Ketahui Tentang Pentingnya Pelindung Telinga
Pendengaran

Ketahui Tentang Pentingnya Pelindung Telinga

No ratings yet.

Apa itu Pelindung Pendengaran?

Cara terbaik untuk melindungi pendengaran Anda adalah dengan menghindari paparan suara lingkungan yang keras, menjauh dari kebisingan, atau mengecilkan volume suara jika sedang mendengarkan audio. Jika pilihan ini tidak memungkinkan, pelindung pendengaran/penyumbat telinga/penutup telinga dapat membantu. Pelindung pendengaran adalah perangkat yang dapat dikenakan yang dapat menurunkan intensitas suara yang masuk ke telinga Anda.

Mengapa Penting Untuk Melindungi Pendengaran?

Suara keras dapat merusak struktur sensitif di telinga bagian dalam, menyebabkan gangguan pendengaran akibat kebisingan/Noice-Induced Hearing Loss (NIHL) dan tinitus (telinga berdenging, menderu, atau berdengung). Semakin keras suara terdengar, semakin cepat pula kerusakan pendengaran Anda.

NIHL adalah masalah kesehatan yang signifikan bagi remaja dan orang dewasa AS. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), tes pendengaran yang dilaporkan oleh masing-masing individu menunjukkan bahwa sekitar satu dari tujuh remaja dan hampir satu dari empat orang dewasa di AS (usia 20 hingga 69 tahun) memiliki ciri-ciri yang mengarah ke NIHL pada satu atau kedua telinga.

Kerusakan pendengaran bisa terjadi secara tiba-tiba. Misalnya, suara tembakan dari jarak dekat dapat menimbulkan kerusakan langsung dan permanen. Jenis suara lain yang sangat keras dapat menyebabkan gangguan pendengaran dalam waktu kurang dari 15 menit. Paparan terhadap suara lingkungan yang keras  dan berulang-ulang  serta terus-menerus dari mesin di tempat kerja juga dapat mengakibatkan gangguan pendengaran seiring berjalannya waktu.

Seberapa Keras Suara yang Terlalu Keras?

Kerasnya suara diukur dalam satuan yang disebut desibel. Suara  di bawah 70 desibel tertimbang A (dBA) umumnya aman.  Suara yang sangat keras atau paparan suara yang lama atau berulang  yaitu di atas 85 dBA dapat menyebabkan gangguan pendengaran. Berikut adalah nilai desibel rata-rata untuk beberapa suara yang sering terdengar di sekitar kita:

  • Percakapan normal: 60 hingga 70 dBA
  • Mesin pemotong rumput: 80 hingga 100 dBA
  • Sepeda motor dan sepeda motor trail: 80 hingga 110 dBA
  • Musik melalui headphone pada volume maksimum, acara olahraga, dan konser: 94 hingga 110 dBA
  • Sirene dari kendaraan darurat: 110 hingga 129 dBA
  • Pertunjukan kembang api: 140 hingga 160 dBA

Aplikasi Sound Level Meter yang dikembangkan oleh National Institute for Occupational Safety and Health (NIOSH) CDC untuk perangkat iOS adalah salah satu contoh aplikasi gratis pengukur desibel yang dapat membantu Anda mengevaluasi risiko suara di lingkungan Anda.

Kapan Sebaiknya Memakai Pelindung Pendengaran?

Jika Anda berada di lingkungan yang bising atau berpartisipasi dalam aktivitas yang bising, kenakan earplugs atau earmuffs untuk melindungi pendengaran Anda. Pelindung pendengaran direkomendasikan untuk pengaturan dan aktivitas berikut:

  • Balapan mobil, acara olahraga, pertunjukan kembang api dan konser.
  • Mengendarai sepeda motor, sepeda motor trail, mobil salju dan saat mengoperasikan kendaraan segala medan atau traktor.
  • Latihan dan pertunjukan band atau orkestra.
  • Industri, gudang, pertanian, lanskap dan lingkungan kerja yang bising (atau berpotensi bising) lainnya.
  • Olahraga menembak.

Biasakan untuk memakai pelindung pendengaran saat Anda berada di lingkungan yang bising dan sediakan penutup telinga atau pelindung telinga jika Anda mendengar suara keras yang tidak terduga. Jika suara keras terjadi secara tiba-tiba atau tidak terduga, tutup telinga Anda dengan tangan dan menjauhlah dari kebisingan tersebut, namun jika memungkinkan.

Jenis Pelindung Pendengaran Apa yang Tersedia?

Penyumbat telinga dan penutup telinga pelindung tersedia di toko ritel atau online. Contohnya termasuk penyumbat telinga busa yang disesuaikan dengan bentuk liang telinga, penyumbat telinga yang dengan bentuk umum sehingga tidak perlu dibentuk terlebih dahulu dengan bentuk liang telinga, canal caps dan safety earmuff. “Musician earplugs” adalah penyumbat telinga yang dibuat khusus untuk musisi yang digunakan untuk melindungi pendengaran sekaligus memungkinkan suara alami sebanyak mungkin masuk ke telinga dengan aman. Pilihlah jenis pelindung pendengaran yang nyaman dan mudah digunakan, sehingga Anda akan menggunakannya secara konsisten dan benar.

Pelindung pendengaran tidak menghalangi semua suara yang masuk. Kebanyakan pelindung pendengaran memiliki tingkat pengurangan kebisingan/Noise Reduction Rating (NRR). Secara umum, semakin tinggi NRR, semakin banyak suara yang diblokir (jika Anda memakai perangkat dengan benar). Pilihlah pelindung pendengaran yang memungkinkan Anda berkomunikasi dengan baik di lingkungan yang bising, sehingga Anda tidak perlu melepasnya saat berbicara. Bahkan melepas pelindung pendengaran meskipun hanya sebentar saja di lingkungan yang sangat bising dapat membahayakan pendengaran Anda.

Konsultasikan dengan  dokter THT/audiolog/konsultan pendengaran jika Anda memerlukan bantuan dalam memilih pelindung pendengaran, atau untuk informasi mengenai earplug yang dibuat khusus.

Earplugs

Earplugs adalah perangkat dengan harga yang terjangkau yang dipasang langsung ke saluran telinga Anda. Earplugs tersedia dalam berbagai ukuran, namun sulit menemukan ukuran yang sesuai untuk anak-anak. Penyumbat telinga mungkin memiliki kabel yang terpasang untuk membantu Anda melacaknya. Juga tersedia earplug khusus, termasuk earplug yang dibuat khusus untuk telinga Anda.

  • Formable foam earplugs terbuat dari bahan busa yang lembut. Bentuk menyesuaikan dengan bentuk liang telinga. Setelah dimasukkan, penyumbat telinga ini melebar hingga memenuhi saluran telinga Anda dengan pas. Formable foam earplugs dibuat untuk sekali pakai, dapat digunakan kembali jika sudah bersih dan masih mengembang sepenuhnya ke bentuk “seperti baru”.
  • Pre-molded earplugs terbuat dari plastik, karet, atau silikon. Salah satu jenis penyumbat telinga yang telah dibentuk sebelumnya adalah penyumbat telinga dengan ketelitian tinggi (hi-fi), yang juga disebut uniform-attenuation earplugs. Efeknya sama seperti Ketika mengecilkan volume stereo: intensitas suara diturunkan secara merata di berbagai nada. Anda mungkin menemukan penyumbat telinga dengan fidelitas tinggi sangat berguna saat menonton film atau konser dan di waktu lain ketika Anda ingin menghargai kualitas audio sekaligus melindungi pendengaran Anda.
  • Canal caps memiliki pita yang memberikan kekuatan lembut untuk menutup penyumbat telinga, baik yang dapat dibentuk atau sudah dibentuk sebelumnya ke dalam saluran telinga Anda. Saat tidak digunakan, talinya bisa dikenakan di leher Anda.

Sumber:
https://www.nidcd.nih.gov/health/hearing-protectors

Please rate this

and share :

Leave a Reply

Your email address will not be published.