kehilangan pendengaran
Gangguan Pendengaran

Kehilangan Pendengaran dan Cara Mengatasinya

No ratings yet.

Ketika kita berbicara tentang kehilangan pendengaran, kita sering berbicara tentang efek langsung – tidak dapat mendengar percakapan di sekitar Anda, berbicara di telepon, atau mendengarkan musik favorit Anda. Tetapi gangguan pendengaran memiliki banyak efek pada skala yang lebih besar. Ketika Anda tidak dapat mendengar dengan baik, Anda mungkin menemukan bahwa Anda secara bertahap menjadi kurang mandiri dan tidak mampu. Menjaga kemandirian Anda dengan gangguan pendengaran berarti mengambil beberapa langkah penting. Teruslah membaca untuk mempelajari lebih lanjut dan memahami bahwa seseorang dengan gangguan pendengaran ternyata mampu untuk tetap menjaga kemandirian serta pelajari bagaimana kami dapat membantu Anda.

Kehilangan Pendengaran dan Batasi gangguan pendengaran Anda

Langkah pertama untuk mempertahankan independensi ketika Anda memiliki gangguan pendengaran adalah untuk melindungi kemampuan pendengaran yang tersisa. Itu berarti membatasi paparan hal-hal yang dapat menyebabkan lebih banyak gangguan pendengaran, seperti suara keras. Bahkan ketika Anda memiliki gangguan pendengaran, penting untuk menggunakan perlindungan pendengaran saat Anda berada di lingkungan yang bising. Anda juga harus menghindari merokok dan memastikan Anda tidak menderita karena kotoran telinga yang menumpuk atau infeksi telinga.

Baca juga : 6 Penyebab Gangguan Pendengaran Yang Sering Terjadi

Dapatkan kemandirian dengan cara menulis

Kebanyakan orang dengan gangguan pendengaran ringan hingga sedang masih dapat mendengar dengan cukup baik untuk dapat berfungsi secara independen hampir sepanjang waktu. Namun, ini juga terkadang memudahkan Anda untuk melewatkan sesuatu yang penting. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan meminta dokumentasi dan catatan tertulis ketika Anda berbicara dengan dokter, pengacara, atau pejabat lainnya. Mendapatkan dokumen tertulis dapat membantu Anda mengingat informasi yang mungkin belum Anda dengar dengan jelas, dan juga menyediakan cadangan jika Anda lupa sesuatu nanti.

Dalam nada yang sama, Anda juga dapat mencoba untuk memindahkan lebih banyak percakapan Anda ke teks juga. Smartphone memudahkan orang mengirim pesan dan email berbasis teks bersamaan dengan panggilan telepon,  sehingga masih memungkinkan bagi Anda untuk berkomunikasi lebih baik dengan orang yang penting.

Temukan perawatan Kehilangan Pendengaran

Cara terbaik untuk mempertahankan kemandirian Anda ketika Anda menderita gangguan pendengaran adalah dengan mendapatkan perawatan. Perawatan untuk gangguan pendengaran bervariasi dari tindakan sederhana seperti pengobatan untuk mengobati infeksi telinga hingga alat bantu dengar atau implan. Tergantung pada jenis, penyebab, dan tingkat keparahan gangguan pendengaran Anda, Anda mungkin harus menjalani berbagai jenis perawatan. Namun, langkah pertama adalah selalu berbicara dengan dokter Anda tentang gangguan pendengaran Anda.

Gunakan teknologi bantu

Seiring dengan alat bantu dengar, ada banyak teknologi bantuan lainnya yang dirancang untuk membantu para tuna rungu. Anda tidak perlu tuli untuk menggunakan perangkat ini – mereka bahkan dapat bermanfaat bagi orang dengan gangguan pendengaran ringan.

  • Telecoil – Salah satu teknologi pendengaran pendengaran yang paling umum dan populer adalah telecoil. Telecoil pada awalnya digunakan untuk telepon, tetapi hari ini Anda dapat menemukan perangkat telecoil untuk TV, di bioskop, di transportasi umum, dan banyak lagi.
  • Caption Phones – Ponsel ini menampilkan pembacaan teks dari percakapan Anda sehingga Anda dapat mengikuti mata dan telinga Anda. Bahkan ada aplikasi yang dapat Anda gunakan dengan ponsel cerdas Anda untuk menampilkan teks untuk percakapan ponsel.
  • Jam Alarm Bergetar – Jam alarm ini memiliki opsi khusus seperti getaran dan lampu berkedip untuk membantu orang yang mengalami gangguan pendengaran. Ada juga opsi yang dapat dikenakan yang bergetar di pergelangan tangan atau lengan Anda untuk membangunkan Anda secara langsung.

Please rate this

and share :