Bahaya Headphone Untuk Kesehatan Telinga
Gangguan Pendengaran Pendengaran

Bahaya Headphone Untuk Kesehatan Telinga

No ratings yet.

Banyak orang bertanya-tanya, apakah bahaya headphone benar-benar dapat menyebabkan gangguan pendengaran, atau apakah itu hanya taktik menakut-nakuti untuk membuat anak-anak muda melepas headphone mereka?

Earbud dan headphone telah menjadi kebutuhan pokok diantara perangkat elektronik yang kita miliki. Ia juga merupakan bagian penting dari kebutuhan kita saat mendengarkan musik. Saat ini sulit untuk mendengarkan musik tanpa headphone. Banyak sistem suara tidak dapat menampilkan intensitas lagu tertentu. Beberapa lagu terdengar berbeda saat didengarkan dengan atau tanpa headphone. Dan mungkin akan sangat berbeda jika didengarkan melalui speaker saja.

Namun, banyak penelitian menyiratkan bahwa headphone menyebabkan gangguan pendengaran. Ini tidak selalu disebabkan oleh penggunaannya. Seperti kebanyakan hal, headphone dapat digunakan secara tidak benar dan merusak kesehatan pendengaran. Dengan menggunakannya terlalu sering dengan volume terlalu keras, kemampuan mendengar kita dapat rusak. Jika sudah rusak, maka pendengaran tidak dapat diperbaiki kembali seperti semula. Ini adalah hal yang harus menjadi perhatian utama anak muda yang mendengarkan musik terlalu keras dan terlalu sering.

Bahaya yang disebabkan oleh mendengarkan musik keras bukanlah hal yang baru. Anak muda telah mendengarkan musik keras selama beberapa dekade, sejak adanya konser rock lebih dari 40 tahun yang lalu. Beberapa musisi dan anggota band saat ini mengalami gangguan pendengaran karena kebiasaan ini. Namun, anak muda sekarang mendengarkan musik keras hampir setiap hari. Hal ini menyebabkan kasus Noise Induced Hearing Loss atau gangguan pendengaran yang disebabkan karena kebisingan sejak dini.

Bagaimana Headphone Merusak Pendengaran Anda

Dengan menyalurkan suara langsung ke telinga Anda, headphone meningkatkan kualitas suara dan memungkinkan orang mendengarkan musik secara langsung dan hanya ke telinga mereka sendiri. Tanpa perlu speaker untuk memutar musik dengan keras, dan hanya Anda satu-satunya yang dapat mendengar suara musik tersebut. Suara gitar terdengar lebih tajam, vokal menjadi lebih detail, dan efek seperti suara ada di sekeliling Anda apat dicapai dengan mudah. Namun, ini juga menyisakan dampak yang berbahaya.

Untuk memblokir suara lain, volume suara dapat dinaikkan ke tingkat yang berbahaya. Untuk memberi Anda gambaran tentang seberapa keras ini sebenarnya, mari kita lakukan perbandingan. Mesin sepeda motor beroperasi pada 100 desibel, dan gergaji bekerja pada volume yang hampir sama. Ini adalah suara keras dan tidak menyenangkan yang dapat melukai telinga kita dan menyebabkan dering di telinga berjam-jam setelahnya.

Sebagai perbandingan, pemutar musik yang bekerja pada volume 70% memainkan suara sekeras 85 desibel. Suara-suara ini diperdengarkan langsung ke telinga Anda. Jika Anda berada di bus atau pesawat yang bising, Anda tentu akan menaikkan volume untuk membuat musik yang didengar lebih menonjol dari kebisingan di sekitar. 

Bagaimana Cara Mencegah Gangguan Pendengaran

Jangan panik; Anda tidak perlu mencabut semua kabel headphone untuk mencegah gangguan pendengaran. Memastikan volume yang aman dapat sangat melindungi telinga Anda; membatasi penggunaannya juga sangat membantu.

Salah satu langkah cerdas adalah dengan memakai headphone yang memiliki peredam bising yang baik. Dengan mengurangi kebisingan eksternal, Anda dapat memutar musik pada tingkat yang aman dan tetap dapat mendengarnya dengan jelas. Selain itu, luangkan waktu satu hari penuh tanpa musik di telinga dan jangan pernah tertidur dengan musik yang diputar melalui headphone. Sama seperti otot, telinga juga dapat menjadi lelah dan perlu istirahat. Karena itu, Anda perlu istirahat mendengarkan untuk melindungi telinga. Dengan menurunkan volume dan menghindari kontak yang terlalu lama, Anda dapat tetap menikmati musik dengan aman dan menurunkan risiko NIHL dan tinnitus.

Jika Anda merasa mungkin sudah mengalami gangguan pendengaran, tes pendengaran dapat membantu untuk menentukan apakah Anda memerlukan diagnosis profesional atau tidak. Kehilangan pendengaran adalah sesuatu yang harus ditanggapi dengan serius dan mengetahuinya sejak dini dapat memungkinkan Anda mendapatkan perawatan segera. Alat bantu dengar dapat membuat Anda mendengar dengan jelas kembali, dan diagnosis dini dapat membantu Anda menghindari bahaya gangguan pendengaran lainnya. Hubungi ABDI disini untuk mendapatkan bantuan dari masalah pendengaran dan komunikasi yang Anda alami.

Sumber : https://www.signia-hearing.com/blog/can-headphones-cause-hearing-loss/

Please rate this

and share :