Solusi Masalah Pendengaran

Kenapa Alat Bantu Dengar Berdengung?

3/5 (3)

Anda baru saja membeli sepasang alat bantu dengar baru. Sebelumnya Anda sudah ditunjukkan oleh dokter THT Anda bagaimana memasangkannya pada telinga Anda, bagaimana membersihkannya, dsb. Semua terasa baik-baik saja, kecuali satu hal -kemanapun Anda pergi, Anda terus-menerus mendengar bunyi mendengung dari alat bantu dengar Anda. Pertanyaannya, mengapa alat bantu dengar Anda mendengung?

Dengungan pada alat bantu dengar biasa disebut dengan feedback. Hal tersebut terjadi karena suara yang Feedback terjadi ketika suara yang telah diperkuat oleh receiver memantul ke segala arah di dalam gendang telinga sehingga memungkinkan suara kembali lagi ke mikrofon untuk diperkuat lagi. Feedback ini dapat dikatakan sebagai gema yang terjadi pada alat bantu dengar Anda. Mungkin Anda pernah tahu feedback yang terjadi pada suatu speaker ketika orang yang memegang mic berada terlalu dekat dengan speaker-nya. Kira-kira begitu jugalah feedback yang terjadi pad alat bantu dengar Anda. Feedback pada alat bantu dengar bisa jadi sangat mengganggu. Namun jika Anda memahami mengapa feedback dapat terjadi, Anda dapat mencari cara untuk menghindarinya. Berikut ini adalah beberapa penyebab feedback dan bagaimana cara mengatasinya.

Jika earmold atau alat bantu dengar Anda tidak terpasang dengan baik, maka ada kemungkinan terjadinya kebocoran suara pada speaker yang membuat suara tersebut kembali lagi ke mikrofon. Selain itu, feedback juga akan terdengar semakin keras jika Anda mengatur volume suara alat bantu dengar Anda terlalu keras. Maka, dokter THT Anda sangat bertanggung jawab untuk memastikan alat bantu dengar Anda  terpasang dengan pas, baik, dan sempurna. Jika feedback masih saj muncul, maka pembuatan ulang earmold mungkin diperlukan.

  • Kotoran telinga

Kotoran telinga atau serumen sangat berpotensi dalam menciptakan feedback. Jika suara

tidak dapat mengalun ke gendang telinga secara efektif karena terhalang oleh serumen,

maka suara tersebut dapat memantul sehingga diperkuat lagi oleh mikrofon. Maka, penting

untuk membersihkan telinga secara rutin demi mencegah terjadinya feedback selama

menggunakan alat bantu dengar. Ketika Anda mengunjungi dokter THT Anda untuk melakukan kontrol rutin, jangan lupa untuk memintanya membersihkan telinga Anda.

  • Mikrofon alat bantu dengar Anda tertutup sesuatu

Jika Anda tangan Anda memegang tepat di atas mikrofon alat bantu dengar  atau benda lain bersentuhan dengan mikrofon maka itu dapat menimbulkan feedback. Beberapa alat bantu dengar mungkin lebih sensitif terhadap dalam menghasilkan dengungan, tergantung pada seberapa banyak amplifikasi yang dimilikinya. Di masa lalu, feedback  akan terjadi saat mendekatkan telepon ke alat bantu dengar. Namun dengan alat bantu dengar digital yang lebih canggih di masa kini, hal ini tidak lagi terjadi.

Seiring perkembangan teknologi alat bantu dengar beberapa tahun terakhir, beberapa masalah yang tidak menyenangkan seperti feedback  mulai teratasi. Beberapa produsen alat bantu dengar terkemuka telah mengembangkan sistem anti-feedback yang canggih pada alat bantu dengar mereka untuk mengurangi masalah feedback. Namun, feedback mungkin masih terjadi jika salah satu dari tiga masalah di atas terjadi.

Tidak ada alat bantu dengar yang sempurna. Selalu ada kemungkinan kecil munculnya dengungan. Tetapi jika Anda meluangkan waktu untuk mengikuti tiga langkah di atas dan memastikan untuk berkonsultasi dengan dokter THT Anda, maka kemungkinan besar Anda dapat menghilangkan suara dengungan yang disebabkan oleh feedback pada alat bantu dengar Anda.

Dapatkan alat bantu dengar dengan kualitas No. 1 dan harga terbaik hanya di sini.

Please rate this

and share :