Alat Bantu Dengar Yang Tepat Dan Sesuai Untuk Anak
Pendengaran Anak

Alat Bantu Dengar Yang Tepat Dan Sesuai Untuk Anak

No ratings yet.

Jika anak Anda terdeteksi mengalami gangguan pendengaran, sangat penting untuk memilih alat bantu dengar yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan pendengaran anak Anda.

Anak-anak segala usia, bahkan dari usia 6 bulan, anak sudah dapat menggunakan alat bantu dengar. Ada berbagai jenis alat bantu dengar untuk anak yang mengalami gangguan pendengaran. Saat ini, semua alat bantu dengar untuk anak adalah alat bantu dengar digital.

Namun memilih alat bantu dengar yang terbaik (jenis, ukuran dan model) untuk anak sangat bergantung pada jenis dan derajat gangguan pendengaran. Oleh karena itu, pemilihan alat bantu dengar harus selalu dikonsultasikan dengan audiolog/konsultasi pendengaran. Umumnya alat bantu dengar untuk anak adalah alat bantu dengar dengan model belakang telinga/Behind The Ear (BTE) yang dilengkapi dengan cetakan telinga (earmold) yang digunakan di liang telinga dengan alat bantu dengar tipe power plus.

Dengan menggunakan alat bantu dengar yang tepat dan sesuai dengana kebutuhan pendengaran anak, akan membantu tumbuh dan berkembangnya anak yang mengalami gangguan pendengaran.

Alat Bantu Dengar Khusus untuk Anak

Umumnya, semua produsen alat bantu dengar memiliki berbagai jenis alat bantu dengar yang khusus dibuat mulai dari bayi, balita hingga anak usia sekolah dan remaja. Beberapa di antaranya berwarna-warni atau dilengpai dengan aksesoris.

Alat bantu dengar harus mudah dan nyaman digunakan. Karena anak-anak cenderung aktif, alat bantu dengar termasuk earmold juga harus kuat serta tahan terhadap debu dan kelembapan. Alat bantu dengar BTE selalu direkomendasikan, terutama untuk bayi, balita, dan anak usia sekolah atau yang disebut dengan pediatrik yaitu anak-anak berusia 0-12 tahun.

Manfaat Alat Bantu Dengar

Dengan menggunakan alat bantu dengar, banyak manfaat yang akan didapat oleh anak yang mengalami gangguan pendengaran. Anak yang menggunakan alat bantu dengar dapat tumbuh dan berkembang hampir seperti anak lainnya.

Otak anak-anak berkembang dengan cepat, dan stimulus suara sangat penting untuk perkembangan jalur otak dalam mendengar, berbicara, dan berbahasa. Gangguan pendengaran yang tidak diatasi sangat mempengaruhi kemampuan anak Anda untuk memahami, berbicara, belajar, bersosialisasi dan berkomunikasi.

Jadi, jika anak Anda mengalami gangguan pendengaran, terutama jika gangguan pendengarannya berat atau sangat berat, sangatlah penting bagi anak untuk mulai menggunakan alat bantu dengar sedini mungkin.

Tetap Menjalin Hubungan dengan Audiolog/Konsultan Pendengaran

Jika anak Anda menggunakan alat bantu dengar, sangat penting untuk memeriksakan secara rutin apakah alat bantu dengar tersebut dipasang dan disesuaikan dengan tingkat pendengaran anak Anda, hal ini karena gangguan pendengaran dapat berkembang seiring berjalannya waktu.

Beberapa anak yang menggunakan alat bantu dengar mungkin juga memerlukan bantuan dari ahli terapi wicara dan profesional kesehatan lainnya, terutama jika gangguan pendengarannya berat atau sangat berat. Tujuannya yaitu, untuk membantu memberikan stimulus dan meningkatkan kemampuan bicara serta mengekspresikan bahasa pada anak yang menggunakan alat bantu dengar.

Bersabarlah, Penuh Perhatian dan Kasih Sayang

Ketika anak Anda sudah mulai menggunakan alat bantu dengar, Anda harus ingat bahwa perlu waktu agar terbiasa dengan penggunaan alat bantu dengar. Anak akan belajar mendengar suara-suara baru, yang belum pernah ia dengar sebelumnya. Ingat juga bahwa bagi anak Anda dunia seperti tiba-tiba menjadi lebih “berisik” ketika mereka mulai menggunakan alat bantu dengar. Hal ini bisa sangat membuat anak terkejut karena pengalaman barunya.

Cara terbaik membantu anak agar terbiasa dengan alat bantu dengar adalah dengan bersikap penuh perhatian, penuh kasih sayang, dan pengertian. Berikan mereka motivasi, dukungan dan partisipasi dari Anda sebagai orang tua. Alat bantu dengar yang canggih dan terpasang dengan baik tidak akan berguna jika anak tidak memakainya secara teratur atau jika tidak dirawat dan disesuaikan dengan kebutuhan yang sebenarnya.

Anak Anda juga perlu tau dan memahami mengapa dia harus menggunakan alat bantu dengar. Dalam proses ini, komunikasi dan motivasi menjadi faktor yang sangat penting bagi kesediaan anak untuk memakai alat bantu dengar. Semakin besar keterlibatannya maka semakin besar pula pemahaman anak dan semakin besar keinginannya dalam menggunakan alat bantu dengar.

Merawat Alat Bantu Dengar Anak

Bantu anak Anda untuk merawat alat bantu dengarnya. Selain itu, bantu anak merasa bertanggung jawab terhadap alat bantu dengar mereka.

Ada dua alasan mengapa penting merawat alat bantu dengar anak Anda dengan baik: pertama, menjaga kondisi pendengaran yang optimal dan memastikan kebersihan pada alat bantu dengar. Dengan membersihkan dan merawat serta melakukan servis rutin akan meningkatkan masa pakai memastikan kinerja alat bantu dengar optimal.

Berikut ini daftar beberapa hal yang dapat Anda lakukan:

  • Pegang alat bantu dengar anak Anda dengan hati-hati.
  • Baterai alat bantu dengar harus segera diganti sebelum kehabisan daya.
  • Matikan alat bantu dengar bila tidak digunakan dengan cara membuka battery door-nya. Jika anak Anda tidak menggunakannya dalam jangka waktu lama, sebaiknya lepas dan keluarkan baterai dari alat bantu dengar.
  • battery door harus dibersihkan secara teratur. Gunakan kapas tetapi berhati-hatilah agar kontaknya tidak tertekuk. Battery door yang kotor dapat menyebabkan alat bantu dengar tidak berfungsi dengan baik.
  • Bersihkan kotoran telinga jika menempel pada alat bantu dengar anak anda. Kotoran telinga dapat menyebabkan kerusakan pada alat bantu dengar.
  • Bersihkan alat bantu dengar dengan sikat kecil atau kain lembut. Jangan memasukkan alat bantu dengar ke dalam stopkontak suara (?). Hal ini dapat merusak receiver. Jika Anda tidak dapat membersihkan alat bantu dengar, hubungi konsultan kesehatan pendengaran Anda.
  • Ganti tubing secara rutin agar kotoran telinga tidak menumpuk.Biasanya tubing diganti tiga bulan sekali, namun tidak menutup kemungkinan jika diganti kurang dari tiga bulan tergantung dengan kondisi kelembapan pada tubing tersebut.
  • Jangan biarkan anak Anda memakai alat bantu dengar saat mandi, saat berenang, atau saat menggunakan pengering rambut, hair spray, atau jenis semprotan lainnya.

Hubungi dokter THT secara teratur untuk membersihkan saluran telinga anak Anda. Kotoran telinga yang terakumulasi dapat menghalangi suara untuk berpindah dari alat bantu dengar ke telinga tengah. Jangan mengeluarkan kotoran telinga sendiri dari telinga karena dapat merusak telinga.

Sumber:
https://www.hear-it.org/when-your-child-gets-hearing-aids-

Please rate this

and share :

Leave a Reply

Your email address will not be published.