Gangguan Pendengaran Pada Anak-anak
Pendengaran Anak

Gangguan Pendengaran Pada Anak-anak

No ratings yet.

Merawat pendengaran anak sangat penting karena memengaruhi kemampuannya untuk belajar, bersosialisasi, dan berkomunikasi. Sebagian besar anak mengalami gangguan pendengaran sementara yang disebabkan oleh penumpukan kotoran telinga atau Otitis Media. Otitis media adalah infeksi pada telinga tengah yang menjadi penyebab paling umum dari gangguan pendengaran pada anak-anak. Otitis Media menyakitkan bagi anak dan dapat menyebabkan gangguan pendengaran. Jika anak mengalami otitis media harus segera ditangani dengan cepat dan benar. Jika anak Anda sering menderita otitis media, maka Anda harus membicarakannya dengan dokter.

Kotoran telinga pada anak-anak

Umumnya, kotoran telinga memiliki tujuan yang bermanfaat dan tidak membahayakan anak. Namun, jika anak mengalami gangguan pendengaran karena kotoran telinga yang berlebihan, pergilah ke dokter untuk meminta bantuan membersihkan kotoran telinga anak. Jangan mencoba membersihkan kotoran telinga sendiri dengan memasukkan cotton buds atau benda lain ke dalam telinga anak. Jika hal tersebut dilakukan, berisiko dapat menyebabkan kerusakan permanen pada pendengaran anak Anda.

Gangguan pendengaran pada anak juga dapat disebabkan oleh faktor-faktor lain seperti faktor genetik, penyakit tertentu, dan obat-obatan.

Jenis gangguan pendengaran lainnya pada anak-anak

Gangguan pendengaran pada anak dapat berupa gangguan pendengaran sensorineural atau gangguan pendengaran konduktif. Bisa juga berupa gangguan pendengaran campuran. Gangguan pendengaran juga bisa berupa gangguan pendengaran bilateral (gangguan pendengaran di kedua telinga) atau anak dapat menderita gangguan pendengaran hanya di salah satu sisi.

Jenis gangguan pendengaran yang bersifat permanen dapat memengaruhi perkembangan dan interaksi sosial anak.

Gejala gangguan pendengaran anak

Jika anak Anda memiliki satu atau lebih gejala-gejala gangguan pendengaran pada anak, Anda harus segera berkonsultasi ke dokter.

Jika anak Anda menderita gangguan pendengaran, alat bantu dengar mungkin merupakan solusi terbaik untuk meningkatkan kemampuan pendengaran dan meminimalkan efek buruk dari masalah pendengarannya.

Pemasangan alat bantu dengar sedini mungkin sangatlah penting. Gangguan pendengaran yang tidak segera diatasi akan sangat memengaruhi kemampuan anak untuk belajar, bersosialisasi, dan berkomunikasi. Saat anak sudah mulai menggunakan alat bantu dengar, Anda harus ingat bahwa perlu waktu untuk membiasakannya. Dan juga butuh waktu untuk membiasakan diri dengan “situasi pendengaran” yang baru.

Anak saya mungkin mengalami gangguan pendengaran

Jika Anda mencurigai bahwa anak Anda mungkin mengalami gangguan pendengaran, kami sangat menyarankan agar Anda segera memeriksakan pendengaran anak Anda ke tenaga kesehatan pendengaran.

Please rate this

and share :