki hubungan sosial yang kuat di tempat kerja membuat karyawan lebih mungkin untuk terlibat dengan pekerjaan mereka dan menghasilkan pekerjaan berkualitas lebih tinggi, dan kecil kemungkinannya jatuh sakit atau terluka,” lapornya.

Proses Kehilangan Pendengaran Menyebabkan Seseorang Terisolasi Secara sosial

Salah satu alasan utama orang menjadi terisolasi secara sosial adalah karena kehilangan pendengaran. Seringkali, ketika proses mendengar informasi menjadi lebih sulit dan menantang. Sehingga orang tersebut jadi cenderung menghindari situasi sosial, bisnis atau transaksional dimana interaksi adalah kunci – dan memilih untuk menarik diri dan mengisolasi diri.

Kondisi ini jika tidak diatasi secara cepat tentunya akan semakin memperburuk hubungan sosial seseorang terhadap sekitarnya. Selain itu juga semakin memperparah tingkat gangguan pendengaran yang dideritanya.

Alat bantu dengar Starkey Livio AI baru kami dirancang khusus untuk membantu. Tidak hanya membantu orang untuk mendengar lebih baik tapi juga memiliki kinerja terbaik. Alat ini juga merupakan perangkat pertama di dunia  yang dapat dipakai untuk membantu melacak seberapa aktif Anda secara sosial.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Starkey Livio Al dan produk kami lainnya, Anda dapat mengunjungi website ABDI di sini.  Sebagai pusat penyedia alat bantu dengar no 1 di Indonesia atau hubungi no 0800-100-2234 untuk mengatur konsultasi dengan profesional kesehatan pendengaran terdekat di wilayah Anda.

Sumber : https://www.starkey.com/blog/2018/09/Hearing-loss-leads-to-social-isolation

Please rate this

and share :